Katedral Istanbul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Istanbul
Gereja Katedral Roh Kudus di Istanbul
Saint Esprit Kilisesi
Katedral Istanbul
LokasiIstanbul
NegaraTurki
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiRoh Kudus
Tanggal dedikasi1846
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekGiuseppe Fossati and Achille Bottazzi
GayaBarok
Administrasi
KeuskupanVikariat Apostolik Istanbul

Foto Paus Benediktus XV diambil dari Notre Dame de Sion Istanbul

Katedral Istanbul atau yang bernama resmi Katedral Roh Kudus, atau dikenal sebagai St. Katedral Esprit (Turki: Saint Esprit Kilisesi) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Cumhuriyet Avenue 127/A, di kawasan Pangaltı di distrik Şişli,[1] bekas Harbiye, antara Taksim Square dan Nişantaşı, di Istanbul, Turki.[2] Katedral abad ke-19 ini berada di balik tembok sekolah menengah Notre Dame de Sion Prancis. Saat berjalan dari Taksim menuju Harbiye, beberapa orang mungkin melihat sebuah pintu dengan jeruji besi yang mengarah ke halaman sekolah di luarnya terdapat patung Benediktus XV. Katedral berada setelah pintu tersebut.

Katedral Istanbul mengikuti Ritus Roma atau Latin dan merupakan pusat kedudukan dan takhta bagi Vikariat Apostolik Istanbul (bahasa Latin: Vicariatus Apostolicus Istanbulensis). Katedral merupakn gereja tempat tahta Uskup, gereja tempat "cathedra" berada. Basilika ini dibangun dengan gaya Barok pada tahun 1846 di bawah arahan arsitek Swiss-Italia Gaspare Fossati dan arsitek Italia Achille Bottazzi, sedangkan arsitek Prancis Julien Hillereau adalah Uskup Agungnya dan makamnya berada di ruang bawah tanah di bawah katedral.

Katedral Roh Kudus merupakan gereja Katolik Roma terbesar kedua di kota ini setelah Basilika S. Antonio di Padova di İstiklal Avenue di Beyoğlu.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gaspare Fossati adalah seorang arsitek Swiss-Italia yang bekerja di Istanbul pada abad ke-19. Ia dikenal sebagai arsitek Eropa kedua yang datang ke Istanbul untuk bekerja ketika bangunan bergaya Barat mulai populer dan tersebar luas di seluruh kota. Ia membangun banyak bangunan terkenal abad ke-19, termasuk Kedutaan Besar Rusia, Konsulat Belanda, dan Gereja Santo Petrus dan Paulus yang berlokasi di Galata. Fossati juga mengerjakan restorasi Hagia Sophia bersama saudaranya Giuseppe Fossati.

Lokasi di mana katedral berdiri dipilih karena Vatikan memutuskan untuk mendirikan kantor tidak resminya di Istanbul di jalan yang sama. Kantor tersebut saat ini berfungsi dalam kapasitas resmi karena Turki dan Vatikan sepakat untuk mendirikan kantor perwakilan diplomatik bersama pada tahun 1960.

Pembangunannya memakan waktu satu tahun, dimulai pada tahun 1845 dan katedral selesai pada tahun 1846. Kesulitan keuangan menyebabkan kualitas bahan konstruksi lebih buruk dan setelah gempa bumi pada tahun 1865, katedral rusak parah. Pemulihan dimulai pada bulan Juni tahun yang sama dan gereja dibuka kembali untuk Misa beberapa bulan kemudian pada bulan Desember. Arsitek Pierre Vitalis, dengan bantuan arsitek lain, seharusnya membangun kembali Roh Kudus setelah gempa bumi, namun tidak ada hasilnya karena Vitalis memasuki masa pensiun. Hasilnya, pembangunan kembali katedral dipimpin oleh Pastor Antoine Giorgiovitch, kata sumber gereja. Menurut sumber sejarah, gereja ini ditetapkan sebagai katedral pada tahun 1876. Sejauh ini gereja tersebut telah mengalami beberapa kali restorasi, menerima tiga lonceng baru yang dipalu di Fermo, Italia pada tahun 1922 dan semua lukisannya dipugar oleh mendiang Uskup Antoine Marovitch pada tahun 1980.

Setelah pembangunan katedral, komunitas Kristen mulai menetap di dekatnya, menurut sumber sejarah. Dengan kata lain, Roh Kudus memainkan peran utama dalam komunitas Kristen yang bergerak melampaui distrik Beyoğlu (sebelumnya dikenal sebagai Pera) dan wilayah Galata, yang pada saat itu mayoritas penduduknya non-Muslim. Hak administratif katedral dipercayakan kepada Salesian Don Bosco pada tanggal 9 Oktober 1989.

Arsitektur katedral yang memiliki denah basilika dengan tiga bagian tengah mewakili gaya Barok. Beberapa sejarawan seni mendefinisikan arsitektur katedral sebagai kebangkitan gaya basilika Kristen awal. Apse utama dan apse samping berbentuk persegi. Galeri ini bertumpu pada kolom-kolom yang memisahkan bagian tengah yang melapisi kedua sisi katedral dalam barisan.

Interior basilika didekorasi dengan indah dengan lukisan dinding. Langit-langit yang dihias dengan mewah membentang hingga altar, terletak tepat di seberang pintu utama. Menara lonceng, di salah satu sudut Roh Kudus menghadap Ölçek Sokak (jalan) yang juga bernama Papa Roncalli Sokak sejak tahun 2000, ketika Mustafa Sarıgül, Walikota Şişli, mendedikasikannya kepada "sahabat Turki" Angelo Giuseppe Roncalli, yang pernah menjadi Delegasi Apostolik, yaitu Duta Besar Paus, di Turki dari Januari 1935 hingga Desember 1944. Jika Anda mendapati diri Anda berjalan melewati Katedral Roh Kudus, luangkan waktu untuk masuk ke dalam katedral ini, bahkan di luar jam Misa.

Di halaman Roh Kudus terdapat patung perunggu Paus Benediktus XV (1854-1922) yang dibangun oleh negara Turki pada tahun 1922 untuk mengenang dukungannya kepada tentara Turki. Patung tersebut bertumpu pada alas batu dengan plakat bertuliskan: "Penolong bagi semua orang, tanpa memandang kebangsaan atau agama". Paus Benediktus XV memimpin Gereja Katolik antara tahun 1914 dan 1922, dan dikenal karena upayanya menghentikan Perang Dunia I. Ia juga berkontribusi pada pendirian rumah sakit di perbatasan Turki-Suriah tempat tentara Turki yang terluka dirawat. . Patung tersebut dibersihkan oleh Kotamadya Besar Istanbul pada tahun 2006 sesaat sebelum kunjungan Paus Benediktus XVI ke kota tersebut. Sultan Mehmet VI diyakini menyumbangkan 500 lira emas untuk dana yang terkumpul untuk pendirian patung tersebut.

Ruang pemakaman katedral dikatakan sangat mengesankan. Kubah-kubah ini dirancang selama pembangunan katedral, menampung sisa-sisa jasad berbagai anggota komunitas Katolik Istanbul, termasuk para biarawati dari Notre Dame de Sion dan Uskup Agung Hillereau. Giuseppe Donizetti, musisi kerajaan di istana Utsmaniyah Sultan Mahmud II, yang pertama kali mengundangnya ke Istanbul, dimakamkan di brankas di bawah katedral. Ia dikenal karena dua pawai militer yang ia susun untuk Sultan Mahmud II dan Abdülmecit I: "Mahmudiye March". Saat ini, sisa-sisa arsip keluarga Donizetti, yang ditemukan pada tahun 1970-an, disimpan di Perpustakaan Museum Istana Topkapi. Pemakaman di brankas berlanjut hingga tahun 1920-an.

Katedral ini telah menjadi tujuan beberapa kunjungan kepausan ke Turki, termasuk kunjungan Paus Paulus VI, Paus Yohanes Paulus II, Paus Benediktus XVI. Paus Fransiskus mengunjungi Katedral Istanbul pada tanggal 29 November 2014, dan merayakan misa untuk seribu orang. Dia juga datang pada tanggal 30 November, perayaan Santo Andreas, untuk bertemu dengan lebih dari seratus pengungsi Irak dan Suriah serta migran Afrika.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gereja Katolik - - mymerhaba.com". mymerhaba.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 03-06-2017. Diakses tanggal 23-06-2017. 
  2. ^ "Basilique-Cathédrale Saint-Esprit, Istanbul, Turki". gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-11-25. 
  3. ^ "Gereja Saint Espirit Sisli Istanbul". Sangat Turki. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19-12-2017.