Kaiser

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kaiser Kekaisaran Austria, Franz I (1804–1835)

Kaiser adalah kata dalam bahasa Jerman yang berarti "kaisar". Seperti bahasa Bulgaria, bahasa Serbia dan bahasa Rusia untuk kata Tsar, kata ini secara langsung berasal dari kata Caesar pada zaman Kaisar Romawi, yang kemudian berasal dan menjadi nama pribadi Yulii Kaisaris, cabang dari' 'gens' '(klan) Yulia, tempat Yulius Kaisar, leluhur Dinasti Yulio-Klaudianus, berasal. Secara umum gelar Jerman hanya digunakan untuk penguasa di atas pangkat raja (König dalam bahasa Jerman).

Meskipun para raja Inggris menggunakan gelar "Kaisar atau Maharani India" atau disebut juga "Kaisar-i-Hind" dalam bahasa Hindi dan bahasa Urdu, kata ini meskipun pada akhirnya berasal dari bahasa Latin yang sama, berasal dari bahasa Yunani: Καῖσαρ (kaisar), bukan kata Kaiser dalam bahasa Jerman yang berasal dari Romawi.[1]

Dalam bahasa Inggris, istilah "Kaiser" biasanya digunakan untuk kaisar Kekaisaran Jerman dan Kekaisaran Austria. Selama Perang Dunia Pertama, sentimen anti-Jerman berada pada puncaknya; istilah atau gelar Kaiser - seperti Wilhelm II, Kaisar Jerman - berkonotasi negatif di negara-negara berbahasa Inggris. Akan tetapi gelar ini tetap memiliki penghormatan historis yang tinggi di wilayah berbahasa Jerman.

Referensi[sunting | sunting sumber]