Jenderal Tapioca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jenderal Tapioca
Comic image missing.svg
Jenderal Tapioca karya dari Hergé
Informasi Umum
PenerbitBendera Belgia Casterman
Bendera Indonesia Indira, Gramedia
PenciptaHergé

Jenderal Tapioca adalah salah satu tokoh fiksi dari serial Petualangan Tintin - buku-buku komik klasik yang digambar dan ditulis oleh Hergé. Ia adalah musuh utama teman Tintin, Jenderal Alcazar.

Ia dan Alcazar adalah sama-sama jenderal dalam angkatan bersenjata sebuah negara Republik Amerika Selatan fiktif bernama San Theodoros. Keduanya sama-sama mengaku bahwa diri mereka adalah penguasa diktator negara tersebut secara lucu berkali-kali.

Nama Tapioca pertama kali disebut, tetapi tak terlihat, dalam seri Patung Kuping Belah. Tintin tiba di San Theodoros di mana tidak lama kemudian musuh-musuhnya menjebaknya dengan tuduhan terorisme. Tintin dijatuhi hukuman tembak dengan alasan bahwa ia berencana memberontak melawan Tapioca yang sedang berkuasa waktu itu.

Pada saat hukuman mati akan dilaksanakan, terdengar berita bahwa Tapioca telah digulingkan. Para tentara yang sedianya menjadi juru tembak menyatakan dukungannya pada Alcazar, dan memberitahu Tintin bahwa ia bebas pergi. Namun, ternyata Tapioca masih berkuasa dan para tentara tersebut menyatakan kembali dukungannya pada Tapioca serta memberitahu Tintin lagi bahwa ia akan tetap dihukum mati. Ketika hukuman ini akan dilangsungkan, para pemberontak yang mendukung Alcazar akhirnya benar-benar menggulingkan Tapioca.

Jenderal Alcazar menjadi penguasa negara tersebut sepanjang seri Patung Kuping Belah kemudian, tetapi Tapioca berhasil merebut kembali kekuasaannya di beberapa kesempatan seperti yang tampak dalam pengucilan Alcazar dalam seri Tujuh Bola Ajaib dan Hiu-Hiu Laut Merah. Dalam seri-seri yang muncul kemudian, Alcazar disebutkan dalam sebuah artikel surat kabar sebagai diktator San Theodoros lagi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]