Roberto Rastapopoulos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Rastapopoulos)
Langsung ke: navigasi, cari
Rastapopoulos
Rastapopoulos.jpg

Informasi Umum
Penerbit Bendera Belgia Casterman
Bendera Indonesia Indira, Gramedia
Muncul pertama kali di Tintin di Amerika
Pencipta Hergé
Informasi tentangnya dalam cerita
Nama lainnya (Perancis) Rastapopoulos

Rastapopoulos atau nama lengkapnya Roberto Rastapopoulos (dalam alfabet Yunani: Ροβέρτος Ρασταπόπουλος) adalah salah satu tokoh dalam serial Petualangan Tintin - serial buku komik yang digambar dan ditulis oleh Hergé.

Rastapopoulos diceritakan sebagai seorang pengusaha besar Amerika berdarah Yunani (memiliki nama samaran Marquis di Gorgonzola). Tokoh ini sebagian terinspirasi oleh raja kapal Yunani, Aristotle Onassis. Ia adalah salah satu musuh utama Tintin, muncul pertama kali dalam seri Tintin di Amerika di sebuah acara banquet.

Penampilan utamanya adalah dalam seri Cerutu Sang Faraoh (ceritanya diterbitkan secara serial dalam majalah Le Petit Vingtième dari tanggal 8 Desember 1932 hinggal 8 Februari 1934, tampil sebagai seorang produser film yang terlihat simpatik. Namun dalam alur ceritanya kemudian terdapat petunjuk-petunjuk yang menampakkan identitas kriminalnya. Ketika sang penyair Zloty diracuni, ia memberi petunjuk bahwa pemimpin organisasi kriminal yang bertanggung-jawab atas kejadian itu memiliki hubungan dengan "film". Pada bagian akhir buku seri tersebut, sebuah surat kabar memuat foto si kembar Thompson sedang terjatuh di tangga. Di sebelah kiri foto tersebut sebuah artikel dapat dibaca sebagian memuat berita bahwa Rastapopoulos telah "hilang". Namun, tidaklah sebelum kasus Lotus Biru, cerita lanjut dari Cerutu Sang Faraoh, terungkap identitas Rastapopoulos sebagai pemimpin kartel opium yang kejam juga turut terungkap. Kartel inilah yang menjadi sasaran penyelidikan Tintin dalam dua seri buku.

Rastapopoulos adalah pemilik rumah produksi Cosmos Pictures (atau Cosmos Productions di beberapa cetakan), dimana perusahaan ini menjadi samaran dari banyak kegiatan ilegalnya dan menjadi alasan yang baik untuk bisa berpindah-pindah ke berbagai tempat. Rastapopoulos berikutnya muncul lagi sebagai pedagang budak di seri Hiu-Hiu Laut Merah, dan menculik miliarder Laszlo Carreidas dalam seri Penerbangan 714 dalam usahanya untuk mendapatkan kata sandi bagi rekening bank Swiss Laszlo yang bernilai sangat besar sebelum ia diculik oleh makhluk luar angkasa.

Dalam seri yang tak sempat diselesaikan, Tintin dan Alph-Art, seorang tokoh yang seringkali disangka sebagai Rastapopoulos dalam samaran - bernama Endaddine Akass - muncul. Walau sebuah halaman yang menunjukkan bahwa Akass nyatanya adalah Rastapopoulos telah dimulai (dan dicetak dalam edisi Egmont tahun 2004), sebagaimana buku tersebut juga tidak pernah terselesaikan, maka nasib Rastapopoulos setelah seri Penerbangan 714 juga tidak diketahui dengan pasti.