Katedral Genoa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Genoa
Cattedrale Metropolitana di San Lorenzo
Fasad Barat dari Katedral Genoa
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
ProvinsiKeuskupan Agung Genoa
Diberkati1118
Lokasi
LokasiGenoa
Italia
Koordinat44°24′26.92″N 8°55′53.83″E / 44.4074778°N 8.9316194°E / 44.4074778; 8.9316194Koordinat: 44°24′26.92″N 8°55′53.83″E / 44.4074778°N 8.9316194°E / 44.4074778; 8.9316194
Arsitektur
Gaya arsitekturGotik
Peletakan batu pertama1110
RampungAbad ke-17
Altar
Kemartiran Santo Laurensius,di lemari besi presbiteri, oleh Lazzaro Tavarone

Katedral Genoa atau Katedral Metropolitan Santo Laurensius (bahasa Italia: Duomo di Genova, Cattedrale di San Lorenzo) adalah sebuah gereja katedral Katolik di Genoa, Italia. Katedral ini didedikasikan untuk Santo Laurensius (San Lorenzo), dan merupakan tempat kedudukan dan takhta bagi Uskup Agung Genoa. Katedral ini ditahbiskan oleh Paus Gelasius II pada tahun 1118 dan dibangun antara abad ke-12 dan ke-14 sebagai bangunan abad pertengahan yang fundamental, dengan beberapa tambahan kemudian. Bagian tengah sekunder dan penutup samping bergaya Romanesque dan fasad utamanya bergaya Gotik dari awal abad ketiga belas, sedangkan kapital dan kolom dengan koridor interior berasal dari awal abad keempat belas. Menara lonceng dan kubah dibangun pada abad keenam belas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggalian di bawah trotoar dan di area di depan front barat hari ini telah memperjelas dinding dan trotoar dari zaman Romawi serta sarkofagus pra-Kristen, yang menunjukkan adanya kuburan di situs tersebut. Belakangan sebuah gereja yang dikhususkan untuk Dua Belas Rasul dibangun, yang pada gilirannya diapit dan diganti dengan katedral baru yang didedikasikan untuk Santo Laurensius, dengan gaya Romawi. Uang datang dari perusahaan sukses armada Genoa di Perang Salib.

Katedral pertama, sekarang Basilika Santo Sirus, Genoa. Pemindahan katedral mendukung urbanisasi zona itu, dengan pembangunan temboknya pada tahun 1155, dan perpaduan tiga inti kota kuno (castrum, civitas dan burgus) , menjadi jantung kota. Piazza, dengan tidak adanya alun-alun publik lain dan pusat kekuasaan awam, adalah satu-satunya ruang publik kota selama Abad Pertengahan. Katedral ini ditahbiskan oleh Paus Gelasius II pada tahun 1118, dan sejak tahun 1133 memiliki pangkat uskup agung. Setelah kebakaran tahun 1296, yang dipicu oleh perkelahian antara Guelphs dan Ghibellines, bangunan tersebut sebagian dipugar dan sebagian lagi dibangun kembali. Antara 1307 dan 1312 fasad diselesaikan, tiang-tiang bagian dalam dibangun kembali dengan ibu kota dan matronei ditambahkan. Struktur romantik tetap tidak tersentuh, dan lukisan dinding subjek agama juga ditambahkan.

Berbagai altar dan kapel telah didirikan antara abad ke-14 dan ke-15. Loggia kecil di menara timur laut fasad dibangun pada tahun 1455; yang berlawanan, dalam gaya Mannerist, berasal dari tahun 1522. Pada tahun 1550 arsitek Perugia Galeazzo Alessi ditugaskan oleh hakim kota untuk merencanakan rekonstruksi seluruh bangunan; namun, dia hanya mengeksekusi penutup bagian tengah dan gang, trotoar, kubah, dan apse.

Pembangunan katedral selesai pada abad ke-17. Kubah dan bagian abad pertengahan dipugar pada tahun 1894-1900. 7 lonceng saat ini disetel dalam skala besar C #.

Di antara karya seni di dalam gereja adalah lukisan langit-langit di sebuah kapel di utara oleh Luca Cambiaso; sebuah Penyaliban dengan Orang Suci (Visi St. Sebastian) oleh Barocci; di depan organ adalah "Episode dari kehidupan St. Lawrence" oleh Giovanni Andrea Ansaldo; lukisan langit-langit di presbiteri Martyrdom of St Lawrence dilukis oleh Lazzaro Tavarone; dan "Asumsi Perawan" (1914) oleh Gaetano Previati. Gereja juga memuat lukisan dinding abad ke-14 dengan gaya Bizantium di portal utama. Karya patung termasuk patung di kapel St. John oleh Domenico Gagini ; seorang Perawan dan St. Yohanes Pembaptis oleh Andrea Sansovino. Karya lainnya termasuk karya Matteo Civitali, Taddeo Carlone, dan Giacomo dan Guglielmo Della Porta .

Museum Perbendaharaan terletak di bawah katedral dan menyimpan koleksi perhiasan dan peralatan perak dari tahun 9 M hingga saat ini. Di antara barang-barang terpenting adalah cawan suci (it:Sacro Catino) yang dibawa oleh Guglielmo Embriaco setelah penaklukan Caesarea dan dianggap sebagai cawan yang digunakan oleh Kristus selama perjamuan Terakhir; dan Cassa Processionale del Corpus Domini.[1][2]

Kerusakan perang[sunting | sunting sumber]

Katedral berhasil melarikan diri pada tanggal 9 Februari 1941, ketika kota itu dibombardir sebagai bagian dari Operasi Minuman Beralkohol. Karena kesalahan kru, kapal perang Inggris HMS Malaya menembakkan 381 mm (15,0 in) penusuk lapis baja shell ke selatan- sudut timur bagian tengah. Bahan yang relatif lunak gagal meledakkan fuse dan cangkangnya masih ada.[3]

Prasasti yang mengucapkan terima kasih atas pelarian katedral berbunyi:
QUESTA BOMBA LANCIATA DALLA FLOTTA INGLESE PUR SFONDANDO LE PARETI DI QUESTA INSIGNE CATTEDRALE QUI CADEVA INESPLOSA IL IX FEBBRAIO MCMXLI

A RICONOSCENZA PERENNE GENOVA CITTÀ DI MARIA VOLLE INCISA DI PIETRA LA MEMORIA DI TANTA GRAZIA


(Bom ini, diluncurkan oleh Angkatan Laut Inggris, meskipun menembus tembok katedral besar ini, jatuh di sini tanpa meledak pada tanggal 9 Februari 1941. Sebagai ucapan terima kasih yang tiada henti, Genoa, Kota Bunda Maria, diinginkan untuk mengukir di batu, memori rahmat tersebut.)

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Genoa dalam 4 Jam oleh Edizioni GMT dalam bahasa Inggris
  2. ^ Situs web Museo del tesoro di San Lorenzo(dalam bahasa Italia)
  3. ^ "Obituary:Commander Henry Hatfield". Telegraf Harian.