Kacang kelelawar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kacang kelelawar
Trapa

Trapa natans
Tumbuhan
Jenis buahbuah berbiji
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladmalvids
OrdoMyrtales
FamiliTrapaceae
GenusTrapa
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomiTrapa natans
Species

Kaltrop air atau kacang kelelawar dalah salah satu dari tiga spesies genus Trapa yang masih ada: Trapa natans, Trapa bicornis, dan Trapa rossica yang terancam punah. Ia juga dikenal sebagai kacang kerbau, kacang kelelawar, buah setan, kacang ling, kacang kumis, kacang singhara atau kastanye air .[1]

Spesies ini adalah tumbuhan air tahunan terapung, tumbuh di air tawar yang bergerak lambat hingga kedalaman 5 meter (16 kaki), berasal dari daerah beriklim hangat di Eurasia dan Afrika. Mereka menghasilkan buah-buahan yang berbentuk hiasan, seperti pada T. bicornis menyerupai kepala banteng atau siluet kelelawar terbang. Setiap buah mengandung satu biji bertepung yang sangat besar. T. natans dan T. bicornis telah dibudidayakan di Cina dan anak benua India untuk diambil bijinya yang dapat dimakan setidaknya selama 3.000 tahun.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Roset daun kacang kelelawar

Kacang kelelawar yang terendam mencapai panjang 3,7 hingga 4,6 meter (12 hingga 15 kaki), tertancap di lumpur dengan akar yang sangat halus. Ia mempunyai dua jenis daun : daun yang terendam halus, seperti bulu yang terendam di sepanjang batang, dan daun terapung yang tidak terbagi yang tumbuh dalam roset di permukaan air. Daun yang mengambang memiliki tepi bergigi gergaji dan berbentuk bulat telur atau segitiga,2–3 sentimeter (341+14 inci)Panjang , pada tangkai daun yang menggembung5–9 cm (2–3+12 in) panjang, yang memberikan daya apung tambahan pada bagian yang berdaun. Bunga putih berkelopak empat terbentuk di awal musim panas dan diserbuki oleh serangga . [ kutipan diperlukan ] Buahnya berupa kacang dengan empat1 cm (12 in) duri berduri. Benih dapat bertahan hingga 12 tahun, meskipun sebagian besar berkecambah dalam dua tahun pertama.

Tumbuhan ini menyebar melalui mawar dan buah yang terlepas dari batangnya dan mengapung ke daerah lain mengikuti arus atau melalui buah yang menempel pada benda, dan hewan.

Eleocharis dulcis yang tidak berkerabat juga disebut kastanye air.[2] Eleocharis juga merupakan tanaman air yang dibudidayakan untuk dimakan sejak zaman kuno di Tiongkok. E. dulcis adalah alang-alang, umbinya yang bulat dan berdaging renyah biasa ditemukan dalam makanan Cina .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Investigasi terhadap bahan arkeologi dari Jerman bagian selatan menunjukkan bahwa populasi prasejarah di wilayah tersebut mungkin sangat bergantung pada kacang kelelawar liar untuk melengkapi makanan normal mereka dan, pada saat gagal panen serealia, kacang kelelawar bahkan mungkin menjadi komponen makanan utama. [3] Saat ini, kacang kelelawar sangat langka di Jerman sehingga terdaftar sebagai spesies yang terancam punah.[4]

Kacang kelelawar telah menjadi makanan penting untuk ibadah sebagai persembahan doa sejak Dinasti Zhou Tiongkok. Ritus Zhou (abad kedua SM) menyebutkan bahwa seorang jamaah "harus menggunakan keranjang bambu yang berisi kacang kelelawar kering, benih Euryale ferox dan galtrop " (加籩之實,菱芡栗脯). Ringkasan Pengobatan Herbal Tiongkok (本草備要 diterbitkan pada tahun 1694, ditulis oleh Wang Ang 汪昂) menyatakan bahwa kacang kelelawar dapat membantu demam dan mabuk.

Di India dan Pakistan, dikenal sebagai singhara atau paniphal (India timur) dan banyak dibudidayakan di danau air tawar. Buahnya dimakan mentah atau direbus. Setelah buahnya dikeringkan, buah tersebut digiling menjadi tepung yang disebut singhare ka atta, digunakan dalam banyak ritual keagamaan, dan dapat dikonsumsi sebagai phalahar (diet buah) pada hari puasa Hindu, navratas .[5]

Kacang kelelawar dapat dibeli di pasar seluruh Eropa hingga tahun 1880. Di Italia utara, kacang-kacangan ditawarkan dengan cara dipanggang, seperti halnya kacang kastanye manis ( Castanea sativa ) yang masih dijual hingga saat ini. Di banyak wilayah Eropa, kacang kelelawar dikenal dan digunakan sebagai makanan manusia hingga awal abad ke-20. Namun saat ini, tanaman ini merupakan tanaman langka di Eropa. Ada beberapa alasan mengapa spesies ini hampir punah, seperti fluktuasi iklim, perubahan kandungan nutrisi di badan air, dan drainase di banyak lahan basah, kolam, dan danau. [6]

Kacang kelelawar telah dinyatakan sebagai spesies invasif dari Vermont hingga Virginia, dan diklasifikasikan sebagai gulma berbahaya di Florida, North Carolina, dan Washington .[7] Pada tahun 2020, baik T. natans dan T. bicornis dilaporkan tumbuh liar di perairan Amerika Serikat. [8]

Di Australia dan negara bagian New South Wales, kacang kelelawar telah dinyatakan sebagai gulma berbahaya.[butuh rujukan]</link>[ <span title="This claim needs references to reliable sources. (May 2021)">kutipan diperlukan</span> ]

Berperan dalam penularan faskiolopsiasis[sunting | sunting sumber]

Faskiolopsiasis adalah penyakit akibat infeksi trematoda Faskiolopsis buski, cacing usus manusia, endemik di Tiongkok, Taiwan, Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, dan India; kebetulan ini dapat ditularkan melalui permukaan tanaman ini dan tanaman air lainnya.

Selama tahap metaserkarial dalam siklus hidupnya, larva cacing meninggalkan inang siput airnya, dan berenang menjauh membentuk kista di permukaan tanaman air, termasuk daun dan buah kacang kelelawar. Jika tanaman air yang terinfeksi dikonsumsi mentah atau setengah matang, cacing tersebut dapat menginfeksi babi, manusia, dan hewan lainnya.[butuh rujukan]</link>[ <span title="This claim needs references to reliable sources. (May 2021)">kutipan diperlukan</span> ]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Buahnya bisa dimakan mentah atau dimasak, dan bijinya juga bisa dimakan.[9] Itu juga dimakan pada kesempatan Festival Pertengahan Musim Gugur di Sinosphere .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "M.M.P.N.D. - Sorting Trapa names". www.plantnames.unimelb.edu.au. Diakses tanggal 24 August 2022. Generally there is a lot of confusion throughout the world about the vegetable called "water chestnut". The first confusion is between the European Trapa and the Chinese Eleocharis. Then people get lost within each of those genera because common names have never been properly matched to stabilised botanical names. 
  2. ^ "M.M.P.N.D. - Sorting Eleocharis names". www.plantnames.unimelb.edu.au. Diakses tanggal 24 August 2022. 
  3. ^ Karg, S. 2006. The water caltrop (Trapa natans L.) as a food resource during the 4th to 1st millennia BC at Lake Federsee, Bad Buchau (southern Germany). Environmental Archaeology 11 (1): 125–130.
  4. ^ de:Wassernuss
  5. ^ "Tips To A Healthy 'Navratra'". The Times Of India. 
  6. ^ Karg, S. 2006. The water caltrop (Trapa natans L.) as a food resource during the 4th to 1st millennia BC at Lake Federsee, Bad Buchau (southern Germany). Environmental Archaeology 11 (1): 125–130.
  7. ^ "USDA Plants Database". 
  8. ^ Cox, Jeremy (July 27, 2020). "Invasive water plant poised to overwhelm Potomac watershed". Bay Journal. Diakses tanggal July 29, 2020. 
  9. ^ The Complete Guide to Edible Wild Plants (dalam bahasa Inggris). United States Department of the Army. New York: Skyhorse Publishing. 2009. hlm. 108. ISBN 978-1-60239-692-0. OCLC 277203364.