Katedral Zadar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Zadar
Katedral Basilika Santa Anastasia
Kroasia: Katedrala svete Stošije
Katedral Zadar
Katedral Zadar di Kroasia
Katedral Zadar
Katedral Zadar
44°6′58.5″N 15°13′28″E / 44.116250°N 15.22444°E / 44.116250; 15.22444Koordinat: 44°6′58.5″N 15°13′28″E / 44.116250°N 15.22444°E / 44.116250; 15.22444
LokasiZadar
NegaraKroasia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaRomanesque
Gothic (beberapa bagian)
DibangunAbad ke-4
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Zadar

Interior, 2015
Altar samping Katedral dengan tabernakel

Katedral Zadar atau resminya bernama Katedral Santa Anastasia (Kroasia: Katedrala sv. Stošije) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Zadar, Kroasia. Katedral ini merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Keuskupan Agung Zadar, dan gereja terbesar di seluruh Dalmatia (wilayah pesisir Kroasia).

Asal usul gereja ini berasal dari basilika Katolik yang dibangun pada abad ke-4 dan ke-5 Masehi, sementara sebagian besar bangunan tiga bagian tengah yang berdiri saat ini dibangun dengan gaya Romawi pada abad ke-12 dan ke-13. . Situs ini telah dimasukkan ke Daftar Sementara Situs Warisan Dunia UNESCO.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Uskup pertama yang diketahui di Zadar adalah Felix. Ia menghadiri dua dewan gereja, yang pertama di Aquileia pada tahun 381 dan yang kedua di Milan pada tahun 390. Pelindung asli basilika tersebut adalah St. Petrus. Pada masa uskup Donatus, keuskupan menerima abu Santa Anastasia dari Sirmium dari Kaisar Nikephoros I, yang diambil alih oleh katedral sebagai pelindung. Donatus menugaskan sarkofagus untuk jenazahnya, yang masih disimpan di katedral. Gereja ini sebagian besar dibangun kembali pada abad 11-12, dan ditahbiskan kembali oleh Paus Aleksander III pada tahun 1177.

Selama pengepungan Zadar oleh Venesia dan Tentara Salib pada tahun 1202, katedral mengalami kerusakan berat. Sepanjang abad ke-13 bangunan itu sedang diperbaiki. Ia ditahbiskan semula pada 27 Mei 1285,[2] meskipun gedung baru, dirancang serupa dengan gereja Santa Maria della Piazza di Ancona, baru selesai dibangun pada tahun 1324.

Lantai dasar dan lantai pertama menara lonceng dibangun pada tahun 1452. Untuk menyelesaikan konstruksi, Sir Thomas Graham Jackson dipekerjakan dan menara tersebut selesai pada tahun 1893.[3]

Paus Yohanes Paulus II datang ke katedral pada tanggal 9 Juni 2003, dalam salah satu perjalanan internasional terakhirnya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Fasadnya, selesai pada tahun 1324, memiliki dua tatanan: yang lebih rendah dan yang lebih besar memiliki tiga portal, yang di tengah dimahkotai oleh relief Madonna dan Kanak-kanak Yesus dengan Santo Crisogonus dan Anastasia; yang atas berpuncak pada pedimen segitiga, dan dihiasi dengan empat tatanan Lombard band. Ini termasuk Romawi bergaya jendela mawar yang besar dan yang lebih kecil dalam gaya Gotik. Tepi kiri fasad dihiasi dengan patung singa, dan tepi kanan dengan patung banteng: ini masing-masing adalah simbol penginjil Markus dan Lukas. Portal utama yang dihias dengan indah berisi relief empat rasul. Lunette portal kiri dihiasi dengan patung domba mistik, sedangkan konsol di dekat lemari besi berisi patung malaikat Gabriel dan Perawan Maria, yang usianya lebih tua dari portal.

Bagian dalamnya memiliki bagian tengah dan dua lorong, yang pertama tiga kali lebih besar dari yang terakhir, yang dipisahkan oleh pilar dan tiang batu yang disusun bergantian. Presbiteri ditinggikan; ruang bawah tanah abad ke-12 terletak di bawahnya. Di dalam pastoran terdapat kios paduan suara, yang dibuat dengan gaya Gotik oleh master abad ke-15 Matej Morozan; di atas altar utama terdapat siborium Gotik awal dari tahun 1322, sementara di luarnya terdapat kursi batu yang dibuat untuk uskup agung. Di dinding utara altar marmer terdapat gambar St. Dominikus dan Hati Kudus. Altar dipindahkan dari gereja dengan nama yang sama. Altar kedua didedikasikan untuk jiwa-jiwa di Api Penyucian dan dibangun oleh tukang batu Venesia Peter Onega pada tahun 1805. Altar tersebut adalah karya seni oleh Josip Palma Jr. Di ujung bagian tengah terdapat altar marmer dengan panel marmer yang menggambarkan Hati Kudus, sedangkan apse menampung sarkofagus marmer dengan relik St. Anastasia dengan tulisan Uskup Donat (abad ke-9). Ada juga pecahan lukisan dinding abad pertengahan di katedral.

Lorong selatan adalah rumah bagi altar marmer yang digunakan untuk menyimpan relik. Di sebelahnya terdapat altar Sakramen Suci, karya pematung A. Viviani dari tahun 1718. Altar tersebut memiliki dekorasi yang kaya dengan tiang-tiang dan patung. Di atas tabernakel terdapat patung Madonna dengan Kristus yang mati terbaring di pangkuannya, dengan patung Musa dan Elia di sisinya. Di sayap altar terdapat patung empat penginjil yang lebih besar elists, dan, di bawah mereka, figur kebajikan dan, di antependium, patung Anak Domba Allah. Lorong selatan berakhir dengan sisa-sisa lukisan dinding di apse. Di atas lorong ada matroneum.

Gereja ini memiliki tempat pembaptisan heksagonal yang dibangun pada abad ke-6, terletak di sisi selatan katedral. Tempat pembaptisan asli dihancurkan dalam pengeboman Zadar pada tanggal 16 Desember 1943, dan dipulihkan pada tahun 1989.

Dinding dan bagian atas sakristi, juga dikenal sebagai kapel St. Barbara, termasuk bagian tertua katedral, bersama dengan mosaik lantai yang menggambarkan dua ekor rusa (awal abad ke-5).

Museum seni gereja menampung Zadar Polyptych, sebuah karya awal pelukis Venesia Vittore Carpaccio.

Menara lonceng dibangun dalam dua tahap. Lantai dasar dan lantai pertama dibangun pada tahun 1452 pada masa pemerintahan Uskup Agung Vallaresso, sedangkan lantai atas dibangun pada tahun 1890 hingga 1894 di bawah desain arsitek dan sejarawan seni Inggris Thomas Graham Jackson. Tiga lantai atas, dengan empat sisinya, dihiasi dengan jendela berjendela ganda. Permukaan dinding datar diberi gaya mosaik bunga, sedangkan karangan bunga yang memisahkan lantai diberi aksen ukiran. Di puncaknya terdapat limas segi delapan dengan patung bidadari dari kuningan yang berputar mengikuti arah mata angin.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Centre, Warisan Dunia UNESCO. "Zadar - Kompleks keuskupan - Pusat Warisan Dunia UNESCO". whc.unesco.org. Diakses tanggal 2018-02-13. 
  2. ^ "Sv. Stošija (Katedrala)". 
  3. ^ "Pembangun menara lonceng katedral Romawi St Anastasia". Diakses tanggal 18 November 2015.