Kambangan punggung-blorok kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kambangan punggung-blorok kecil
Aythya affinis

Adult male
Adult female
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22680402
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoAnseriformes
FamiliAnatidae
GenusAythya
SpesiesAythya affinis
(Eyton, 1838)
Tata nama
Sinonim taksonFuligula affinis Eyton, 1838
ProtonimFuligula affinis
Distribusi

Kambangan punggung-blorok kecil ( Aythya affinis ) adalah bebek selam kecil Amerika Utara yang bermigrasi ke selatan hingga Amerika Tengah di musim dingin. Burung ini dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai burung bluebill kecil atau burung broadbill karena paruhnya yang berwarna biru yang khas. Nama ilmiahnya berasal dari bahasa Yunani Kuno aithuia, burung laut tak dikenal yang disebutkan oleh penulis termasuk Hesychius dan Aristoteles, dan bahasa Latin, affinis "berhubungan dengan", karena kemiripannya dengan Kambangan punggung-blorok besar. [2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kambangan dewasa dapat mencapai ukuran 38–48 cm (15–19 in) panjang, 417–43 cm (164–17 in) rata-rata. Spesies ini memiliki berat 454–1.089 g (1,001–2,401 pon) ; jantan memiliki berat 820 g (1,81 pon) rata-rata dan betina memiliki berat yang jauh lebih ringan, yaitu 730 g (1,61 pon) rata-rata. Panjang sayap (bukan lebar sayap ) sekitar 75–79 in (190–200 cm) pada pria dan 73–78 in (190–200 cm) pada wanita; tarsusnya sekitar 14–15 in (36–38 cm) panjang, dan paruh 14–17 in (36–43 cm) . Lebar sayapnya 68–78 cm (27–31 in) .

Jantan dewasa dengan bulu dasar definitif (berkembang biak) memiliki kepala berwarna hitam berwarna-warni dan jambul kecil di bagian belakang mahkota, dada berwarna hitam, punggung dan sayap berwarna abu-abu keputihan dengan vermikulasi yang lebih gelap dan bagian luar berwarna hitam dan bagian dalam berwarna coklat keabu-abuan. remiges . Bagian bawah berwarna putih dengan beberapa vermikulasi zaitun di sisi-sisinya, dan bagian persegi panjang serta penutup ekor berwarna hitam. Betina dewasa memiliki pita putih di dasar paruh, seringkali di daerah telinga yang lebih terang, dan sebaliknya berwarna coklat tua di seluruh bagian, dengan warna putih di bagian tengah perut. Itik dewasa dengan bulu gerhana terlihat serupa, tetapi dengan kepala dan dada yang sangat gelap, sedikit atau tidak ada warna putih di kepala dan biasanya ada beberapa vermikulasi keabu-abuan di sayap. Burung yang belum dewasa mirip dengan burung betina dewasa, tetapi warnanya lebih kusam dan hampir tidak ada warna putih di dasar paruhnya. Kedua jenis kelamin memiliki remig sekunder berwarna putih, paruh biru keabu-abuan dengan "kuku" kecil berwarna hitam di ujung dan kaki berwarna abu-abu; Itik jantan memiliki iris mata berwarna kuning cerah, sedangkan itik jantan betina berwarna oranye hingga kuning bervariasi sesuai umur [3] dan yang belum dewasa berwarna coklat. Anakan berbulu halus terlihat sangat mirip dengan spesies terkait, dengan bagian atas berwarna coklat tua dan bagian bawah berwarna pucat, dagu, supercilium, dan bintik punggung.   

Burung-burung ini tidak terlalu vokal, setidaknya dibandingkan dengan itik penciblak . Kambangan betina memiliki suara sumbang scaup, scaup call; saat bercumbu, itik dewasa mengeluarkan peluit yang lemah. Kambangan punggung-blorok kecil betina bersuara lebih sering dibandingkan kambangan punggung-blorok besar— terutama saat terbang — tetapi seruannya lebih lemah, brrtt parau, brrtt .   

Distribusi dan migrasi[sunting | sunting sumber]

Habitat berkembang biak mereka adalah danau pedalaman dan kolam rawa di tundra dari Alaska melalui Kanada bagian barat hingga Montana bagian barat; hanya sedikit yang berkembang biak di sebelah timur James Bay dan Great Lakes . Konsentrasi perkembangbiakan yang menonjol, dengan lebih dari setengah juta burung pada puncak musim, dapat ditemukan di Alaska, di hutan di lembah Sungai McKenzie, dan di Old Crow Flats . Burung-burung ini bermigrasi ke selatan (kebanyakan melalui Jalur Terbang Tengah dan Mississippi ) ketika anak-anaknya sudah dewasa dan kembali pada awal musim semi, biasanya tiba di tempat berkembang biak pada bulan Mei. Kambangan punggung-blorok kecil biasanya bepergian dalam kelompok yang terdiri dari 25–50 burung dan menghabiskan musim dingin terutama di danau, sungai, serta laguna dan teluk pesisir yang terlindung antara perbatasan AS-Kanada dan Kolombia bagian utara, termasuk Amerika Tengah, Hindia Barat, dan Bermuda .

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Kambangan punggung-blorok kecil mencari makan terutama dengan memilah-milah dasar lumpur, biasanya setelah menyelam dan berenang di bawah air, kadang-kadang dengan mencoba-coba tanpa menyelam. Mereka terutama memakan moluska seperti kedaung dan kepah, serta biji-bijian dan bagian lain dari tanaman air seperti rumput teki ( Cyperaceae ), rumput kolam, rumput bungalan ( Ruppia cirrhosa ), seledri liar ( Valisneria americana ) atau padi liar ( Zizania ). Di musim dingin, namun tidak begitu di musim panas, hewan akuatik lainnya— krustasea, serangga beserta larvanya dan ikan-ikan kecil—merupakan bagian penting dari makanan mereka. Telah dilaporkan bahwa kambangan punggung-blorok kecil dan besar telah mengubah rute migrasi tradisional mereka untuk memanfaatkan kehadiran kerang zebra ( Dreissena polymorpha ) di Danau Erie, yang secara tidak sengaja diperkenalkan pada tahun 1980-an dan telah berkembang biak dalam jumlah besar. Hal ini dapat menimbulkan risiko bagi burung-burung ini karena kerang zebra merupakan penyaring yang efisien sehingga dapat mengakumulasi kontaminan lingkungan dengan cepat.   

Mereka bersarang di lokasi terlindung di tanah dekat air, biasanya di antara tumbuh-tumbuhan lebat seperti rumput teki, kadang-kadang dalam kelompok kecil yang lepas dan tidak jarang di samping koloni burung camar atau dara-laut ; beberapa betina dapat menyimpan telur dalam satu sarang. Pejantan merayu betina di musim dingin; pasangan terbentuk sesaat sebelum dan selama migrasi musim semi. Saat bersarang dimulai, jantan berkumpul saat mereka berganti bulu menjadi bulu gerhana, meninggalkan tugas inkubasi dan membesarkan anak-anaknya hanya untuk betina.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Aythya affinis". 2016: e.T22680402A92861095. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22680402A92861095.en. 
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 35, 64. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  3. ^ Trauger, David L. (1 April 1974). "Eye Color of Female Lesser Scaup in Relation to Age" (PDF). The Auk. 91 (2): 243–254.