Johanis Hermanus Manuhutu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Johanis Hermanus Manuhutu
Presiden Republik Maluku Selatan ke-1
Masa jabatan
25 April 1950 – 3 Mei 1950
Perdana MenteriAlbert Wairisal
PendahuluTidak ada, Jabatan baru
PenggantiChristiaan Robbert Steven Soumokil
Informasi pribadi
Lahir(1908-04-09)9 April 1908
Bendera Belanda Haria, Saparua, Maluku Tengah, Maluku
Meninggal dunia22 Agustus 1984(1984-08-22) (umur 76)[butuh rujukan]
Bendera Indonesia Haria, Saparua, Maluku Tengah, Maluku

Johanis Hermanus Manuhutu[1] (lahir di Haria, Saparua, Maluku Tengah, Maluku, 9 April 1908 – meninggal di Haria, Saparua, Maluku Tengah, Maluku, 22 Agustus 1984 pada umur 76 tahun[butuh rujukan]) adalah Presiden pertama Republik Maluku Selatan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Manuhutu menghadiri MULO di Ambon dan Sekolah Pelatihan untuk Petugas Darat (OSVIA) di Makassar. Dari tahun 1929 ia bekerja di Dinas Administrasi Pedalaman di Ambon. Kemudian ia dipindahkan ke Jawa di mana ia mengalami pendudukan Jepang selama Perang Dunia II.

Setelah perang itu ia, antara lain, kepala Daerah (provinsi) Maluku Selatan (sub) negara bagian Indonesia Timur selama Republik Indonesia Serikat . Sebagai tanggapan terhadap upaya pemerintah untuk sentralisasi di Jakarta, inisiatif diambil untuk membuat Daerah Maluku Selatan meninggalkan federasi. Pada tanggal 25 April 1950, atas inisiatif Chris Soumokil dan Johan Manusama independen Republik Maluku Selatan (Republik Maluku Selatan) dinyatakan oleh deklarasi yang ditandatangani oleh Manuhutu dan Albert Wairisal. Manuhutu ditunjuk sebagai presiden dan Waisiral menjadi perdana menteri. Pada 3 Mei 1950 Chris Soumokil menggantikannya sebagai presiden.

Pada awal tahun 1952, Manuhutu dipenjarakan oleh tentara Indonesia dalam operasi di Seram, dan dia dijatuhi hukuman lima tahun penjara oleh pengadilan militer pada bulan Juni 1955. Dia menyatakan bahwa pada saat itu dia telah mengeluarkan proklamasi di bawah tekanan berat dari personil militer. Pada bulan Agustus tahun itu dia mendapat pengampunan dan dibebaskan secara efektif setelah tiga setengah tahun dipenjara. Kemudian dia pergi untuk tinggal bersama istri dan saudara lelakinya di lingkungan Jakarta di mana dia bekerja untuk perusahaan pelayaran. Ia mendamaikan dirinya dengan pihak berwenang Indonesia dan pada tahun 1970 ia mungkin terlibat dalam pembicaraan tentang kemungkinan kembalinya orang Ambon dari Belanda.

Manuhutu menikah dan memiliki tujuh anak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Tidak ada, Jabatan baru
Presiden Republik Maluku Selatan
1950
Diteruskan oleh:
Christiaan Robbert Steven Soumokil