Gereja Santo Antonius dari Padua, Istanbul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Santo Antonius dari Padua
Gereja Basilika Minor Paroki Santo Antonius dari Padua, Istanbul
Turkish: Sent Antuan Bazilikası
Gereja Santo Antonius dari Padua, Istanbul
Gereja Santo Antonius dari Padua di Istanbul Fatih
Gereja Santo Antonius dari Padua
Gereja Santo Antonius dari Padua
LokasiBeyoğlu, Istanbul
Negara Turki
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanto Antonius dari Padua
Arsitektur
StatusBasilika minor, gereja paroki
Status fungsionalAktif
ArsitekGiulio Mongeri
GayaNeo-Gotik Venezia
Peletakan batu pertama1906
Selesai1912
Administrasi
ParokiIstiklal Caddesi
KeuskupanVikariat Apostolik Istanbul

Gereja Santo Antonius dari Padua (Turkish: Sent Antuan Bazilikası) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Istanbul, Turki. Terletak di İstiklal Avenue No. 171 di distrik Beyoğlu, gereja ini merupakan gereja terbesar di Istanbul.

Bersama dengan Gereja Santa Maria Draperis (juga di Istiklal Avenue), dan Gereja Santo Petrus dan Paulus di Galata, basilika ini merupakan salah satu dari tiga paroki Levantin di Beyoglu. Sekarang ini dijalankan oleh para pastor Italia. Misa Sabtu dalam bahasa Inggris dimulai pukul 19:00; Misa Minggu dalam bahasa Italia diadakan pada pukul 11:30, dalam bahasa Polandia pada pukul 11:30 di ruang bawah tanah, dalam bahasa Inggris pada pukul 10:00 dan pada pukul 19:00 dalam bahasa Turki; dan Misa Selasa dalam bahasa Turki dimulai pada pukul 11:00. Misa Hari Kerja diadakan dalam bahasa Inggris pada pukul 8:00 dan dalam bahasa Turki pada pukul 19:00.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Santo Antonius dari Padua yang asli dibangun pada tahun 1725 oleh komunitas Italia di Istanbul, tetapi kemudian dibongkar dan diganti dengan bangunan saat ini yang dibangun di lokasi yang sama. Gereja basilika saat ini, bersama dengan bangunan tempat tinggal yang berdekatan (dikenal sebagai St. Antoine Apartmanları) dibangun antara tahun 1906 dan 1912 dengan gaya Neo-Gotik Venezia, sekali lagi oleh komunitas Italia di Istanbul (kebanyakan terdiri dari orang-orang keturunan Genoa dan Venesia, komunitas tersebut berjumlah sekitar 40.000 pada awal abad ke-20). Bangunan ini dirancang oleh arsitek Levantin Giulio Mongeri, yang juga merancang bangunan penting lainnya di Turki, seperti Maçka Palas di Nişantaşı dan gedung bank Neo-Bizantium Karaköy Palas di Karaköy (Galata), Istanbul, serta markas besar pertama Türkiye İş Bankası di Ankara.

Paus Yohanes XXIII berkhotbah di sini selama 10 tahun ketika dia menjadi Duta Besar Vatikan untuk Turki sebelum terpilih sebagai Paus. Ia dikenal sebagai "Paus Turki" karena kefasihan berbahasa Bahasa Turki dan kecintaannya yang sering diungkapkan terhadap Turki dan khususnya Istanbul. Sebuah patungnya dipasang di halaman gereja.

Sejak tahun 2016, perselisihan hukum telah terjadi terkait gereja[1] yang telah disiapkan untuk dijual oleh seorang pria yang mengaku bertindak atas nama pemilik sah situs tersebut.[2] Menurut laporan berita, Sebahattin Gök memperoleh surat kuasa dari pemilik tanah dan kemudian berusaha menjualnya di hadapan pengacara yang bertindak atas nama pemilik tanah. Vatikan mengambil langkah untuk mencegah penjualan tersebut.[1]

Gereja Katolik lainnya di Istanbul[sunting | sunting sumber]

Santo Antonius dari Padua mungkin merupakan gereja Katolik paling penting di Istanbul, dan dengan umat terbesar, namun ada juga gereja Katolik Roma lainnya di kota ini. Gereja-gereja ini termasuk Katedral Roh Kudus (1846) di Harbiye; Gereja Santo Louis dari Prancis (1581) dan Gereja Santa Maria Draperis di Beyoğlu; Gereja Santo Petrus dan Paulus (1841) di Galata; Gereja Bunda Maria Diangkat ke Surga di Moda, Kadıköy; dan Gereja Santo Stefanus di Yeşilköy.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b buldu-sent-antuan-kilisesini-satisa-cikardi-5649922/ "Ülke ülke gezip mirasçılarını buldu Terkirim Antuan Kilisesi'ni satışa çıkardı" Periksa nilai |url= (bantuan). www.sozcu.com.tr. 
  2. ^ caddesindeki-dikirim-antuan-kilisesi-satisa-cikarildi-basrahip-tedbir-karari-koydurdu/ "İstiklal Caddesi'ndeki Dikirim Antuan kilisesi 'satışa çıkarıldı', başrahip tedbir kararı koydurdu" Periksa nilai |url= (bantuan). Diken. Diakses tanggal 27 Februari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]