Jilian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jilian (Hanzi: 季連; Pinyin: Jìlián) adalah penguasa pertama tercatat dari negara Tiongkok kuno yang kemudian dikenal sebagai Chu. Dia mengadopsi nama klan Mi () dan pendiri Wangsa Mi yang memerintah Chu selama lebih dari delapan abad.[1]

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Menurut legenda yang tercatat dalam Catatan sejarah agung oleh Sima Qian, Jilian berasal dari Kaisar Kuning yang mistis dan cucunya serta penggantinya Zhuanxu. Cucu Zhuanxu, Wuhui, ditugaskan untuk memadamkan api oleh Kaisar Ku dan diberi gelar Zhurong. Putra Wuhui, Luzhong (陸終) memiliki enam putra, semuanya lahir dengan bedah sesar. Jilian adalah yang termuda dari enam.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Menurut slip bambu Tsinghua, Jilian menikahi Bi Zhui (妣隹), cucu raja Dinasti Shang, Pan Geng. Mereka memiliki dua orang putra: Yingbo dan Yuanzhong (遠仲).[2][3] Namun, Catatan Sejarah Agung mencatat nama putra Jilian sebagai Fuju (附沮).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sima Qian. "楚世家 (House of Chu)". Records of the Grand Historian (dalam bahasa Chinese). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 March 2012. Diakses tanggal 10 April 2012. Pemeliharaan CS1: Bahasa yang tidak diketahui (link)
  2. ^ Ziju (子居). 清华简《楚居》解析 [Analysis of the Tsinghua Bamboo Slips] (dalam bahasa Chinese). jianbo.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 December 2013. Diakses tanggal 10 April 2012. 
  3. ^ Li Xueqin (21 September 2011). 论清华简《楚居》中的古史传说 (dalam bahasa Chinese). Guoxue. Diakses tanggal 10 April 2012. 
Jilian
Gelar kebangsawanan
Jabatan baru Penguasa Chu Diteruskan oleh:
Yingbo