Jerren Lim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jerren Lim (lahir: 2 November 1996) adalah seorang advokat kesehatan mental Indonesia. Ia lahir dan besar di Jakarta. Ia dikenal sebagai pemilik platform kesehatan mental ND Talk dan Digital Mental Coach bersama dengan Karin Novilda atau yang kerap disapa Awkarin. Ia juga aktif di media sosial, seperti Instagram, YouTube dan TikTok.[1][2][3]

Jerren Lim
Lahir2 November 1996 (umur 27)
Indonesia Jakarta, Indonesia
KebangsaanIndonesia
AlmamaterDiablo Valley College (2015 - 2017)
University of California, Davis (2017 - 2020)
PekerjaanAdvokat Kesehatan Mental
Selebgram
Tahun aktif2021 - sekarang
Orang tuaLim Dickson (Ayah)
Anida Arifin (Ibu)
KerabatSean Justin Lim (Kakak)
Julius Agus Salim (Kakak)
Situs webwww.jerrenlim.com


Kehidupan Awal dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Jerren Lim menempuh pendidikan dari kelompok bermain hingga lulus SMA di Sekolah Kristen IPEKA, Sunter. Pada tahun 2015, ia pindah ke California, Amerika dan memulai pendidikan diplomanya di Diablo Valley College dengan jurusan Ilmu Biologi dan Ilmu Alam.[4] Pada tahun 2017, ia melanjutkan pendidikan sarjananya di University of California, Davis. Pada mulanya, ia mengambil satu mayor, yakni biokimia dan biologi molekuler, dan dua minor, yakni neurosains dan fisiologi manusia. Akan tetapi, pada tahun 2019, ia mengalami krisis kesehatan mental. Ia mengaku bahwa ia adalah penyintas borderline personality disorder atau gangguan kepribadian ambang, yaitu gangguan mental yang juga dialami oleh Ariel Tatum dan Angelina Jolie. Karena pengalaman pribadinya, ia memutuskan untuk menambah satu jurusan lagi, yakni psikologi, dan menyelesaikannya dalam setahun. Dengan kata lain, ia menyelesaikan 4 jurusan dalam waktu 5 tahun. Tidak berhenti sampai disitu, ia dinobatkan dalam Dean's Honors List pada Winter 2020 karena prestasi akademisnya.[5][6][7]

Karier[sunting | sunting sumber]

Jerren Lim memulai karirnya sebagai influencer pada tahun 2021. Ia awalnya mengunggah video-videonya di YouTube dalam Bahasa Inggris. Sejak tahun 2021 akhir, ia mengatakan dalam media sosialnya bahwa ia ingin memfokuskan dirinya pada audiens Indonesia. Ia akhirnya memulai membuat konten-kontennya dalam Bahasa Indonesia. Ia beberapa kali berkolaborasi dengan beberapa influencer kesehatan mental lainnya, seperti Dr. Jiemi Ardian, Anastasia Satriyo, dan Benny Prawira Siauw.[8][9]

Pada tanggal 18 Februari 2022, Karin Novilda mengumumkan dalam akun Instagram-nya bahwa bersama dengan Jerren Lim, ia akan membuat sebuah platform kesehatan mental bernama DMC Movement, @digitalmentalcoach. Karin dan Jerren memiliki visi dan misi yang mulia, yakni meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan mental karena menurut keduanya masyarakat Indonesia masih menganggap isu tersebut sebelah mata. Pada tanggal 25 Februari 2022, Jerren mengadakan live Instagram bersama dengan Awkarin dan Dr. Jiemi Ardian. Ia mengatakan bahwa ada seorang influencer dengan 11 juta pengikut dan menyandang sarjana psikologi saja pernah menuturkan “kamu tuh cantik, kamu tuh tinggi, badan bagus, kalau kamu depresi tuh kamu menghina tukang martabak di depan rumah saya” kepada seorang penyintas eating disorder dan gangguan depresi dengan gamblang di media. Karena itu, Jerren merasa terpanggil untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kesehatan mental, dan ia mengatakan bahwa ia ingin membuat platform kesehatan mental terbesar di Indonesia. Ia ingin menggabungkan konsep metaverse dengan sistem mental healthcare yang ia pelajari dari Amerika Serikat dalam DMC dalam setahun kedepan.[10][11][12]

Bakat Seni[sunting | sunting sumber]

Selain kecerdasan akademisnya, ternyata Jerren juga memiliki suara yang merdu. Ia adalah murid langsung dari Indra Aziz, yakni pemilik VokalPlus, dan Kezia Sirait, yakni kontestan Indonesian Idol Special Season 2021. Dalam unggahan di akun Instagram-nya, ia pernah membuat beberapa kover lagu. Salah satu kovernya, yakni "Best Part" dari H.E.R. dan Daniel Caesar pernah masuk ke saluran YouTube dari VokalPlus.[13] Ia juga pernah mengkover lagu "Someone You Loved" dari Lewis Capaldi bersama Kezia Sirait. Selain suaranya yang merdu, ia juga pandai melukis. Ia pernah menggambar saudaranya, Samuel Cipta, yang ia unggah ke situs web pribadinya.[14] Pada 21 Juni 2022, Jerren membuat sebuah proyek musik pada Hari Musik Sedunia. Ia menjadi pemimpin proyek, vocal director, beserta vocal arranger dari proyek ini. Artis yang bergabung dalam proyek ini mencakup beberapa kontestan Indonesian Idol, seperti Deven Christiandi Putra, Kezia Sirait, Olivia Pardede, Azhardi Athariq, Kelvin Joshua, Ola Elannor, dan Awdella. Selain Indonesian Idol, dalam proyek ini juga terdapat Allan Anderson kontestan X-Factor Indonesia, Mey Chan eks Duo Maia, Angga Dwi Pratama Next Boy/Girl Band, dan Zahra Amalina, yakni seorang aktris sinetron. Jerren membuat proyek ini dengan adik angkatnya, Dolph Chrestano, yang adalah seorang produser musik dan juga pemilik album Pause. Proyek ini sempat viral dan di-repost oleh seorang pelatih vokal ternama Indra Aziz pada akun Instagramnya, VokalPlus.[15][16]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jerren Lim di Instagram

Jerren Lim di TikTok

Jerren Lim di YouTube

  1. ^ Thabibah, Fauzah (1 Maret 2022). "Bareng Jerren Lim, Awkarin Buat Platform Kesehatan Mental". Urbanasia. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  2. ^ Paramitha, Tasya (26 Februari 2022). "Bentuk Kepedulin Awkarin Terhadap Isu Kesehatan Mental". Viva. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  3. ^ Stiani, Neri (28 Februari 2022). "Pernah Akui Idap Bipolar, Awkarin Buat Platform Tentang Kesehatan Mental". Priangan Timur News. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  4. ^ Lim, Jerren. "Jerren Lim". LinkedIn. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  5. ^ "Berawal Dari Sekedar Obrolan, Awkarin dan Jerren Lim Hadirkan Digital Mental Coach Untuk Masyarakat Indonesia". KapanLagi. 28 Februari 2022. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  6. ^ Alamsyah, Fauzi (26 Februari 2022). "Punya Tujuan Mulia, Awkarin Buat Platform Kesehatan Mental". Tribunnews. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  7. ^ Anggraini, Pingkan (27 Februari 2022). "Awkarin Buat Platform Tentang Kesehatan Mental, Ini Alasannya". Detik. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  8. ^ "Influencer Awkarin dan Jerren Lim Siap Buat Platform Digital Kesehatan Mental". Media Indonesia. 1 Maret 2022. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  9. ^ Wijayaka, Bernadus (1 Maret 2022). "Awkarin dan Jerren Lim Akan Buat Platform Kesehatan Mental". Berita Satu. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  10. ^ "Peduli Kesehatan Mental, Awkarin dan Jerren Lim Mau Bikin Platform Khusus". Indozone. 28 Februari 2022. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  11. ^ Mecadinisa, Nabila (1 Maret 2022). "Sadar akan Jiwa yang Sehat, Awkarin dan Jerren Lim akan Luncurkan Platform Kesehatan Mental". Fimela. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  12. ^ Febrinastri, Fabiola (1 Maret 2022). "Awkarin dan Jerren Lim Hadirkan DMC Movement untuk Edukasi Masyarakat tentang Kesadaran Mental". Suara. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  13. ^ Aziz, Indra (22 Oktober 2021). "Guru Vokal Profesional Menilai Coveran Orang di IG". YouTube. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  14. ^ Bean, Inilah (28 Februari 2022). "Tak Hanya Genius, Jerren Lim si Advokat Kesehatan Mental Gemoy yang Digandeng Awkarin Seorang Penyanyi dan Penggambar". Kompasiana. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  15. ^ Aldida, Vania (2022-06-24). "Jerren Lim Kampanyekan Pentingnya Kesehatan Mental di Hari Musik Sedunia". okcelebrity. 
  16. ^ Rismoyo, Mauludi (2022-06-23). "Jerren Lim Buat Proyek Spesial di Hari Musik Sedunia, Ingatkan Pentingnya Kesehatan Mental". DetikHot.