Xiong Lü

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Xiong Lü
熊旅
Raja Chu
Berkuasa613–591 SM
PendahuluRaja Mu
PenerusRaja Gong
Wafat591 SM
Nama lengkap
Marga: Mi (芈)
Nama klan: Xiong (熊)
Nama kecil: Lü (旅)
AyahRaja Mu dari Chu
PasanganLady Fan
AnakRaja Gong dari Chu
"Wangzi Wu" Perunggu Ding. Tulisan di dalam dokumen Ding bahwa Pangeran Wu yang memuja leluhurnya dan berdoa untuk anak-anaknya. Wu adalah putra Raja Zhuang.

Raja Zhuang dari Chu (Hanzi: 楚莊王; Pinyin: Chǔ Zhuāng Wáng, bertakhta 613-591 SM) merupakan seorang raja dari Dinasti Zhou Negara Chu selama masa musim semi dan gugur di Tiongkok kuno. Nama pribadinya adalah Xiong Lü (Hanzi: 熊旅; Pinyin: Xióng Lǚ), nama marganya Mi (Hanzi: ; Pinyin: ), dan nama anumertanya adalah Raja Zhuang. Dia adalah salah satu dari lima penguasa yang dijuluki Lima Hegemoni oleh Xunzi dan berusaha merebut kendali Tiongkok dari Raja Ding dari Zhou.[1]

Dia adalah putra Raja Mu dari Chu, Zhuang naik takhta pada tahun 613 SM. Menurut legenda di Catatan Sejarah Agung, selama tiga tahun pertama masa pemerintahannya Zhuang membuang-buang waktu dalam mencari kesenangan, tetapi, ketika ditantang oleh dua orang istana, dia mengubah cara hidupnya.[2]

Raja menjadikan Sunshu Ao sebagai kanselir. Sunshu Ao memulai serangkaian bendungan utama dan waduk besar yang direncanakan di provinsi Anhui utara modern.

Setelah beberapa keberhasilan militer, Raja Zhuang berusaha untuk merebut kekuasaan Raja Ding Zhou. Menurut sebuah cerita yang terkenal, mungkin merupakan penemuan periode negara perang, dia meminta seorang utusan dari Zhou tentang berat dari Jiu Ding yang dimiliki Zhou, sebuah eufemisme untuk mencari kekuatan tertinggi di Tiongkok, tetapi ditolak. Kejadian ini memunculkan chengyu "untuk menanyakan tentang ding di dataran tengah", yaitu untuk memiliki ambisi besar (Hanzi sederhana: 问鼎中原; Hanzi tradisional: 問鼎中原; Pinyin: wèn dǐng zhōngyuán - lihat entri di wiktionary.)[3]

Dalam Pertempuran Bi, pasukannya mengalahkan Negara Jin. Kemajuannya dari wali penguasa malas ke hegemon memunculkan chengyu Tionghoa "memukau [orang lain], dengan satu teriakan" (Hanzi sederhana: 一鸣惊人; Hanzi tradisional: 一鳴驚人; Pinyin: yī míng jīngrén - lihat entri di wiktionary).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zhao, Dingxin (2015). The Confucian-legalist State: A New Theory of Chinese History (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. hlm. 112. ISBN 9780199351732. 
  2. ^ Cook, Constance A.; Major, John S. (2004). Defining Chu: Image And Reality In Ancient China (dalam bahasa Inggris). University of Hawaii Press. hlm. 63. ISBN 9780824829056. 
  3. ^ Cook, Constance A.; Major, John S. (2004). Defining Chu: Image And Reality In Ancient China (dalam bahasa Inggris). University of Hawaii Press. hlm. 63. ISBN 9780824829056. 
Raja Zhuang dari Chu
Wafat: 591 SM
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Raja Mu dari Chu
Raja Chu
613–591 SM
Diteruskan oleh:
Raja Gong dari Chu