Katedral Gdańsk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Gdańsk
Katedral Basilika Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Gdańsk
bahasa Polandia: Bazylika Mariacka
Katedral Gdańsk
LokasiGdańsk
NegaraPolandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekHeinrich Ungeradin,
Hans Brandt,
Heinrich Haetzl,
Tylman Gamerski
GayaGotik bata
Selesai1502
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Gdańsk

Fasad Katedral Gdańsk

Katedral Gdańsk atau yang bernama resmi Katedral Basilika Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, singkatnya Gereja Santa Maria (bahasa Polandia: Bazylika Mariacka, Jerman: St. Marienkirche), atau secara resmi Basilika Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di pusat Gdańsk, Polandia. Dengan volume antara 185.000 m3 dan 190.000 m3 saat ini gereja ini merupakan salah satu dari dua atau tiga gereja batu bata terbesar di dunia. Hanya Basilika San Petronio di Bologna, yang terdiri dari 258.000 m3 yang berukuran lebih besar, Munich Frauenkirche dan Ulm Minster juga berukuran 185.000 hingga 190.000 m3.

Antara tahun 1536 dan 1572, katedral ini digunakan untuk Misa Katolik dan Lutheran secara bersamaan.[1] Dari abad ke-16 hingga 1945[2] ini adalah gereja Lutheran terbesar kedua di dunia.

Panjangnya 1.055 meter (3.461 ft), dan lebar nave adalah 66 meter (217 ft). Di dalam gereja terdapat ruang untuk 25.000 orang. Gereja ini adalah gereja aula dengan transept. Gereja ini berstatus kon-katedral bagi Keuskupan Agung Gdańsk, bersama dengan Katedral Oliwa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut tradisi, sejak tahun 1243, sebuah Gereja kayu Maria Diangkat ke Surga sudah ada di situs ini, dibangun oleh Adipati Swietopelk II.[3]

Interior Gereja Santa Maria, 1635, oleh Bartholomäus Milwitz, juga menggambarkan Pengadilan Terakhir oleh Hans Memling

Peletakan batu fondasi untuk gereja batu bata baru dilakukan pada tanggal 25 Maret 1343, pada hari raya Anunsiasi.[3] Pada mulanya sebuah teluk basilika sepanjang enam bentang dengan menara rendah dibangun, didirikan dari tahun 1343 hingga 1360. Bagian pilar dan menara tingkat bawah telah dipertahankan dari bangunan ini.

Pada tahun 1379, arsitek Danzig Heinrich Ungeradin dan timnya memulai pembangunan gereja yang sekarang. Bangunan mereka menunjukkan beberapa perbedaan dari Gereja Santa Maria di Lübeck, terkadang disebut sebagai induk dari semua gereja Gotik bata yang didedikasikan untuk Santa Maria di kota-kota Hanseatic di sekitar Baltik, dan memiliki beberapa kesamaan dengan gereja bata Gotik di Flanders dan Belanda. Pada tahun 1447 bagian timur gereja selesai dibangun, dan menara dinaikkan dua lantai pada tahun 1452–1466.

Dari tahun 1485 pekerjaan dilanjutkan oleh Hans Brandt, yang mengawasi pendirian inti panti umat utama. Setelah tahun 1496, struktur tersebut akhirnya selesai di bawah kepemimpinan Heinrich Haetzl, yang mengawasi pembangunan kubah tersebut.

Selama Reformasi sebagian besar penduduk Danzig mengadopsi Lutheranisme, di antaranya adalah umat paroki ini.[4] Setelah gelombang singkat pertikaian agama yang bergejolak pada tahun 1525 dan 1526, yang mengakibatkan dewan kota sebelumnya digulingkan, pemerintah baru menginginkan transisi yang mulus ke praktik keagamaan Lutheran.[4] Pada tahun 1529 khotbah Lutheran pertama disampaikan di gereja ini. Sejak tahun 1536 — bekerja sama dengan pengadilan Katolik resmi Włocławek's — seorang klerus Lutheran dipekerjakan secara permanen di gereja ini dan misa Katolik diadakan.[1][4] Jemaat Lutheran kemudian mulai mendaftarkan data pribadi, dan daftar tertua yang masih ada adalah data penguburan dimulai pada tahun 1537.

Organ di dalam gereja

Pada bulan Juli 1557, Raja Sigismund II Augustus dari Polandia memberi Danzig hak istimewa keagamaan untuk merayakan persekutuan dengan roti dan anggur. Setelah itu Dewan Kota mengakhiri misa Katolik di semua gereja Danzig kecuali gereja ini,[1] di mana misa Katolik berlanjut hingga tahun 1572.[1] Sebagai bagian dari transisi yang mulus Para pendeta dan kebaktian Lutheran pada awalnya juga melanjutkan tradisi Katolik, termasuk menggunakan pakaian liturgi yang berharga, seperti kasula.[4] Namun tradisi Katolik secara bertahap ditinggalkan di St. Mary's .[4] Jemaat Lutheran Danzig, seperti jemaat lainnya di Eropa utara,[5] menyimpan pakaian liturgi lama, beberapa di antaranya masih ada.[4][6]

Inventarisasi Gereja Santa Maria mencerminkan penggunaan aksesori bergaya Katolik dalam kebaktian Lutheran awal Danzig. Inventarisasi tahun 1552 masih menyebutkan stok pakaian dan sulaman dalam jumlah besar.[4] Umat ​​paroki Santa Maria membentuk kongregasi Lutheran yang - sebagai bagian dari pemerintahan gereja Lutheran - mengadopsi ordo gereja. Suatu hari tatanan gereja yang rumit (konstitusi) diikuti pada tahun 1612, Alte kirchenordnung. Pendeta senior pertama (Erster Pfarrer, pendeta primarius) dari gereja negara Lutheran Danzig adalah Johannes Kittelius, pendeta di gereja ini antara tahun 1566 dan 1590.[1] Gereja ini secara resmi disebut Gereja Paroki Tertinggi Santa Maria (Oberpfarrkirche St.Marien), yang menunjukkan posisinya yang menonjol di kota.

Karena pemberontakan anti-Bathory, pada tahun 1577 Raja Polandia Stephen Báthory memberlakukan Pengepungan Danzig (1577). Mempertahankan posisi politiknya memaksa kota tersebut untuk menyewa tentara bayaran, yang biayanya sangat mahal sehingga Dewan Kota menyita emas dan perak dari penduduknya dan dari perbendaharaan kota serta gereja negara Lutheran.[7] Sebagian besar peralatan emas dan perak di gereja ini dilebur dan dicetak untuk membayar tentara bayaran.[7] Inventarisasi tahun 1552 masih mencatat tidak kurang dari 78 piala emas perak, 43 salib altar, 24 patung suci perak besar dan banyak lagi.[7] Setelah tahun 1577 sebagian besarnya hilang.[7] Pemberontakan Danzig berakhir pada bulan Desember 1577 dengan kompromi yang memaksa kota tersebut membayar kepada raja sejumlah 200.000 florin. Namun raja Polandia juga mengakui kebebasan beragama dan keyakinan Lutheran Danzig.[8] Sebagai kompromi, yurisdiksi atas penganut Lutheran Danzig mengenai masalah perkawinan dan seksual tetap berada di tangan pejabat Katolik Włocławek.[1]

Pada tahun 1594, pengadilan istana kerajaan Polandia berusaha memulihkan layanan Katolik di gereja ini, namun Dewan Kota menolak pendekatan tersebut.[1] Namun sebagai kompromi, karena raja-raja Katolik Polandia telah menjadi kepala nominal Kota sejak Perdamaian Kedua Duri (1466), Dewan mengizinkan pembangunan kapel kerajaan Barok Katolik.[1] Didirikan oleh Tylman van Gameren (Gamerski) dan selesai pada tahun 1681, dekat Gereja Santa Maria, untuk Misa Katolik raja ketika dia mengunjungi Gdańsk. Dengan pastor Santa Maria, Constantin Schütz (1646–1712) teologi pietis yang moderat menggantikan Ortodoksi Lutheran yang sebelumnya dominan.[1]

Gereja Santa Maria sekitar tahun 1900 dilihat dari Jopengasse (sekarang Jalan Piwna).
Gereja Santa Maria sekitar tahun 1900 dilihat dari Frauengasse (sekarang Jalan Mariacka).

Uang pecahan 25 Danzig Gulden tahun 1931 yang menggambarkan Gereja Santa Maria, yang saat itu merupakan Marienkirche Protestan.

Selama masa Pemisahan Polandia, kota ini kehilangan otonominya pada tahun 1793, dan memperolehnya kembali untuk jangka waktu singkat (1807–1814) sebagai negara klien Napoleon, sebelum menjadi bagian dari Kerajaan Prusia pada tahun 1815. Pemerintah Prusia mengintegrasikan Gereja Santa Maria dan seluruh gereja negara Lutheran ke dalam administrasi gereja Lutheran yang seluruhnya Prusia.[1] Pada tahun 1816, Konsistori Danzig didirikan untuk mengambil tugas dan beberapa anggota spiritual Ministryium Danzig.[1] Senior Danzig saat itu, dan pendeta utama di gereja ini (1801–1827), Karl Friedrich Theodor Bertling, menjadi anggota dewan konsistorial di badan gereja.[9] Pada tahun 1817 pemerintah memberlakukan persatuan dari Reformasi dan jemaat Lutheran di seluruh kerajaan. Awalnya dimaksudkan untuk memenangkan semua jemaat ini untuk mengadopsi pengakuan Protestan yang bersatu, mayoritas Lutheran bersikeras mempertahankan Pengakuan Augsburg, sehingga gereja ini tetap menjadi gereja dan jemaat Lutheran, tetapi bergabung dengan payung baru Gereja Evangelis di Prusia pada tahun 1821, sebuah badan gereja Protestan regional dengan administrasi terpadu tetapi tidak memiliki pengakuan yang sama, sebagian besar terdiri dari Lutheran, tetapi juga beberapa jemaat Reformed dan Protestan yang bersatu.

Pada tahun 1820, selama masa penggembalaan Bertling, peti dan lemari sakristi yang telah lama terlupakan dibuka dan pakaian abad pertengahan serta dekorasi liturgi pertama ditemukan kembali.[4] Pada tahun 1830-an, lebih banyak pakaian bersejarah ditemukan.[4] Saat itu umat belum memahami kekayaan dan kelangkaan temuan tersebut.[10] Jadi ketika Romo Franz Johann Joseph Bock, sejarawan seni dan kurator Museum Keuskupan Agung Cologne saat itu, meninjau penemuan tersebut, dia memperoleh sejumlah karya terbaik dari kongregasi.[10] Bock menunjukkannya dalam sebuah pameran pada tahun 1853.[10] Setelah kematiannya beberapa karya Danzig dari koleksi pribadinya dijual ke Museum Victoria dan Albert London.[10] Penjualan ini dan kemudian ke kolektor pribadi termasuk kain dan rompi yang terbuat dari kain dari Mesopotamia kuno dan Mesir kuno, diperoleh selama Perang Salib; serta barang-barang renaisans dari Venesia, Firenze dan Lucca (seluruhnya lebih dari 1000 barang).[11]

Pada tahun 1861–1864 seorang Sexton bernama Hinz secara sistematis mencari peti, lemari dan tempat penyimpanan lainnya di ruangan dan ruangan, juga di menara, dan menemukan lebih banyak pakaian liturgi bersejarah.[4] Pada tahun 1870-an dan 1880-an umat menjual lebih dari 200 karya yang belum lengkap, serta kain altar utuh dan sulaman ke Museum Seni Dekoratif Berlin.[10] Sisa koleksi pakaian, yang disebut Danziger Paramentenschatz (Danzig Parament Harta Karun),[12] sebagian besar berasal dari 150 tahun antara 1350 dan 1500.[13]

Umat juga menjual artefak lainnya, seperti triptych bersayap karya Jan van Wavere, yang diakuisisi oleh Archduke Maximilian, yang sekarang disimpan di Gereja Ordo Teutonik di Wina, dan patung Madonna dan Anak karya Michael dari Augsburg dari altar utama, dijual kepada Pangeran Alfons Sierakowski, sekarang di kapel di Waplewo Wielkie.[3] Selain itu, otoritas Prusia melebur relikui emas dan perak untuk digunakan kembali.

Hingga Perang Dunia II, interior dan eksterior gereja masih terpelihara dengan baik. Antara tahun 1920 dan 1940, Gereja Santa Maria menjadi gereja utama dalam Protestan Federasi Sinode Regional Kota Bebas Danzig. Pada saat ini presbiteri (dewan kongregasi) memahami nilai dari koleksi paramennya dan mendorong pembuatan katalognya.[10] Selama renovasi pada tahun 1920-an, lebih banyak pakaian bersejarah dan kain altar ditemukan.[4] Dari tahun 1930 hingga 1933 Walter Mannowsky, yang saat itu menjabat sebagai direktur Museum Kota (sekarang bertempat di Museum Nasional, Gdańsk), menyampaikan empat volume inventaris Paramentenschatz' yang terperinci '.[14] Kemudian dipresentasikan di Kapel Santa Barbara di Gereja Santa Maria.[10] Pada tahun 1936, Paramentenschatz dipindahkan ke ruangan baru di Museum Kota dengan iklim terkendali, karena Kapel Barbara terlalu lembab.[10] The ' 'Paramentenschatz tetap menjadi milik jemaah, dan dipinjamkan ke museum kota (Stadtmuseum).

Dimulai pada perang ketiga tahun 1942, benda-benda utama warisan budaya Danzig dibongkar dan diturunkan melalui koordinasi dengan kurator warisan budaya (Konservator). Presbiteri Gereja Santa Maria setuju untuk memindahkan barang-barang seperti arsip dan karya seni seperti altar, lukisan, batu nisan, perabotan bergerak ke tempat-tempat di luar kota. Sementara itu, gereja-gereja di Danzig, seperti di tempat lain di Jerman, dan di daerah-daerah yang diduduki Jerman, mendapati lonceng gereja mereka diambil alih sebagai logam non-besi untuk produksi perang.[15] Lonceng diklasifikasikan berdasarkan nilai sejarah dan/atau seni dan lonceng tersebut dikategorikan sebagai yang paling tidak berharga dan dibuat setelah tahun 1860, dan terutama yang diambil alih di wilayah pendudukan, dilebur terlebih dahulu.[15]

Gereja ini rusak parah pada akhir Perang Dunia II, saat penyerbuan kota Danzig oleh Tentara Merah pada bulan Maret 1945. Atap kayunya terbakar habis dan sebagian besar langit-langit runtuh. Empat belas kubah besar runtuh. Jendela-jendelanya hancur. Di beberapa tempat, panasnya sangat menyengat sehingga beberapa batu bata meleleh, terutama di bagian atas menara, yang berfungsi sebagai cerobong asap raksasa.[3] Semua lonceng yang tersisa runtuh ketika sangkar loncengnya runtuh. api. Lantai gereja, yang berisi lempengan batu nisan yang tak ternilai harganya, dirobek-robek, diduga dilakukan oleh tentara Soviet yang berusaha menjarah mayat yang terkubur di bawahnya.

Pada akhir Perang Dunia Kedua, banyak umat paroki Santa Maria di Jerman melarikan diri ke barat, dan harta parament juga dievakuasi ke barat. Pada bulan Maret 1945 Polandia mulai mengusir sisa etnis Jerman di kota tersebut bahkan sebelum perubahan perbatasan diumumkan secara resmi pada Konferensi Potsdam dan memindahkan kota tersebut ke Polandia. Sebagian besar umat paroki Santa Maria yang masih hidup berakhir di zona pendudukan Inggris di Jerman utara. Lübeck menjadi pusat orang Jerman yang diasingkan. Semua properti jemaat Lutheran Santa Maria di Danzig (sekarang Gdańsk) diambil alih dan pemakamannya dijarah. Namun, dua lonceng Santa Maria yang belum dilebur, yang berasal dari tahun 1632 dan 1719, kemudian ditemukan di tempat yang disebut pemakaman lonceng Hamburg (Glockenfriedhof).[16] Dari lonceng sebelum perang, masih ada dua lonceng, setelah restitusi kepada kongregasi yang dipinjamkan oleh pastoran yang diasingkan di Lübeck ke kongregasi lain di Jerman bagian utara. Osanna dari tahun 1632 dapat ditemukan di Gereja Santo Andreas, Hildesheim, dan Dominicalis dari tahun 1719 dapat ditemukan dengan nama Osanna di Gereja Santa Maria, Lübeck, keduanya di Jerman. Dominicalis digunakan oleh umat Gereja Lutheran St. Mary, dan harta paramen dipajang di depan umum.[17]

Gdańsk secara bertahap dihuni kembali oleh lebih banyak orang Polandia, dan otoritas Polandia menyerahkan Gereja Santa Maria kepada Keuskupan Katolik. Sebagian besar karya seni dari pedalaman selamat, telah dievakuasi untuk diamankan ke desa-desa dekat kota. Banyak di antaranya telah dikembalikan ke gereja, tetapi beberapa di antaranya dipajang di berbagai museum di seluruh Polandia. Keuskupan berupaya menjamin kepulangan mereka.

Rekonstruksi dimulai tak lama setelah perang pada tahun 1946. Atapnya dibangun kembali pada bulan Agustus 1947, menggunakan beton bertulang. Setelah rekonstruksi dasar selesai, gereja tersebut ditahbiskan kembali pada tanggal 17 November 1955. Rekonstruksi dan renovasi interior merupakan upaya yang berkelanjutan.

Pada tanggal 20 November 1965, melalui bulla kepausan, Paus Paulus VI mengangkat gereja ini ke martabat basilika. Pada tanggal 2 Februari, Kongregasi Waligereja Polandia menyatakan gereja ini sebagai kon-katedral Gdańsk di Keuskupan Gdańsk yang saat itu masih non-metropolitan.[3] Sejak tahun 1925 Katedral Oliwa adalah katedral keuskupan (diangkat menjadi keuskupan agung pada tahun 1992).

Pemakaman Paweł Adamowicz, Walikota Gdańsk yang terbunuh, berlangsung di basilika ini pada 19 Januari 2019.[18]

Pada tahun 2020, altar Gotik Pietas Domini abad ke-15, yang dicuri oleh Jerman selama Perang Dunia II, dikembalikan ke gereja ini dari Berlin.[19]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Pemandangan selatan pada tahun 2014 sebelum pekerjaan restorasi tambahan pada fasad

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Katedral Gdańsk adalah gereja aula dengan transep tiga lorong. Transept dan bagian tengah utama memiliki lebar dan tinggi yang sama. Kejanggalan tertentu pada bentuk transept bagian utara merupakan sisa-sisa gereja sebelumnya yang terletak di lokasi yang sama. Secara keseluruhan, bangunan ini merupakan contoh bagus dari arsitektur Gotik akhir-akhir ini.

Vaultnya adalah karya seni sejati. Sebagian besar dipugar setelah Perang Dunia II. Bagian tengah utama, transep dan presbiteri ditutupi oleh vault jaring-jaring, sedangkan lorong-lorongnya ditutupi oleh kubah kristal.

Bagian luar bagian tengah didominasi oleh dinding bata polos dan jendela lengkungan runcing yang tinggi dan sempit. Konstruksi seperti itu dimungkinkan dengan menempatkan corbel dan penopang di dalam gereja dan mendirikan kapel di antara keduanya. Konstruksi serupa telah digunakan di Katedral Albi (1287–1487, Prancis Selatan) dan Munich Frauenkirche (1468–1494). Atap pelana dipisahkan oleh satu set puncak batu bata. Semua sudut ditonjolkan oleh menara yang dimahkotai dengan hiasan kepala logam (direkonstruksi setelah tahun 1970). Menara serupa dapat ditemukan di balai kota Lübeck serta di dua Gereja besar Leiden dan di Ridderzaal di Den Haag.

Pintu utama Selatan

Hal ini distabilkan oleh penopang yang kuat.

Gereja ini memiliki tujuh portal, satu di barat di bawah menara, satu di fasad timur paduan suara, dua di utara dan tiga di sisi selatan, enam di antaranya (semua kecuali barat) terbuat dari batu pasir pasangan bata.

Interior[sunting | sunting sumber]

Altar utama, dari lorong utara

Interior gereja ini dihiasi dengan beberapa mahakarya lukisan Gotik, Renaisans, dan Barok. Yang paling terkenal, Penghakiman Terakhir oleh pelukis Flemish Hans Memling, saat ini disimpan di Museum Nasional Gdańsk. Karya seni lainnya dipindahkan ke Museum Nasional di Warsawa pada tahun 1945. Baru pada tahun 1990-an beberapa di antaranya dikembalikan ke gereja. Bagian dekorasi interior yang paling menonjol adalah:

  • Altar Yerusalem, 1495–1500 (saat ini disimpan di Museum Nasional di Warsawa)
  • Altar tinggi, 1511–1517, Michael dari Augsburg
  • Sepuluh Perintah, kira-kira. 1485
  • Nisan Simon dan Judith Bahr, 1614–1620, Abraham van den Blocke
  • Pietà, kira-kira. 1420
  • Patung Bunda Maria, kira-kira. 1420
  • Jam astronomi Gdańsk, 1464–1470, Hans Düringer dari Nuremberg, direkonstruksi setelah tahun 1945
  • Kumpulan organ, sebagian dipindahkan dari gereja Santo Yohanes pada tahun 1985.

Lonceng[sunting | sunting sumber]

Ada dua lonceng di Katedral Gdańsk. Keduanya berperan pada tahun 1970 oleh pengecoran Felczyński di Przemyśl. Yang lebih besar disebut Gratia Dei, berbobot 7.850 kilogram (17.310 pon), dan berbunyi dalam nominal F tajam. Lonceng yang lebih kecil disebut Ave Maria, berbobot 2.600 kilogram (5.700 pon), dan berbunyi C#.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k Heinz Neumayer, „Danzig“, dalam: Theologische Realenzyklopädie: 36 jilid, Berlin dan New York: de Gruyter, 1977–2006, jilid8 (1981): 'Chlodwig – Dionysius Areopagita', hlm.353–357, di sini hal.355. ISBN 3-11-013898-0.
  2. ^ "turystyka,89,684". gdansk.pl. Diakses tanggal 2017-12-14. 
  3. ^ a b c d e "Historia Bazyliki Mariackiej w Gdańsku". www.bazylikamariacka.pl. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-31.  Situs web resmi (diterjemahkan dari bahasa Polandia)
  4. ^ a b c d e f g h i j k Walter Mannowsky, Der Kirchenschatz von St. Marien in Danzig, Landesverkehrsverband für das Gebiet der Freien Stadt Danzig (ed.), Danzig: Danziger Verlags-Gesellschaft , 1936, hal. 10.
  5. ^ Walter Mannowsky, 4/mode/2up Der Kirchenschatz von St. Marien in Danzig, Landesverkehrsverband für das Gebiet der Freien Stadt Danzig (ed.), Danzig: Danziger Verlags-Gesellschaft, 1936, hal. 5
  6. ^ Inilah sebabnya mengapa gereja-gereja Lutheran ini memiliki koleksi pakaian yang sering kali mencakup pakaian tua yang lebih beragam dan lebih banyak jumlahnya daripada paroki Katolik.
  7. ^ a b c d Walter Mannowsky, Der Kirchenschatz von St. Marien in Danzig, Landesverkehrsverband für das Gebiet der Freien Stadt Danzig (ed.), Danzig: Danziger Verlags-Gesellschaft, 1936, hal. 3.
  8. ^ Heinz Neumayer, „Danzig“, dalam: Theologische Realenzyklopädie: 36 jilid, Berlin dan New York: de Gruyter , 1977–2006, vol.8 (1981): 'Chlodwig – Dionysius Areopagita', hal.353–357, di sini hal.354. ISBN 3-11-013898-0.
  9. ^ Heinrich Doering, senior+danzig&pg=PA611 Die deutschen Kanzelredner des achtzehnten und neunzehnten Jahrhunderts: Nach ihrem Leben und Wirken, Neustadt an der Orla: Wagner, 1830, hal. 5.
  10. ^ a b c d e f g h Walter Mannowsky, #page/10/mode/2up Der Kirchenschatz von St. Marien in Danzig, Landesverkehrsverband für das Gebiet der Freien Stadt Danzig (ed.), Danzig: Danziger Verlags-Gesellschaft, 1936, hal. 11 .
  11. ^ Wtedy to władze pruskie wywiozły z gdańskiego kościoła Marii Panny skarb, na który składały się szaty kościelne z tkanin pochodzących ze starożytnej Mezopotamii and Egiptu (!), a zdobytych w czasach wypraw krzyżowych, średniowieczne dalmaty ki i kapy, renesansowe wyroby mistrzów z Wenecji, Florencji i Lukki, naczynia liturgizne i relikwiarze, dengan sumie ponad tysiąc arcydzieł. Większość rozprzedano, wyroby ze złota and srebra przetopiono, część haftów... spruto, a złotej nici użyto na galon oficerskie!
    Jan Pruszyński. "Kulturkampf". www.wprost.pl. 
  12. ^ Di antara potongannya adalah kain sutra Tiongkok dengan sulaman berkah untuk al-Malik al-Nasir Nasir al-Din Muhammad ben Qalawun, seorang sultan Mesir. Lih. Walter Mannowsky, Der Kirchenschatz von St. Marien in Danzig, Landesverkehrsverband für das Gebiet der Freien Stadt Danzig (ed.) , Danzig: Danziger Verlags-Gesellschaft, 1936, hal. 4.
  13. ^ Walter Mannowsky, Der Kirchenschatz von St. Marien in Danzig, Landesverkehrsverband für das Gebiet der Freien Stadt Danzig (ed.), Danzig: Danziger Verlags-Gesellschaft, 1936, hal.9.
  14. ^ Lih. Walter Mannowsky, Der Danziger Paramentenschatz: 4 jilid, Berlin: Brandus, 1932–1933.
  15. ^ a b Volker Koop, ' 'Besetzt: Britische Besatzungspolitik di Deutschland, Berlin: be.bra, 2007, hal.144. ISBN 978-3-89809-076-6.
  16. ^ Selain ribuan monumen umum dari logam non-besi, seluruhnya 45.000 lonceng dari gereja-gereja di Jerman dan 35.000 gereja di wilayah yang dianeksasi atau diduduki diambil alih. Mereka dibawa ke berbagai pabrik. Di Hamburg, di tempat penyimpanan Norddeutsche Affinerie, yang dijuluki Glockenfriedhof (pemakaman lonceng), pihak berwenang Inggris menemukan 16.000 lonceng pada tahun 1945. Komite Restitusi Lonceng (dan monumen) , didirikan pada tahun 1947 dilakukan tugas untuk mengidentifikasi lonceng-lonceng itu dan mengembalikannya kepada umat pemiliknya. Sampai tahun 1950 tugas ini telah selesai. Lih. Volker Koop, Besetzt: Britische Besatzungspolitik di Deutschland, Berlin: be.bra, 2007, hal.144. ISBN 978-3-89809-076-6.
  17. ^ Antara tahun 1955 dan 1993 harta paramen diperlihatkan di bawah loteng organ barat di St.Mary's di Lübeck. Bersama dengan paramen dari koleksi St.Mary's Lübeck, sekarang dipajang di Paramentenkammer (ruang parameter) Museum Sejarah Seni dan Budaya St.Anne.
  18. ^ "Paweł Adamowicz: ribuan orang menghadiri pemakaman walikota Gdańsk". The Guardian. 19 Januari 2019. Diakses tanggal 19 Januari 2019. 
  19. ^ "Ołtarz Pietas Domini po 78 latach wrócił do Polski". Portal Gov .pl. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 54°21′00″N 18°39′12″E / 54.3499°N 18.6533°E / 54.3499; 18.6533Templat:Gdańsk