Rakun biasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rakun biasa
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
P. lotor
Nama binomial
Procyon lotor
Sebaran asli merah, sebaran bawaan biru
Sinonim

Ursus lotor Linnaeus, 1758

Rakun biasa (/ræˈkn/ simak, Procyon lotor), adalah Mamalia berukuran sedang yang berasal dari Amerika Utara. Rakun adalah spesies terbesar dalam keluarga Procyonidae, memiliki panjang tubuh 40 hingga 70 cm (16 hingga 28 in) dan berat 35 hingga 9 kg (77 hingga 20 pon). Kulitnya terdiri dari rambut abu-abu yang tebal untuk mencegah masuknya hawa dingin kedalam tubuh. Hewan ini dikenal karena cakarnya yang sangat tangkas dan topeng wajahnya yang termasuk kedalam salah-satu tema mitologi beberapa suku asli Amerika. Rakun dikenal karena kecerdasannya, dengan studi menunjukkan bahwa hewan ini bisa mengingat solusi berbagai permasalahan sampai 3 tahun lamanya.[2] Rakun adalah hewan omnivora, yang biasanya nokturnal, makanannya terdiri dari sekitar 40% invertebrata, 33% tumbuhan dan 27% vertebrata.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ciri fisik[sunting | sunting sumber]

Dari kepala ke belakang, rakun berukuran antara 40 dan 70 cm (16 dan 28 inci), tidak termasuk ekor lebat yang berukuran antara 20 dan 40 cm (7,9 dan 15,7 inci), tetapi biasanya panjangnya tidak lebih dari 25 cm (9,8 inci). ). Tinggi bahu antara 23 dan 30 cm (9,1 dan 11,8 inci). [73] Berat badan rakun dewasa sangat bervariasi menurut habitatnya , menjadikan rakun salah satu mamalia dengan ukuran paling bervariasi. Beratnya bisa berkisar antara 2 hingga 26 kg (4,4 hingga 57,3 lb), tetapi biasanya antara 5 dan 12 kg (11 dan 26 lb). Spesimen terkecil hidup di Florida selatan, sedangkan spesimen yang berada di dekat batas utara wilayah jelajah rakun cenderung menjadi yang terbesar (lihat aturan Bergmann ) . Pejantan biasanya 15 sampai 20% lebih berat dibandingkan betina. Di awal musim dingin, berat rakun bisa dua kali lipat dibandingkan di musim semi karena adanya penyimpanan lemak. Rakun liar terbesar yang tercatat memiliki berat 28,4 kg (63 lb) dan panjang total 140 cm (55 in), sejauh ini merupakan ukuran terbesar yang tercatat untuk procyonid.

Ciri fisik rakun yang paling khas adalah area bulu hitam di sekitar matanya, yang sangat kontras dengan warna wajah putih di sekitarnya. Hal ini mengingatkan kita pada " topeng bandit " dan dengan demikian meningkatkan reputasi hewan tersebut sebagai hewan yang nakal. Telinganya yang agak membulat juga dibatasi oleh bulu berwarna putih. Rakun diasumsikan lebih cepat mengenali ekspresi wajah dan postur anggota spesiesnya yang lain karena warna wajah yang mencolok dan lingkaran terang dan gelap yang bergantian di ekornya. Topeng gelap juga dapat mengurangi silau sehingga meningkatkan penglihatan malam hari . Di bagian tubuh yang lain, bulu pelindung yang panjang dan kaku , yang melepaskan kelembapan, biasanya diwarnai dengan warna abu-abu dan, pada tingkat lebih rendah, berwarna coklat. Rakun dengan bulu yang sangat gelap lebih umum ditemukan di populasi Jerman karena individu dengan warna seperti itu termasuk di antara rakun yang pertama kali dilepasliarkan ke alam liar. Bulu bagian bawah yang lebat , yang mencakup hampir 90% bulu, berfungsi sebagai insulasi terhadap cuaca dingin dan terdiri dari bulu sepanjang 2 hingga 3 cm (0,79 hingga 1,18 inci).

Rakun, yang cara geraknya biasanya dianggap plantigrada, dapat berdiri dengan kaki belakangnya untuk memeriksa benda dengan cakar depannya. Karena rakun memiliki kaki yang pendek dibandingkan dengan tubuhnya yang kompak, mereka biasanya tidak dapat berlari cepat atau melompat dalam jarak yang jauh. Kecepatan tertinggi mereka dalam jarak pendek adalah 16 hingga 24 km/jam (9,9 hingga 14,9 mph). Rakun dapat berenang dengan kecepatan rata-rata sekitar 5 km/jam (3,1 mph) dan dapat bertahan di dalam air selama beberapa jam. Untuk memanjat pohon dengan kepala lebih dulu—suatu kemampuan yang tidak biasa bagi mamalia seukurannya—rakun memutar kaki belakangnya sehingga mengarah ke belakang. Rakun memiliki sistem pendingin ganda untuk mengatur suhunya ; artinya, mereka bisa berkeringat dan terengah-engah untuk menghilangkan panas.

Indra[sunting | sunting sumber]

Indra yang paling penting bagi rakun adalah indra perabanya . Cakar depan yang "hiper sensitif" dilindungi oleh lapisan tanduk tipis yang menjadi lentur saat basah. Kelima jari kakinya tidak memiliki jaring di antara keduanya, hal ini tidak biasa bagi karnivora . Hampir dua pertiga area yang bertanggung jawab atas persepsi sensorik di korteks serebral rakun dikhususkan untuk interpretasi impuls sentuhan, lebih banyak dibandingkan hewan lain yang diteliti. Mereka mampu mengidentifikasi objek sebelum menyentuhnya dengan vibrissae yang terletak di atas cakarnya yang tajam dan tidak dapat ditarik .Cakar rakun tidak memiliki jempol yang berlawanan ; dengan demikian, ia tidak memiliki kelincahan tangan primata . Tidak ada efek negatif yang diamati pada persepsi sentuhan ketika rakun berdiri di air di bawah 10 °C (50 °F) selama berjam-jam.

Kecerdasan[sunting | sunting sumber]

Ahli zoologi Clinton Hart Merriam menggambarkan rakun sebagai "binatang pintar", dan "dalam arah tertentu kelicikan mereka melebihi kelicikan rubah". Kecerdasan hewan tersebut memunculkan julukan "sly coon". Hanya sedikit penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan mental rakun, sebagian besar didasarkan pada indra peraba hewan tersebut. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli etologi HB Davis pada tahun 1908, rakun mampu membuka 11 dari 13 kunci kompleks dalam waktu kurang dari 10 kali percobaan dan tidak mengalami masalah dalam mengulangi tindakan tersebut ketika kunci tersebut diatur ulang atau dibalik. Davis menyimpulkan bahwa mereka memahami prinsip abstrak mekanisme penguncian dan kecepatan belajar mereka setara dengan kera rhesus.

Studi pada tahun 1963, 1973, 1975 dan 1992 yang berfokus pada memori rakun menunjukkan bahwa mereka dapat mengingat solusi tugas setidaknya selama tiga tahun. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh B. Pohl pada tahun 1992, rakun dapat langsung membedakan antara simbol yang identik dan berbeda tiga tahun setelah fase pembelajaran awal yang singkat. Stanislas Dehaene melaporkan dalam bukunya The Number Sense bahwa rakun dapat membedakan kotak berisi dua atau empat buah anggur dari kotak berisi tiga buah anggur. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Suzana Herculano-Houzel dan ahli saraf lainnya , rakun ditemukan sebanding dengan primata dalam hal kepadatan neuron di korteks serebral , yang mereka usulkan sebagai indikator kecerdasan neuroanatomi

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Perilaku sosial[sunting | sunting sumber]

Studi pada tahun 1990-an oleh ahli etologi Stanley D. Gehrt dan Ulf Hohmann menunjukkan bahwa rakun terlibat dalam perilaku sosial spesifik jenis kelamin dan biasanya tidak menyendiri, seperti yang diperkirakan sebelumnya. Betina yang berkerabat sering kali hidup dalam apa yang disebut " masyarakat fisi-fusi "; artinya, mereka berbagi tempat yang sama dan kadang-kadang bertemu di tempat makan atau tempat peristirahatan. Pejantan yang tidak berkerabat sering kali membentuk kelompok sosial pejantan yang longgar untuk mempertahankan posisi mereka melawan pejantan asing selama musim kawin —atau melawan calon penyerbu lainnya. Kelompok seperti itu biasanya tidak terdiri lebih dari empat ekor. Karena beberapa pejantan menunjukkan perilaku agresif terhadap anak-anak yang tidak berkerabat, induknya akan mengisolasi diri dari rakun lain hingga anak-anaknya cukup besar untuk mempertahankan diri.

Pola makan[sunting | sunting sumber]

Meskipun biasanya aktif di malam hari, rakun terkadang aktif di siang hari untuk memanfaatkan sumber makanan yang tersedia. Makanannya terdiri dari sekitar 40% invertebrata , 33% bahan tumbuhan , dan 27% vertebrata . Karena makanannya terdiri dari berbagai jenis makanan, Zeveloff berpendapat bahwa rakun "mungkin merupakan salah satu hewan paling omnivora di dunia". Meskipun makanannya di musim semi dan awal musim panas sebagian besar terdiri dari serangga, cacing, dan hewan lain yang sudah tersedia di awal tahun, ia lebih menyukai buah-buahan dan kacang-kacangan, seperti biji pohon pasang dan kenari , yang muncul di akhir musim panas dan musim gugur, dan mewakili sumber kaya kalori untuk membangun lemak yang dibutuhkan untuk musim dingin

Berlawanan dengan kepercayaan umum, rakun hanya sesekali memakan mangsa aktif atau besar, seperti burung dan mamalia . Mereka lebih menyukai mangsa yang lebih mudah ditangkap, khususnya udang karang , serangga , ikan , amfibi , dan telur burung. Rakun adalah predator ganas terhadap telur dan tukik di sarang burung dan reptil , sehingga, untuk spesies mangsa yang terancam, rakun mungkin perlu dikeluarkan dari area tersebut atau sarangnya mungkin perlu direlokasi untuk mengurangi dampak dari ancaman tersebut. predator mereka (yaitu dalam kasus beberapa penyu yang terancam punah secara global ). Saat makanan berlimpah, rakun dapat mengembangkan preferensi individu yang kuat terhadap makanan tertentu. Di bagian utara wilayah jelajahnya, rakun beristirahat di musim dingin , mengurangi aktivitas mereka secara drastis selama lapisan salju permanen membuat pencarian makanan menjadi sulit.

Perilaku memcuci makanan[sunting | sunting sumber]

Salah satu aspek perilaku rakun sangat terkenal sehingga memberi nama ilmiah pada hewan tersebut, Procyon lotor ; lotor adalah bahasa Latin untuk 'pencuci piring'. Di alam liar, rakun sering mencoba mencari makanan di bawah air di dekat garis pantai. Mereka kemudian sering mengambil makanan tersebut dengan kaki depannya untuk memeriksanya dan menggosoknya, terkadang untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan. Hal ini memberikan kesan seperti rakun yang sedang "mencuci" makanan. Sensitivitas sentuhan kaki rakun meningkat jika tindakan menggosok ini dilakukan di bawah air, karena air melembutkan lapisan keras yang menutupi cakarnya. Namun, perilaku yang diamati pada rakun penangkaran di mana mereka membawa makanannya ke air untuk "mencuci" atau menyiramnya sebelum makan belum pernah diamati di alam liar. Naturalis Georges-Louis Leclerc, Comte de Buffon , percaya bahwa rakun tidak memiliki produksi air liur yang cukup untuk melembabkan makanan sehingga memerlukan penyiraman, tetapi hipotesis ini sekarang dianggap tidak benar. Rakun yang ditangkap lebih sering membasuh kanannya jika lubang air dengan tata letak mirip sungai tidak lebih dari 3 m (10 kaki). Teori yang diterima secara luas adalah bahwa menyiram rakun yang ditangkap adalah pola tindakan tetap dari perilaku mencoba-coba yang dilakukan saat mencari makan di pantai untuk mencari makanan air. Hal ini didukung oleh pengamatan bahwa makanan air lebih sering disiram. Membersihkan makanan kotor sepertinya tidak menjadi alasan untuk “mencuci”

Perkembangbiakan[sunting | sunting sumber]

Rakun biasanya kawin dalam periode yang dipicu oleh meningkatnya cahaya matahari antara akhir Januari dan pertengahan Maret. Namun, terdapat perbedaan regional yang besar yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan oleh kondisi matahari. Misalnya, meskipun rakun di negara bagian selatan biasanya kawin lebih lambat dari rata-rata, musim kawin di Manitoba juga mencapai puncaknya lebih lambat dari biasanya pada bulan Maret dan berlangsung hingga Juni. Selama musim kawin, pejantan dengan gelisah menjelajahi wilayah jelajahnya untuk mencari betina dalam upaya merayu mereka selama periode tiga hingga empat hari ketika pembuahan memungkinkan. Pertemuan-pertemuan ini sering terjadi di tempat-tempat pertemuan pusat. Persetubuhan , termasuk foreplay, bisa berlangsung lebih dari satu jam dan diulangi selama beberapa malam. Anggota kelompok sosial pejantan yang lebih lemah juga diasumsikan mendapat kesempatan untuk kawin, karena anggota yang lebih kuat tidak dapat kawin dengan semua perempuan yang ada. Dalam sebuah penelitian di Texas bagian selatan selama musim kawin dari tahun 1990 hingga 1992, sekitar sepertiga betina kawin dengan lebih dari satu jantan. Jika betina tidak hamil atau kehilangan alat reproduksinya lebih awal, terkadang ia akan subur kembali 80 hingga 140 hari kemudian.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Meskipun mereka berkembangbiak pesat di kawasan yang jarang berhutan dalam beberapa dekade terakhir, rakun bergantung pada bangunan vertikal untuk memanjat ketika mereka merasa terancam. Oleh karena itu, mereka menghindari medan terbuka dan area dengan konsentrasi pohon bewuk yang tinggi , karena kulit pohon beech terlalu halus untuk dipanjat. Lubang pohon di pohon pasang tua atau pohon lain dan celah batu lebih disukai rakun sebagai tempat tidur, musim dingin, dan sarang sampah. Jika sarang tersebut tidak tersedia atau sulit diakses, rakun menggunakan liang yang digali mamalia lain, semak belukar yang lebat , atau celah pohon. Dalam sebuah penelitian di perbukitan Solling di Jerman, lebih dari 60% dari semua tempat tidur hanya digunakan satu kali, namun yang digunakan setidaknya sepuluh kali menyumbang sekitar 70% dari seluruh penggunaan. Karena amfibi, krustasea , dan hewan lain di sekitar tepi danau dan sungai merupakan bagian penting dari makanan rakun, hutan gugur atau hutan campuran dataran rendah yang berlimpah air dan rawa-rawa menopang kepadatan populasi tertinggi. Meskipun kepadatan populasi berkisar antara 0,5 hingga 3,2 hewan per kilometer persegi (1,3 hingga 8,3 hewan per mil persegi) di padang rumput dan biasanya tidak melebihi 6 hewan per kilometer persegi (15,5 hewan per mil persegi) di hutan kayu keras dataran tinggi , lebih dari 20 rakun per kilometer persegi (51,8 hewan per mil persegi) dapat hidup di hutan dataran rendah dan rawa.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Timm, R., Cuarón, A.D., Reid, F. & Helgen, K. (2008). "Procyon lotor". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2008. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 22 March 2009.  Database entry includes a brief justification of why this species is of least concern
  2. ^ Hohmann, pp. 71–72

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]