San Siro (Genoa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Sirus
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
ProvinsiGenoa Liguria
Lokasi
LokasiGenoa
Italia
KoordinatKoordinat: 44°24′42″N 8°55′49″E / 44.41167°N 8.93028°E / 44.41167; 8.93028
Arsitektur
TipeGereja
Gaya arsitekturBaroque

San Siro adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di jalan dengan nama yang sama, di quartiere Maddalena di pusat Genoa, Liguria, Italia.

Lukisan dinding kubah oleh Carlone

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Salah satu gereja tertua di Genoa menempati situs bekas gereja yang awalnya didedikasikan untuk para rasul. Pada abad-abad berikutnya, gereja ini berganti nama menjadi Santo Sirus dari Genoa, seorang uskup yang dibeatifikasi. Awalnya katedral Genoa, itu berdiri di luar tembok asli, dan rentan terhadap serangan dari bajak laut Saracen; gelar Katedral dipindahkan ke San Lorenzo. Ada gereja lain yang didedikasikan untuk San Siro, San Siro di Struppa, di luar pusat kota.

Legenda menyatakan bahwa uskup dapat mengusir Basilisk yang tinggal di sumur yang berdekatan dengan gereja; sebuah plakat di rumah terdekat mengingatkan akan keajaiban itu. Peristiwa ini direpresentasikan dalam relief abad pertengahan di arkade serambi di sebelah gereja, serta lukisan dinding oleh Carlone di apse.

Dari abad ke-10 hingga ke-12, pembangunan struktur gereja dan menara lonceng asli Romawi dilanjutkan. Pada tahun 1478, kebakaran menghancurkan sebagian besar gereja. Hampir seabad kemudian, didorong oleh Kardinal Vincenzo Giustiniani dan keluarga Pallavicini, rekonstruksi dimulai mengikuti tuntutan arsitektur Kontra-Reformasi, dengan nave pusat utama. Nave itu dilukis oleh Giovanni Battista Carlone dengan Conversion of St Peter, Martyrdom of St. Peter, dan Death of Simon Magus. Paolo Brozzi menyelesaikan dekorasi quadratura. Kapel Pietà ditugaskan oleh Taddeo Carlone pada tahun 1595 (dan diselesaikan pada tahun 1606 oleh pemahat marmer Santino Paracca, disebut Valsoldo, dan Alessandro Ferrandino ). Pada tahun 1904, menara lonceng romawi, karena situasinya yang berbahaya, harus dihancurkan dan tidak pernah dibangun kembali.

Karya seni lainnya termasuk Kemenangan Salib di cungkup karya Carlone, dan kanvas Kabar Sukacita, Kelahiran Maria, dan Santo Antonius karya Orazio Gentileschi (saudara dari Aurelio Lomi). Artis lain dengan lukisan di gereja termasuk Domenico Fiasella, Giovanni Domenico Cappellino, Andrea Semino, Giacomo Lomellini, Cristoforo Roncalli, Gregorio De Ferrari, Domenico Piola (kapel ke-2 di kanan), dan Pemenggalan Kepala Santo oleh Carlo Bononi . Gereja berisi sejumlah patung karya Taddeo Carlone. Desain dan pahatan altar utama diselesaikan oleh Pierre Puget.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]