Hergé's Adventures of Tintin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hergé's Adventures of Tintin adalah sebuah film animasi yang mengacu pada komik terkenal karangan dari Hergé, Petualangan Tintin. Serial ini dibuat oleh Belvision bekerjasama dengan aired pada tahun 1959 hingga 1964, di mana telah dihasilkan 104 episode yang masing-masing berdurasi selama 5 menit. Film ini diadaptasi oleh Charles Shows yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Prancis oleh Greg, editor dari majalan Tintin. Hingga tahun 2021 ini, film serial ini tidak pernah lagi disiarkan di semua stasiun TV di seluruh dunia.

Perbandingannya dengan versi bukunya[sunting | sunting sumber]

Film ini sangat berbeda dengan buku komik aslinya, yang kadang-kadang bahkan mengubah semua alur cerita yang telah dikenal selama ini. Sebagai contoh, jikalau dalam buku episode Petualangan di Bulan, Tintin pergi ke bulan dalam rangka melakukan penelitian ilmiah, maka di film ini berubah menjadi "Objective Moon Espionage", di mana ia menyelamatkan Milo yang sedang terperangkap di dalam roket percobaan berwarna putih. Ada beberapa contoh lagi dimana Kapten Haddock & Profesor Lionel Lakmus muncul dalam serial film "Black Island" padahal di buku aslinya Pulau Hitam, Tintin jelas belum mengenal mereka sehingga keduanya tidak ada di dalam buku komik aslinya dan juga dalam serial ini, Ranko sama sekali tidak terjatuh dari tangga kastil hingga lengannya patah tetapi justru ketakutan oleh Milo dan membantu Kapten Haddock turun dari helikopter polisi. Kemudian di buku episode Kepiting Bercapit Emas yang sebenarnya merupakan pertemuan pertama Tintin dan Kapten Haddock. Namun di serial film ini, keduanya terlihat sudah saling mengenal. Juga di serial ini, berlian yang diselundupkan ke dalam kaleng kepiting yang diangkut oleh kapal "Karaboudjan" bukan opium seperti di buku aslinya. Bahkan kapal itu sempat berubah nama menjadi "Tangiers" bukannya "Djebel Amilah" seperti di buku sebenarnya. Pada serial episode Bintang Misterius, Dupont dan Dupond ikut serta dalam ekspedisi ke Laut Arktik, padahal mereka hanya muncul dalam 1 panel di buku komik asli. Selain itu, di Rahasia Unicorn, Puri Moulinsart yang merupakan rumah Tintin dan Kapten Haddock berubah nama menjadi "Hudson Manor".di serial ini. Kemudian dalam serial cerita Harta Karun Rackham Merah, Tintin dan Kapten Haddock sudah mengenal Profesor Lakmus dan Max Bird yang kabur dari penjara, diam-diam ikut serta dalam ekspedisi menemukan harta karun Rackham Merah dan sempat menyerang Tintin di bawah laut sebelum akhirnya nyaris tewas diterjang oleh gurita. Serial cerita Penculikan Lakmus adalah satu-satunya cerita yang paling banyak diubah dalam serial ini dibandingkan yang lainnya. Banyak dari penggemar Tintin (Tintinologists) lebih menyukai serial televisi yang mengambil cerita persis sama dengan yang ada di bukunya.

Perubahan besar tokoh-tokoh utama juga terjadi di serial ini. Tintin misalnya, dia tinggal di New York, Amerika Serikat bukan di kampung halamannya, Brussels seperti kisah sebenarnya. Kapten Haddock tidak minum wiski ataupun minum minuman keras lainnya seperti di buku komik aslinya tetapi meminum kopi dan juga sempat dibius narkoba di serial "The Crab With The Golden Claws". Meskipun demikian, dia masih terlihat merokok dengan pipa di serial "Objective Moon". Profesor Lakmus tidak memiliki masalah pendengaran di serial ini. Dupont dan Dupond adalah saudara kembar dan kumis mereka terlihat sama. Milo memiliki kerah merah di beberapa versi serial ini.

Beberapa tokoh-tokoh lainnya yang sebenarnya muncul di buku komik aslinya juga ada yang dihilangkan, diganti, diubah namanya ataupun digambarkan berbeda dalam serial ini. Misalnya Dr. Muller yang digambarkan seperti kakek-kakek pada umumnya yaitu berambut putih, berjenggot putih dan terlihat lebih tua di serial "Black Island". Selain itu, di serial "The Crab With The Golden Claws", Bunji Kuraki dan Jumbo (anak buah mualim Allan di kapal Karaboudjan) tidak hadir dalam serial ini. Kemudian di serial "The Star of Mystery (The Shooting Star)", Profesor Phostle digantikan oleh Profesor Lakmus, Kapten Chester (teman Kapten Haddock saat melaut) dan Profesor Paul Cantonneau dihilangkan dalam serial ini. Pada serial "The Secret of Unicorn", Barnaby dan Ivan Ivanovitch Sakharine dihapus dan kolektor dompet, Aristide Filoselle berubah nama menjadi "Herbert Knill". Terakhir di serial "The Calculus Case", Pietro Maxx tidak muncul dalam serial ini, Profesor Alfredo Topolino dan Kolonel Sponsz masing-masing berubah nama menjadi "Professor Bretzel" dan "Colonel Brutel"

Penyiaran dan Penerbitan[sunting | sunting sumber]

Serial ini pernah diputar secara berulang-ulang di Amerika sejak tahun 1963 hingga tahun 1971. Pernah juga dibuat beberapa dalam bentuk format video yang dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Prancis. Dari data yang ada versi ini tidak pernah dibuat dalam format DVD, walaupun film yang berjudul "The Calculus Case" pernah diedarkan dalam format DVD sebagai satu buah film panjang.

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Dal McKennon - Tintin, Profesor Lakmus Paul Frees - Kapten Haddock, Dupont dan Dupond

Episode[sunting | sunting sumber]

Objective Moon Espionage The Crab with the Golden Claws The Secret of the Unicorn Red Rackham's Treasure The Shooting Star The Black Island The Calculus Case The Calculus Case pernah dibuat ulang menjadi suatu film panjang namun hanya ada dalam versi yang berbahasa Inggris dan diedarkan hanya di United Kingdom. Dia juga pernah ditayangkan di Inggris di saluran Channel 5.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]