Kambangan punggung-blorok besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kambangan punggung-blorok besar
Periode Pleistocene–Recent[1]
Aythya marila

Pejantan dewasa
Pejantan betina
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22680398
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoAnseriformes
FamiliAnatidae
GenusAythya
SpesiesAythya marila
(Linnaeus, 1761)
Tata nama
Sinonim taksonAnas marila Linnaeus, 1761
ProtonimAnas marila
Subspecies
A. m. marila (Linnaeus, 1761)
(Eurasian greater scaup)
A. m. nearctica (Stejneger, 1885)
(Nearctic greater scaup)
Distribusi

Range of Aythya marila
EndemikAsan Conservation Reserve, Thol Lake, Gajoldoba, Taman Nasional Kaziranga, Maguri Motapung Beel dan Pobitora Wildlife Sanctuary

Kambangan punggung-blorok besar ( Aythya marila ), scaup di Eropa atau, bahasa sehari-hari, "bluebill" di Amerika Utara, adalah bebek selam berukuran sedang, lebih besar dari scaup kecil yang berkerabat dekat. Ia menghabiskan bulan-bulan musim panas berkembang biak di Alaska, Kanada bagian utara, Siberia, dan wilayah paling utara di Eropa. Selama musim dingin, ia bermigrasi ke selatan menuju pantai Amerika Utara, Eropa, dan Jepang.

Pejantan berukuran lebih besar dan memiliki kepala lebih bulat dibandingkan betina; mereka memiliki paruh biru cerah dan mata kuning. Kepala mereka berwarna gelap, dengan kilap hijau; dada berwarna hitam, perut berwarna putih, dan sayap bergaris putih. Betina sebagian besar berwarna coklat, lagi-lagi dengan warna putih di sayap. Mereka memiliki paruh biru kusam dan putih di wajahnya.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kambangan punggung-blorok besar dewasa yang lebih besar adalah 39–56 cm (15–22 in) panjang dengan 71–84 cm (28–33 in) lebar sayap dan massa tubuh 726–1.360 g (1,601–2,998 pon) . Ia memiliki paruh biru dan mata kuning dan 20% lebih berat dan 10% lebih panjang dibandingkan dengan spesies Kambangan punggung-blorok kecil yang berkerabat dekat. Jantan memiliki kepala berwarna gelap dengan kilau hijau, dada hitam, punggung terang, ekor hitam, dan bagian bawah berwarna putih. Kambangan jantan lebih besar dan memiliki kepala lebih bulat dibandingkan betina. Perut dan panggul Kambangan jantan berwarna putih cerah. Bulu leher, dada, dan ekornya berwarna hitam mengkilat, sedangkan sayap bawahnya berwarna abu-abu vermikulasi . Sayap atas mempunyai garis putih yang dimulai dari spekulum dan memanjang sepanjang bulu terbang hingga ujung sayap. Tungkai dan kaki kedua jenis kelamin berwarna abu-abu.

Betina dewasa memiliki tubuh dan kepala berwarna coklat, dengan corak sayap berwarna putih mirip dengan jantan tetapi sedikit kusam. Ia memiliki pita putih dan bercak coklat berbentuk oval di dasar paruhnya, yang warnanya sedikit lebih kusam daripada warna biru pejantan. Kambangan punggung-blorok besar remaja yang lebih besar terlihat mirip dengan betina dewasa. Bulu gerhana pejantan dewasa besar terlihat mirip dengan bulu perkembangbiakannya, hanya saja bagian pucat dari bulu tersebut berwarna abu-abu kecoklatan.

Membedakan kambangan punggung-blorok besar dan kambangan punggung-blorok kecil bisa jadi sulit dilakukan di lapangan. Kepala kambangan punggung-blorok besar cenderung lebih bulat, dan garis sayap putih lebih lebar. Paruhnya juga cenderung lebih besar dan lebar, seringkali dengan paruh hitam besar di ujungnya. Subspesies nearctica Amerika Utara biasanya memiliki dahi yang lebih tinggi dan sayap berwarna putih yang berkurang.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Kambangan punggung-blorok besar mempunyai distribusi sirkumpolar, berkembang biak di dalam Lingkaran Arktik baik di Dunia Lama ( Paearctic ) dan di Amerika Utara ( Nearctic ). Ia menghabiskan bulan-bulan musim panas di Alaska, Siberia, dan bagian utara Eropa. Ia juga ditemukan di Asia dan terdapat di Kepulauan Aleutian sepanjang tahun. Habitat musim panas adalah tundra dataran rendah berawa dan pulau-pulau di danau air tawar. Pada musim gugur, populasi scaup yang lebih besar memulai migrasi mereka ke selatan untuk musim dingin. Mereka musim dingin di sepanjang pantai Pasifik dan Atlantik Amerika Utara, pantai barat laut Eropa, Laut Kaspia, Laut Hitam, pantai Jepang, Laut Kuning dan Laut Cina Timur . Selama bulan-bulan musim dingin, mereka ditemukan di teluk pesisir, muara, dan terkadang danau pedalaman, seperti danau di Eropa Tengah dan Danau Besar .

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Telur, Museum Koleksi Wiesbaden

Kambangan punggung-blorok besar berkembang biak di tundra dan hutan boreal ; diperkirakan 75% populasi Amerika Utara berkembang biak di Alaska. Mereka biasanya bersarang di pulau-pulau di danau besar di utara. Kambangan punggung-blorok besar mulai berkembang biak ketika mereka berumur dua tahun, meskipun mereka mungkin mulai bersarang pada usia satu tahun. Kambangan punggung-blorok besar jantan memiliki peluit yang lembut dan cepat yang mereka gunakan untuk menarik perhatian ayam selama masa pacaran, yang berlangsung dari akhir musim dingin hingga awal musim semi, dalam perjalanan kembali ke tempat berkembang biak di utara. Kambangan punggung-blorok besar betina yang lebih besar memiliki satu nada, vokalisasi “arrr-arrr-arrr-arrr-arrr” yang serak. Pacaran itu rumit dan menghasilkan pembentukan pasangan monogami.

Pasangan bersarang berdekatan satu sama lain dalam koloni besar, biasanya di dekat air, di pulau atau garis pantai, atau di atas rakit tumbuhan terapung. Sarangnya terdiri dari cekungan dangkal yang dibuat oleh betina dan dilapisi dengan bulunya. Setelah betina bertelur, itik jantan meninggalkan betinanya dan pergi bersama drake lainnya ke danau besar yang terpencil untuk mabung. Danau-danau ini bisa jadi dekat dengan tempat berkembang biak atau bermil-mil jauhnya. Danau yang dipilih digunakan setiap tahun oleh Kambangan yang sama. Danau ganti kulit yang optimal cukup dangkal dan memiliki banyak sumber makanan dan tempat berlindung.

Betina bertelur enam hingga sembilan telur berwarna zaitun, yang diinkubasinya selama 24-28 hari. Kumpulan telur yang lebih besar dapat mengindikasikan parasitisme induk oleh Kambangan punggung-blorok besar lain atau bahkan bebek dari spesies lain. Anakan yang baru menetas ditutupi bulu dan segera bisa berjalan, berenang, dan makan sendiri; namun, mereka baru dapat terbang 40–45 hari setelah menetas. Anakan kecil yang rentan mengikuti induknya, yang melindungi mereka dari pemangsa.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Kawanan mencari makan di teluk Tokyo, Jepang

Kambangan punggung-blorok besar menyelam untuk mendapatkan makanan, yang mereka makan di permukaan. Mereka terutama memakan moluska, tanaman air, dan serangga air. Selama bulan-bulan musim panas, ikan scaup yang lebih besar akan memakan krustasea air kecil. Ada laporan mengenai empat Kambangan punggung-blorok besar pada bulan April di dekat Chicago yang menelan katak macan tutul yang sedang berhibernasi (spesies dengan panjang tubuh sekitar 5 sentimeter, atau 2,0 inci), yang mereka keluarkan dari kolam air tawar di tepi jalan. Di ekosistem air tawar, scaup yang lebih besar akan memakan biji-bijian, daun, batang dan akar, bersama dengan alang-alang, rumput tambak, rumput kesturi, dan seledri liar . Karena kaki dan berat Kambangan punggung-blorok besar yang berselaput lebih besar, ia dapat menyelam hingga 6 meter (20 ft) dan tetap terendam hingga satu menit, memungkinkannya mencapai sumber makanan yang tidak dapat diperoleh bebek penyelam lainnya.

Ancaman[sunting | sunting sumber]

Predator umum dari Kambangan punggung-blorok besar adalah burung hantu, sigung, rakun, rubah, koyote dan manusia. Kambangan punggung-blorok besar seringkali terjerat dalam jaring ikan, sehingga banyak dari mereka yang tenggelam dalam jaring setiap tahunnya. Kambangan punggung-blorok besar dapat tertular flu burung, sehingga wabah di masa depan berpotensi mengancam populasi Kambangan punggung-blorok besar.

Meskipun spesies Kambangan punggung-blorok besar menghadapi banyak ancaman, tantangan paling signifikan terhadap kelangsungan hidup mereka adalah degradasi habitat yang disebabkan oleh pembangunan manusia dan limpasan air. Kambangan punggung-blorok besar, saat berganti kulit dan selama musim dingin, terancam oleh meningkatnya kadar kontaminan organoklorida. Polusi minyak dan limbah juga mengancam bebek ini. Karena 80% populasi kambangan punggung-blorok besar berhibernasi di bagian perkotaan Jalur Terbang Atlantik, bebek-bebek ini terkena kontaminasi organik tingkat tinggi, bersamaan dengan peningkatan kadar logam berat dalam makanan dan habitat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama University of Michigan
  2. ^ BirdLife International (2018). "Aythya marila". 2018: e.T22680398A132525108. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22680398A132525108.en.