Xiong Che

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Xiong Che
Raja Chu
Berkuasa740–690 SM
Nama lengkap
Nama anumerta
Raja Wu dari Chu

Raja Wu dari Chu (Tionghoa: 楚武王, †690 SM) merupakan raja pertama dari Negara Chu pada zaman musim semi dan gugur di Tiongkok kuno. Dia adalah putra kedua Xiao'ao, dan saudara dari mantan penguasa Fenmao yang konon telah dibunuh pada tahun 740 SM untuk merebut takhta.[A] Dia juga penguasa pertama di antara negara-negara bawahan Zhou yang menamakan dirinya sendiri raja"; Chu adalah salah satu dari beberapa negara di mana para penguasanya menyatakan diri sebagai raja selama zaman musim semi dan gugur. Negara-negara lain termasuk Wu dan Yue.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Raja Wu menikahi seorang putri penguasa Deng yang disebut Deng Man (邓曼) dan menempatkan Dou Bobi (鬬伯比), putra Ruo'ao sebagai Perdana Menteri dan putranya Qu Xia (屈瑕)[B] sebagai Mo'ao[C].

Dengan kekuatan Chu tumbuh dari hari ke hari, Raja Wu menjadi tidak puas dengan gelar Vicomte (子) dan berusaha untuk memperbaiki dirinya. Pada musim panas dari tahun ketigapuluh-tujuh masa pemerintahannya, 704 SM, pada masa Raja Huan dari Zhou, ia mengundang para pemimpin negara vasal lainnya untuk mengadakan pertemuan di Shenlu (沈鹿)[D]. Negara bagian Ba, Pu (濮), Deng, Jiao (绞/絞), Luo (罗/羅), Zhen (轸/軫), Shen, Er (贰/貳), Yun (鄖) dan Jiang (江) semua perwakilan yang dikirim hanya dengan negara-negara Huang dan Sui (随/隨) tidak hadir. Menteri Raja Wu, Wei Zhang (蒍章) dikirim ke Huang untuk mengkritik ketidakhadiran mereka sementara Raja dan Qu Xia memimpin pasukan untuk menyerang Negara Sui.[1] Sui digulingkan di Pertempuran Suqi (速杞之战). Pemimpin negara itu melarikan diri sementara menteri Chu, Dou Dan (鬬丹) merebut kereta milik Markis Sui bersama dengan komandan militer divisi kereta kuda. Setelah itu, Sui tidak bertindak gegabah lagi. Xiong Che menyatakan dirinya "Raja", menandai kemerdekaan resmi Chu dari Dinasti Zhou. Penguasa Chu yang selanjutnya akan menamakan diri mereka sendiri “Raja”, menggembar-gemborkan dimulainya perebutan kekuasaan kerajaan atas supremasi Zhou dan kemerosotan Wangsa Zhou.

Pada tahun 700 SM, tahun keempat puluh dari masa pemerintahannya, tentara Chu mengalahkan Negara Jiao yang kemudian menjadi bawahan Chu. Tahun berikutnya, Raja Wu mengirim putranya, Qu Xia, untuk menyerang Negara Luo. Qu Xiao meremehkan musuh dan terperangkap antara Nomad Lu (卢戎) dan tentara Luo di perbatasan negara. Qu Xia menderita kekalahan besar dan melarikan diri dengan sisa pasukannya ke Huangyu (荒谷)[E] di mana ia gantung diri. Raja Wu bertanggung jawab atas kekalahan dan mengampuni semua prajurit yang tersisa yang telah mengambil bagian dalam pertempuran, meskipun dia sudah memerintahkan amputasi kaki kanan mereka. Pada tahun 690 SM, Raja Wu memimpin pasukannya melakukan ekspedisi hukuman ke Negara Sui. Setelah menyeberangi Sungai Han dan tiba di tepi timur, dia tiba-tiba jatuh sakit. Dia duduk di bawah pohon dan meninggal tidak lama setelah itu. Perdana Menteri Chu, Dou Qi (鬬祁), putra Dou Dan tidak mengadakan pemakaman, tetapi malah memimpin pasukan Chu pada kemajuan ke arah barat seperti yang direncanakan semula. Ketika pasukan Chu tiba di ibu kota Negara Sui, para penguasanya menyerah dan bersumpah setia kepada Chu. Tentara Chu mundur menyeberangi Sungai Han tempat mereka mengadakan pemakaman untuk mendiang raja. Setelah itu, putranya Xiong Zi naik takhta sebagai Raja Wen dari Chu.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zuo Zhuan (左传) (dalam bahasa Chinese).  · Eighth Year of Duke Huan of Lu (鲁桓公八年)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Some sources state that King Wu murdered Xiong Xuan’s son, not his actual brother.
  2. ^ An ancestor of noted Spring and Autumn period poet Qu Yuan.
  3. ^ A senior official in the Chu state government.
  4. ^ East of modern day Zhongxiang City, Hubei Province.
  5. ^ On the border of modern day Jiangling County, Hubei Province
Raja Wu dari Chu
Wafat: 591 SM
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Fenmao
sebagai Vicomte Chu
Raja Chu
740–690 SM
Diteruskan oleh:
Raja Wen dari Chu