Kaisar Ku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kaisar Ku

(Hanzi Sederhana: ; Hanzi Tradisional: ), biasanya[1] dikenal sebagai Dì Kù (Hanzi Sederhana: ; Hanzi Tradisional: ), atau juga Gaoxin atau Gāoxīn Shì (Tionghoa: ), merupakan (menurut beberapa versi) salah satu dari Lima Kaisar dari Tiga Penguasa dan Lima Kaisar yang merupakan bagian dari Mitologi Tiongkok: beberapa sumber menaruh Ku sebagai figur semi-historis, sedangkan lainnya menganggap Ku sebagai tokoh fantasi mitologi atau keagamaan. Selain daripada keautentikan sejarah dari Ku, berbagai sumber tersebut juga berbeda dalam fokus di cerita-cerita spesifik tentang dia, sehingga menggabungkan elemen-elemen yang ada tentang dia di dalam catatan sejarah menghasilkan sebuah cerita yang bersisi majemuk dan berbeda-beda. Ku, atau Gaoxin, dikenal juga sebagai "Kaisar Putih".

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Garis keturunan Ku diturunkan dari Kaisar Kuning yang legendaris, lalu melalui trah Shaohao (bertolak belakang dengan trah Changyi), yang berujung ke Zhuanxu.[2] Ku adalah anak dari Jiăo Jí (蟜極/蟜极), menjadikan dia sebagai cucu dari Shaohao, dan cicit dari Kaisar Kuning.[3][4][5] Berdasarkan dari tanggal spekulatif yang dihitung setelah 100 SM oleh Liu Xin, Ku diperkirakan memerintah semenjak tahun 2436 SM sampai 2366 SM, meskipun tanggal yang lain juga disebutkan.

Sebagai Kaisar[sunting | sunting sumber]

Setelah dia menjadi seorang kaisar, Ku menambahkan gelar Di, yang berarti "Kaisar", atau "Kaisar-Dewa", didepan namanya. Setelah mendapatkan gelar kekaisaran, Ku dikisahkan berpergian di musim semi dan panas dengan menunggangi seekor naga, dan kuda di musim gugur dan dingin.[6] Selain beberapa hal lainnya, Ku dikisahkan sebagai seorang penemu instrumen musik dan penggubah lagu. Menurut Lüshi Chunqiu, drum, bel, suling, seruling pipa dan okarina semuanya ditemukan atas perintahnya, kepada anak buahnya Yourui; Komposisi lirik dan musik gubahan Ku disusun oleh asistennya yang bernama Xianhei; dan dengan perintah kekaisaran berikutnya, sebuah tarian pengiring diberikan oleh burung phoenix.[7] Meskipun Ku memegang gelar Di, tidak jelas daerah kekuasaan yang dia pegang ada dimana saja. Gelar Di yang sama nantinya digunakan oleh Raja Qin, setelah menaklukkan kerajaan-kerajaan tetangganya dan membentuk mereka menjadi Kekaisaran pertama dalam Sejarah Tiongkok.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wu, 63
  2. ^ Wu, 61
  3. ^ Sima Qian, Records of the Grand Historian First Scroll
  4. ^ Heiner Roetz (1993). Confucian ethics of the axial age: a reconstruction under the aspect of the breakthrough toward postconventional thinking. SUNY Press. hlm. 37. ISBN 0791416496. Diakses tanggal 4-1-2012.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  5. ^ Asiapac Editorial (2006). Great Chinese emperors: tales of wise and benevolent rule (edisi ke-revised). Asiapac Books Pte Ltd. hlm. 10. ISBN 9812294511. Diakses tanggal 4-1-2012.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  6. ^ Yang, 99
  7. ^ Yang, 99

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kaisar Ku
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Zhuanxu
Kaisar Tiongkok
skt. 2436 SM – skt. 2366 SM
Diteruskan oleh:
Zhi