Katedral Katolik Yunani Melkit Istanbul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Katolik Yunani Melkit Istanbul
Gereja Katedral Katolik Yunani Melkit Tritunggal Mahakudus di Istanbul
Ayatriada Rum Katoliki Kilise
LokasiIstanbul
NegaraTurki
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Yunani Melkit)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanEksarkat Apostolik Istanbul

Katedral Katolik Yunani Tritunggal Mahakudus di Istanbul (Turki: Ayatriada Rum Katoliki Kilise), disebut juga Gereja Katolik Rum Tritunggal Mahakudus, adalah sebuah gereja katedral Katolik dari ritus Yunani yang berada di Istanbul, Turki. Terletak di Hamalbaşı Caddesi di distrik Beyoğlu Istanbul dan saat ini digunakan sebagai gereja untuk komunitas Gereja Katolik Kaldea setempat.

Gereja Katolik Bizantium Yunani adalah Gereja Katolik Timur dari Ritus Bizantium dalam persekutuan penuh dengan Paus di Roma. Katedral ini adalah salah satu dari 3 katedral Katolik di kota ini, yang lainnya adalah Katedral Santa Maria dari Sakızağaç dari Ritus Armenia dan Katedral Roh Kudus dari Ritus Latin.

Katedral ini merupakan gereja utama Eksarkat Apostolik Yunani Istanbul (Exarchatus Apostolicus Constantinopolitanus) yang didirikan pada tahun 1911 dengan sebagian wilayah Kekaisaran Ottoman dan sejak tahun 2016 telah dikelola oleh seorang administrator apostolik. Menurut Annuario Pontificio 2017, paroki ini merupakan satu-satunya paroki eksarkat dan mempunyai 16 umat paroki. Fasilitas katedral digunakan oleh para pengungsi Kaldea dari Eparki Diyarbekir.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]