Kosmas dan Damianos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Plakat Peringatan SS Kosmas dan Damianos di Budapest

Santo Kosmas dan Santo Damianos (Arab: كوزماس ودميان, Kuzmas wa Dimyan; Yunani: Κοσμάς και Δαμιανός, Kosmás kai Damianós; bahasa Latin: Cosmas et Damianus; †skt. 287) merupakan dua dokter asal Arab,[1][2] konon mereka adalah saudara kembar, dan martir Kristen awal. Mereka mempraktekkan profesi mereka di pelabuhan Aegeae, kemudian di provinsi Romawi, Suriah.

Tidak menerima pembayaran untuk layanan mereka membuat mereka diberi nama Anargyroi (dari bahasa Yunani Ανάργυροι, "tidak berperak" atau "Agioi Anárgyroi"); telah dikatakan bahwa, dengan ini, mereka menarik banyak orang kepada iman Kristen.[3]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

SS Kosmas dan Damianos, oleh Gerard Seghers, abad ke-17, koleksi Pribadi, AS

Tidak ada yang diketahui tentang kehidupan mereka kecuali bahwa mereka mengalami kemartiran di Suriah selama penganiayaan Kaisar Diokletianus. Menurut tradisi Kristen, saudara kembar tersebut lahir di Arab dan menjadi dokter yang terampil.

Saladino d'Ascoli, seorang dokter Italia abad ke-15, menyatakan bahwa electuary abad pertengahan, massa pasty yang terdiri dari obat yang dicampur dengan gula dan air atau madu yang cocok untuk pemberian oral,[4] dikenal sebagai opopira,[5] obat senyawa kompleks digunakan untuk mengobati beragam penyakit termasuk kelumpuhan, ditemukan oleh Kosmas dan Damianos.[6]

Selama penganiayaan di bawah Diokletianus, Kosmas dan Damianos ditangkap atas perintah Prefek dari Kilikia, satu Lysia yang tidak dikenal, yang memerintahkan mereka di siksa untuk menarik kembali. Namun, menurut legenda mereka tetap setia pada iman mereka, bertahan digantung di kayu salib, dirajam dan ditembak oleh panah dan akhirnya mengalami eksekusi dengan pemenggalan. Anthimos, Leontios dan Euprepius, adik-adik mereka, yang tidak terpisahkan dari mereka sepanjang hidup, ikut dalam kemartiran mereka.

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Kosmas dan Damianos secara ajaib mentransmisikan kaki hitam Etiopia ke tubuh putih pasien.
Relikui (1400/1420) di Gereja St. Michael, München berisi dugaan tengkorak Kosmas dan Damianos. Biara Santa Klara di Madrid juga memiliki dua tengkorak SS Kosmas dan Damianos.
Paus Feliks IV mempersembahkan SS Kosmas dan Damianos dengan basilika yang ia dedikasikan kepada mereka.
Amal SS Kosmas dan Damianos oleh Ambrosius Francken I

Pada awal abad ke-4, gereja-gereja yang didedikasikan untuk para santo kembar didirikan di Yerusalem, Mesir dan Mesopotamia. Kesetiaan pada dua santo itu menyebar dengan cepat di Timur dan Barat. Teodoretus mencatat pembagian peninggalan terkenal mereka. Peninggalan mereka, yang dianggap ajaib, dimakamkan di kota Kyrrhos, Suriah. Gereja-gereja dibangun untuk menghormati mereka oleh Uskup Agung Proklos dan oleh Kaisar Yustinianus I (527-565), yang dengan mewah memulihkan kota Kyrrhos dan mendedikasikannya kepada si kembar, tetapi membawa peninggalan mereka yang konon ke Konstantinopel, di sana, setelah sembuh, dianggap berasal dari perantaraan Kosmas dan Damianos, Yustinianus, dengan rasa bersyukur juga membangun dan menghiasi gereja mereka di Konstantinopel,[7] dan itu menjadi tempat ziarah yang dirayakan. Di Roma, Paus Feliks IV (526-530) menyerahkan kembali Perpustakaan Perdamaian (Bibliotheca Pacis) sebagai basilika Santi Cosma e Damiano dalam Forum Vespasian untuk menghormati mereka. Gereja banyak dibangun kembali tetapi masih terkenal karena mosaik abad keenamnya menggambarkan santo-santo tersebut.

Apa yang dikatakan tengkorak mereka dihormati di konven Santa Klara di Madrid, di mana mereka telah sejak tahun 1581, karunia Maria, putri Kaisar Karl V. Mereka sebelumnya telah dihapus dari Roma ke Bremen pada abad ke-10, dan dari situ ke Bamberg. Tengkorak lainnya dikatakan milik mereka ditemukan pada tahun 1334 oleh Burchard Grelle, Uskup Agung Bremen. Dia "secara pribadi" secara ajaib "mengambil relikui dokter-dokter suci Kosmas dan Damianos, yang diduga dikuatkan dan dilupakan dalam paduan suara Katedral Bremen.[8] Dalam perayaan pengangkatan Uskup Agung dan Kapitel mengatur pesta di Pentakosta pada tahun 1335, ketika relikui itu diterjemahkan dari dinding ke tempat yang lebih bermartabat.[9] Grelle menyatakan bahwa peninggalan-peninggalan itu adalah Uskup Agung Adaldag yang dibawa dari Roma pada tahun 965. Pembuat bangunan katedral, Johann Hemeling membuat sebuah tempat pemujaan untuk peninggalan, yang selesai pada sekitar tahun 1420. Tempat pemujaan itu, terbuat dari kayu ek berukir yang ditutupi dengan emas dan perak digulung dianggap sebagai karya emas abad pertengahan yang penting.[10] Pada tahun 1649, Babak Bremen, Lutheran pada saat ini, menjual tempat pemujaan tersebut tanpa kepala ke Maximilian I dari Bayern. Kedua kepala tersebut tetap berada di Bremen dan menjadi milik komunitas Katolik Roma yang kecil. Mereka ditunjukkan dari tahun 1934 hingga 1968 di Gereja St. Johann dan pada tahun 1994 mereka dimakamkan di ruang bawah tanah.[11] Tempat pemujaan itu sekarang ditampilkan di Gereja Yesuit St. Michael di München. Setidaknya sejak tahun 1413 sepasang tengkorak dari SS tersebut diduga telah disimpan di Katedral St. Stephan, Wina. Peninggalan lainnya diminta oleh Gereja San Giorgio Maggiore di Venesia.

Kemartiran SS Kosmas dan Damianos oleh Fra Angelico (Musée du Louvre, Paris).

Si kembar martir dipanggil dalam Canon Missæ dalam doa yang dikenal sebagai Communicantes (dari kata Latin pertama dari doa): "Dalam persekutuan dengan seluruh Gereja, mereka memuliakan di atas semua orang lain memori tentang kemuliaan perawan Maria, Bunda Tuhan dan Tuan kita, Yesus Kristus, kemudian dari Joseph yang diberkati, suami sang Perawan, para Rasul dan Martirmu yang diberkati, Petrus dan Paulus, Andreas, Yakobus, ... Yohanes dan Paulus, Kosmas dan Damianos dan seluruh santo Anda: berikan melalui pahala dan doa mereka bahwa dalam segala hal kami dapat dibela dengan bantuan perlindungan Anda." Mereka juga dipanggil dalam Litani orang Kudus, dan dalam bentuk yang lebih tua dari ritus Romawi, di Kumpulkan untuk Kamis di Minggu Ketiga Prapaskah, karena gereja stasiun untuk hari ini adalah Santi Cosma e Damiano.

Hari perayaan mereka di Kalender Umum Romawi, yang telah pada tanggal 27 September, dipindahkan pada tahun 1969 hingga 26 September, karena 27 September adalah dies natalis ("hari lahir" ke Surga) dari Santo Vincentius a Paulo, sekarang lebih dihormati secara luas di Gereja Latin.[12] Di Kanada telah dipindahkan ke 25 September (karena 26 September adalah Hari Perayaan Para Martir di Kanada).[13]

SS Kosmas dan Damianos dianggap sebagai pelindung dokter, ahli bedah, dan apoteker dan kadang-kadang diwakili dengan lambang medis.

Kosmas dan Damianos digambarkan sebagai pendukung lengan gilda yang diukir di sebuah ibu kota, abad ke-15, dari biara Carmes di Trie-sur-Baïse di barat daya Prancis. Tulisan itu berbunyi, "SS Kosmas dan Damianos berdoa untuk kita".

Di Brasil, santo kembar tersebut dianggap sebagai pelindung anak-anak, dan 27 September diperingati, terutama di Rio de Janeiro, dengan memberi anak-anak tas permen dengan patung-patung para kudus yang tercetak pada mereka dan di seluruh seluruh negara bagian Bahia di mana umat Katolik dan penganutnya agama Candomblé menawarkan makanan khas seperti caruru. Ritual ini terdiri dari pertama-tama menawarkan makanan kepada tujuh anak-anak yang tidak lebih tua dari tujuh tahun dan kemudian memiliki mereka berpesta sambil duduk di lantai dan makan dengan tangan mereka. Hanya setelah semua anak selesai, para tamu dapat menikmati makanan yang ditawarkan. Gereja Santo Kosmas dan Damianos, di Igarassu, Pernambuco adalah gereja tertua di Brasil, dibangun pada tahun 1535.

Di Inggris Santo Damianos adalah pendukung sisi dexter dalam lambang British Dental Association.

SS Kosmas dan Damianos dihormati setiap tahun di Utica, New York di Paroki St. Anthony selama peziarahan tahunan yang berlangsung pada akhir pekan terakhir bulan September (dekat dengan hari raya 27 September). Ada ribuan peziarah yang datang untuk menghormati santo-santo tersebut. Lebih dari 80 bus datang dari Kanada dan tujuan lainnya. Festival 2-hari termasuk musik (La Banda Rosa), banyak makanan Italia, massa dan prosesi melalui jalan-jalan di Utica Timur. Ini adalah salah satu festival terbesar menghormati santo-santo di Amerika Serikat bagian timur laut.

Kekristenan Timur[sunting | sunting sumber]

Ikon SS Kosmas dan Damianos (abad ke-17, Museum Sejarah di Sanok, Polandia).

Dalam Gereja Ortodoks Timur, gereja-gereja Katolik Timur, Gereja Ortodoks Oriental, SS Kosmas dan Damianos dihormati sebagai jenis santo yang dikenal sebagai Agioi Anárgyroi (Yunani: ἀνάργυροι, anargyroi, "tanpa uang"). Penggolongan SS ini unik untuk Gereja Timur dan merujuk pada mereka yang menyembuhkan semata-mata karena cinta kepada Allah dan manusia, dengan ketat mengamati perintah Yesus: "Kamu bebas menerima, memberi dengan cuma-cuma." ("Δωρεὰν ἐλάβετε, δωρεὰν δότε..."[[]] Matthew:10:8-KJV) Sementara masing-masing anargyroi memiliki hari perayaannya sendiri, semuanya diperingati bersama pada hari Minggu pertama bulan November, dalam sebuah pesta yang dikenal sebagai Synaxis dari dokter anargyroi.

Ortodoks merayakan tidak kurang dari tiga kelompok santo yang berbeda dengan nama Kosmas dan Damianos, masing-masing dengan hari perayaan mereka sendiri yang berbeda:

  • Santo Kosmas dan Damianos dari Kilikia (Saudi) (17) Bersaudara, menurut legenda Kristen mereka dipukuli dan dipenggal kepalanya bersama dengan tiga orang Kristen lainnya: Leontios, Anthimos, dan Eutropios.
  • Santo Kosmas dan Damianos dari Anatolia — alternatif, Mesopotamia (1 November) putra kembar Santa Theodota. Meninggal dengan damai dan dimakamkan bersama di Thereman, Mesopotamia.
  • Santo Kosmas dan Damianos dari Roma (1 Juli) Bersaudara, menurut tradisi Kristen mereka dimartir oleh seorang dokter kafir yang cemburu selama masa pemerintahan Kaisar Romawi Carinus (283-284).

Ikon Ortodoks dari kedua santo tersebut menggambarkan mereka sebagai orang awam yang memegang kotak obat. Seringkali masing-masing juga akan memegang sendok yang digunakan untuk menyalurkan obat. Gagang sendok biasanya berbentuk seperti salib untuk menunjukkan pentingnya spiritual serta penyembuhan fisik, dan bahwa semua obat berasal dari Tuhan.

Gereja-gereja[sunting | sunting sumber]

Australia[sunting | sunting sumber]

  • St Mary & Sts Cozman and Demian Coptic Orthodox Church
  • St Damians Catholic Church, Bundoora, Victoria
  • Sts Anargiri, Greek Orthodox Church, Oakleigh, Victoria

Brasil[sunting | sunting sumber]

  • Church of Saints Cosme and Damião, Igarassu, Pernambuco

Bulgaria[sunting | sunting sumber]

  • Sandanski Monastery "St.St. Bezsrebrenitsi Kosma and Damyan"
  • Kuklen Monastery "St.St. Bezsrebrenitsi Kosma and Damyan"
  • Gigintsi Monastery "St.St. Bezsrebrenitsi Kosma and Damyan"
  • Church of "St.St. Bezsrebrenitsi Kosma and Damyan", Sandanski
  • Church of "St.St. Bezsrebrenitsi Kosma and Damyan", Svetovrachane
  • Church of "St.St. Bezsrebrenitsi Kosma and Damyan", Plovdiv
  • Church of "St.St. Bezsrebrenitsi Kosma and Damyan", Smolyan area
  • Church of "St.St. Bezsrebrenitsi Kosma and Damyan", Belashtitsa
  • Church of "St.St. Bezsrebrenitsi Kosma and Damyan", Krichim

Kanada[sunting | sunting sumber]

Kroasia[sunting | sunting sumber]

  • Church of Saints Cosmas and Damian, Lastovo

Inggris[sunting | sunting sumber]

Di Gereja Inggris, dedikasi gereja untuk SS Kosmas dan Damianos sangat jarang:

  • Blean, Kent, church of St Cosmus [sic] and St Damian in the Blean;
  • Challock, Kent;
  • Keymer, Sussex, St Cosmas and St Damian Church, Keymer;
  • Sherrington, Wiltshire, church of St Cosmo [sic] and St Damian, in the Benefice of the Upper Wylye Valley;
  • Stretford, near Leominster, Herefordshire, church no longer in use and in the care of the Churches Conservation Trust.
  • Gospel Oak, north London, Greek Orthodox Church of St Cosmas and Damian (at 1 Gordon House Road, London NW5)[14]

Prancis[sunting | sunting sumber]

Goa[sunting | sunting sumber]

  • Church of Saant Cosme ani Damiao, Bogmalo

Yunani[sunting | sunting sumber]

  • Kapel abad ke-10 Agioi Anargyroi di kota Servia.

Hungaria[sunting | sunting sumber]

Italia[sunting | sunting sumber]

  • Santi Cosma e Damiano
  • Chiesa Matrice-Basilica minore Pontificia dal venerdì 18 febbraio 2000-Santuario dal lunedì 12 settembre 1938-Parrocchia dal mercoledì 16 marzo e martedì 19 aprile 1814 dei Santi Medici e Martiri Cosma e Damiano; Alberobello, Puglia, Italy

Makedonia[sunting | sunting sumber]

  • Sv. Kuzman i Damjan Ohrid
  • Sv. Kuzman i Damjan Jedoarce, Tetovo
  • Sv. Kuzman i Damjan Govrlevo, Skopje
  • Sv. Kuzman i Damjan Triangla, Skopje
  • Sv. Kuzman i Damjan Bolnicka Crkva, Veles (Sveti Besrebrenici Kozma i Damjan)

Meksiko[sunting | sunting sumber]

  • Saint Cosmas and Damian Church, Mazatecochco, Tlaxcala
  • Saint Cosmas and Damian Church, Xaloztoc, Tlaxcala
  • Saint Cosmas and Damian Church, San Damián Texoloc, Tlaxcala

Paraguay[sunting | sunting sumber]

  • Mision Jesuita de San Cosme y San Damian

Rusia[sunting | sunting sumber]

  • Church of Cosmas and Damian, Novgorod

Serbia[sunting | sunting sumber]

  • Church of Saints Cosmas and Damian, Ivanjica
 Orthodox Church of Saints Cosmas and Damian, Futog

Slowakia[sunting | sunting sumber]

  • Kostol sv. Kozmu a Damiána, Bratislava - Dúbravka
  • Kostol sv. Kozmu a Damiána, Trenčín - Biskupice
  • Kostol sv. Kozmu a Damiána, Kšinná

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

  • Chapel of San Cosme y Damián, Tucson, Arizona
  • Ss. Cosmas & Damian Church, Punxsutawney, Pennsylvania
  • Chapel of Saint Cosmas & Damiano; Utica, NY
  • Saints Cosmas and Damian Society, Cambridge, MA
  • Saint Cosmas & Damiano Society of St. Anthony & St. Agnes Church, Utica N.Y.
  • Saint Damian, Oak Forest, IL
  • Ss. Cosmas & Damian Church, Twinsburg, Ohio

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Byzantium and the Arabs in the sixth century Irfan Shahid
  2. ^ Cyril Elgood (31 October 2010). A Medical History of Persia and the Eastern Caliphate: From the Earliest Times Until the Year A.D. 1932. Cambridge University Press. hlm. 207. ISBN 978-1-108-01588-2. 
  3. ^ Catholic Encyclopedia: "Sts. Cosmas and Damian"
  4. ^ http://www.thefreedictionary.com/electuary
  5. ^ Opopira magna, a pharmaceutical preparation from the Antidotarius magnus NCBI PubMed, in German, Daems WF, Ledermann F.
  6. ^ Saladino d'Ascoli, "Compendium Aromatariorum", In: Mesue cum expositione mondini super canones vniuersales. ac etiam cum expositione Christophori de honestis in antidotarium eiusdem... Venecia, per Bonetum Locatellum Bergomensem. 1 abril 1495, fol. 323v: "Oppopira dicitur a succo & igne. oppo enim grece latine succus & pir grece latine ignis: inde oppopira idest succus ignitus & hoc electuarium compositum est a sanctissimis medicis cosmas & damiano."
  7. ^ Foley OFM, Leonard. "Sts. Cosmas and Damian", Saint of the Day, (revised by Pat McCloskey OFM), Franciscan Media
  8. ^ Cf. "Bremer Chronik von Gerhard Rinesberch und Herbord Schene", In: Bremen, Hermann Meinert (ed.) on behalf of the Historische Kommission bei der Bayerischen Akademie der Wissenschaften, Bremen: Schünemann, 1968, (Chroniken der deutschen Städte vom 14. bis ins 16. Jahrhundert; vol. 37: Die Chroniken der niedersächsischen Städte), p. 112,; Regesten der Erzbischöfe von Bremen, Joseph König and Otto Heinrich May (compilators), Hanover: Selbstverlag der Historischen Kommission, 1971, (Veröffentlichungen der Historischen Kommission für Hannover, Oldenburg, Braunschweig, Schaumburg-Lippe und Bremen; vol. 11,2,2), vol. 2, Lfg. 2: 1327–1344, No. 508; Joseph König, "Zur Biographie des Burchard Grelle, Erzbischof von Bremen und der Geschichte seines Pontifikats (1327–1344)", In: Stader Jahrbuch; vol. 76 (1986), p. 42; Herbert Schwarzwälder, Geschichte der Freien Hansestadt Bremen:5 vols., ext. and impr. ed., Bremen: Ed. Temmen, 1995, vol. 1: Von den Anfängen bis zur Franzosenzeit: (1810), p. 70; Alfred Löhr, "Kult und Herrschaft, Erzstift und Domkapitel", In: Der Bremer Dom. Baugeschichte, Ausgrabungen, Kunstschätze. Handbuch u. Katalog zur Sonderausstellung vom 17.6. bis 30.9.1979 im Bremer Landesmuseum - Focke-Museum -, Karl Heinz Brandt (ed.), Bremen: Bremer Landesmuseum, 1979, (Focke-Museum, Bremen. Hefte; No. 49, vielm.: 52), pp. 102seq. and 128 as well as Catalogue No. 31, Urkunden und Siegel des Erzbischofs Burchard Grelle; Bodo Heyne, "Die Arztheiligen Kosmas und Damian und der Bremer Dom", In: Hospitium Ecclesiae: Forschungen zur Bremischen Kirchengeschichte; vol. 9 (1975), pp. 7–21; Johannes Focke, "Die Heiligen Cosmas und Damian und ihr Reliquienschrein im Dom zu Bremen", In: Bremisches Jahrbuch, Bd. 17 (1895), pp. 128–161.
  9. ^ "Ostern 1334 hatte Burchard persönlich im Chor des Bremer Doms die … dort angeblich eingemauerten und vergessenen Reliquien der heiligen Ärzte Cosmas und Damian auf 'wunderbare Weise' wiederaufgefunden. Erzbischof und Kapitel veranstalteten aus diesem Anlaß zu Pfingsten 1335 ein Fest, bei dem die Reliquien aus der Mauer an einen würdigeren Platz überführt wurden." Konrad Elmshäuser, "Der werdende Territorialstaat der Erzbischöfe von Bremen (1236–1511): I. Die Erzbischöfe als Landesherren", In: Geschichte des Landes zwischen Elbe und Weser: 3 parts, Hans-Eckhard Dannenberg and Heinz-Joachim Schulze (eds.) on behalf of the Landschaftsverband der ehemaligen Herzogtümer Bremen und Verden, Stade: Landschaftsverband der ehem. Herzogtümer Bremen und Verden, 1995 and 2008, (Schriftenreihe des Landschaftsverbandes der ehem. Herzogtümer Bremen und Verden; No. 7), part II: Mittelalter (1995), pp. 159–189, here p. 177. Original emphasis. Omission not in the original. ISBN 978-3-9801919-8-2
  10. ^ Konrad Elmshäuser, "Der werdende Territorialstaat der Erzbischöfe von Bremen (1236–1511): I. Die Erzbischöfe als Landesherren", In: Geschichte des Landes zwischen Elbe und Weser: 3 parts, Hans-Eckhard Dannenberg and Heinz-Joachim Schulze (eds.) on behalf of the Landschaftsverband der ehemaligen Herzogtümer Bremen und Verden, Stade: Landschaftsverband der ehem. Herzogtümer Bremen und Verden, 1995 and 2008, (Schriftenreihe des Landschaftsverbandes der ehem. Herzogtümer Bremen und Verden; No. 7), Part II: Mittelalter (1995), pp. 159–189, here p. 178. ISBN 978-3-9801919-8-2
  11. ^ (Wilhelm Tacke: St. Johann in Bremen - erine 600jährige Geschichte - von den Bettelbrüdern bis zu den Pröpsten, Bremen 2006, S. 172ff.)
  12. ^ "Calendarium Romanum" (Libreria Editrice Vaticana, 1969), p. 140
  13. ^ http://nlo.cccb.ca/images/stories/pdfs/nationallitcalender2016_01_27.pdf[pranala nonaktif permanen]
  14. ^ https://www.stanargyre.co.uk/

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]