Jam Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Dua keseimbangan foliot terpisah memungkinkan jam Jepang abad ke-18 ini untuk beroperasi pada dua kecepatan berbeda untuk menunjukkan waktu yang tidak setara.

Jam Jepang (和時計, wadokei) adalah jam mekanis yang dibuat untuk menunjukkan waktu tradisional Jepang, sebuah sistem dengan siang dan malam selalu dibagi menjadi enam periode yang panjangnya berubah sesuai dengan musim. Jam mekanis diperkenalkan ke Jepang oleh misionaris Yesuit (pada abad ke-16) atau pedagang Belanda (pada abad ke-17). Jam-jam ini memiliki desain jam lentera, biasanya terbuat dari kuningan atau besi, dan menggunakan verge dan foliot escapement yang relatif primitif. Tokugawa Ieyasu memiliki jam lentera buatan Eropa.

Baik bandul atau pegas keseimbangan tidak digunakan di antara jam-jam Eropa pada masa itu, dan karenanya tidak termasuk di antara teknologi yang tersedia untuk pembuat jam Jepang pada awal periode isolasi dalam sejarah Jepang, yang dimulai pada tahun 1641. Periode isolasi berarti pembuat jam Jepang harus menemukan caranya tersendiri tanpa masukan lebih lanjut yang signifikan dari perkembangan Barat dalam pembuatan jam. Meski begitu, pembuat jam Jepang menunjukkan kecerdasan yang cukup dalam mengadaptasi teknologi jam mekanis Eropa dengan kebutuhan dari penunjuk waktu tradisional Jepang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jam sudah ada di Jepang sejak pertengahan abad ke-7 M dalam bentuk jam air.[1] Nihon Shoki menyatakan bahwa Kaisar Tenji membuat jam air, atau rōkoku (漏刻, secara harfiah "kebocoran" + "memotong, mengukur"), pada tahun 660 dan 671.[1] Jam-jam ini digunakan selama 800 tahun kemudian sampai kedatangan agama Kristen di Jepang pada abad ke-16.

Para misionaris Kristen termasuk yang pertama memperkenalkan jam mekanis yang didorong oleh pegas dari Barat di Jepang. Fransiskus Xaverius, seorang santo dan misionaris Serikat Yesus Spanyol, memberi Ouchi Yoshitaka, sebuah daimyō dari zaman Sengoku, sebuah jam mekanis pada tahun 1551.[2] Misionaris dan utusan lain segera menyusul, dengan jam mekanis diberikan kepada Oda Nobunaga pada tahun 1569 dan Toyotomi Hideyoshi pada tahun 1571 oleh utusan kepausan, dan dua jam diberikan kepada Tokugawa Ieyasu, satu jam pada tahun 1606 oleh seorang misionaris dan satu jam lagi pada tahun 1611 oleh seorang utusan Portugis.[2] Jam barat tertua yang masih ada di Jepang berasal dari tahun 1612; jam tersebut diberikan kepada Shōgun Ieyasu oleh raja muda Meksiko (saat itu Spanyol Baru).[2]

Man-nen dokei (万年時計) oleh Tanaka Hisashige. Selesai pada tahun 1851.

Menjelang pergantian abad ke-17, jam mekanis bergaya Barat pertama diproduksi oleh penduduk asli Jepang. Tsuda Sukezaemon dikabarkan membuat jam mekanis pada tahun 1598 setelah ia memeriksa dan memperbaiki sendiri banyak jam impor.[2] Pembuatan jam Jepang difasilitasi pada abad ke-17 oleh misionaris yang tinggal di Jepang.[2] Para misionaris Kristen adalah orang yang pertama mengajarkan orang Jepang mengenai pembuatan jam di Kepulauan Amakusa sekitar pergantian abad ke-17.[3]

Zaman Edo (1603–1868) melihat adaptasi teknik Barat untuk membentuk metode unik dari pembuatan jam di Jepang. Escapement ganda dirancang oleh pembuat jam Jepang untuk mengembangkan jam yang mengikuti jadwal waktu tradisional Jepang, yang tidak teratur.[4] Jam-jam ini, yang disebut wadokei, dibuat dengan metode berbeda untuk mengikuti sistem jam temporal (futei jiho 不定時法). Foliot dari jam tersebut memiliki beberapa bagian yang memungkinkan pengguna untuk mengatur laju yang relatif akurat.[5] Jam yang dikendalikan dengan foliot, meskipun banyak digantikan dengan jam melingkar yang seimbang di Eropa, digunakan di Jepang karena penyesuaianya dengan sistem jam temporal.[6] Penyesuaian berat dan tampilan yang konstan membuat pembuat jam Jepang mengembangkan nichō-tenpu tokei (二挺天府時計) atau "jam pengatur dua batang", sekitar tahun 1780.[7] Berat dalam nichō-tempu tokei secara otomatis diatur untuk waktu yang tepat dari siang atau malam dengan menggunakan dua pengatur atau keseimbangan, yang disebut tenpu (天府).[7]

Komponen kunci dari perkembangan jam Jepang adalah penerbitan "Karakuri Zui" karya Hosokawa Hanzo pada tahun 1796, yang menjelaskan metode produksi jam di dalam volume pertama, dan karakuri ningyō (絡繰人形) atau "boneka mekanik" di dalam volume kedua dan ketiga.[7] Volume dari pembuatan jam berisi instruksi yang sangat rinci untuk produksi jam berdenting, yang digerakkan oleh berat dengan verge escapement yang dikendalikan oleh foliot.[8] Angka melek huruf yang relatif tinggi dan masyarakat peminjam buku yang antusias memberikan kontribusi besar terhadap pembaca karya yang tersebar luas.[9]

Produksi dan kerumitan jam mencapai puncaknya dengan man-nen dokei (万年時計) atau jam segudang tahun oleh Tanaka Hisashige. Jam ini memiliki enam tampilan yang menampilkan jam barat, indikator fase bulan, zodiak timur, jam temporal Jepang, indikator pembagian 24 fase Jepang kuno, dan indikator untuk hari dalam seminggu.[10] Jam dikatakan dapat berjalan selama satu tahun pada satu putaran.[10]

Setelah Restorasi Meiji pada tahun 1868, akhirnya Jepang menghapuskan penggunaan sistem jam temporal. Kabinet Meiji mengeluarkan Ordonansi No. 453 pada tahun 1872 yang membuat Jepang beralih dari kalender lunar ke kalender solar, barat.[11] Peralihan tersebut menyebabkan penurunan wadokei dan munculnya industri jam ala barat di Jepang.

Jam temporal[sunting | sunting sumber]

Gambar dari mekanisme jam Jepang. Karakuri Zui, 1796.

Menyesuaikan desain jam Eropa dengan kebutuhan dari penunjuk waktu tradisional Jepang menghadirkan tantangan bagi pembuat jam Jepang. Praktik penunjuk waktu tradisional Jepang mengharuskan penggunaan unit waktu yang tidak setara: enam unit siang hari dari waktu terbit hingga terbenam matahari setempat, dan enam unit malam hari dari terbenam hingga terbit matahari.

Dengan demikian, penunjuk waktu Jepang bervariasi menurut musim; siang hari lebih panjang pada musim panas dan lebih pendek pada musim dingin, sebaliknya dengan malam hari. Jam mekanis Eropa, sebaliknya, diatur untuk menunjukkan jam yang setara yang tidak bervariasi menurut musim.

Sebagian besar jam Jepang digerakkan oleh berat. Namun, orang Jepang juga menyadari, dan kadang-kadang membuat, jam yang beroperasi dari pegas. Seperti jam lentera barat yang menginspirasi desain mereka, jam yang digerakkan oleh berat sering ditopang oleh meja atau rak yang dibuat khusus yang memungkinkan berat untuk jatuh di bawahnya. Jam Jepang yang digerakkan oleh pegas dibuat untuk portabilitas; yang terkecil berukuran jam tangan besar, dan dibawa oleh pemiliknya dalam kantong inrō.

Sistem waktu tradisional Jepang[sunting | sunting sumber]

Jam umum memiliki enam jam bernomor dari sembilan hingga empat, yang dihitung mundur dari siang hingga tengah malam; nomor jam satu, dua dan tiga tidak digunakan di Jepang karena alasan agama, karena jumlah dentingan ini digunakan oleh Buddhis untuk panggilan ibadah. Hitungannya mundur karena pencatat waktu buatan Jepang paling awal menggunakan pembakaran dupa untuk menghitung mundur waktu. Oleh karena itu, fajar dan senja keduanya ditandai sebagai jam keenam dalam sistem penunjuk waktu Jepang.

Jam segudang tahun pada tahun 1851 oleh Tanaka Hisashige menampilkan informasi waktu setara, dan kalender, Jepang.

Selain jam temporal bernomor, setiap jam diberi tanda dari zodiak Jepang. Mulai dari fajar, enam jam harian tersebut adalah sebagai berikut:

12 Cabang Duniawi dan 24 mata angin Tiongkok tradisional; 12 Cabang Duniawi adalah dasar untuk penempatan zodiak dari jam Jepang.
Tanda zodiak Simbol zodiak Angka Jepang Dentingan Waktu Matahari
Kelinci 6 matahari terbit
Naga 5 pagi
Ular 4
Kuda 9 siang
Kambing 8 sore
Kera 7

From dusk, the six nighttime hours were:

Tanda zodiak Simbol zodiak Angka Jepang Dentingan Waktu Matahari
Ayam 6 Matahari terbenam
Anjing 5 malam
Babi 4
Tikus 9 tengah malam
Kerbau 8 sebelum fajar
Macan 7

Masalah dengan durasi jam yang bervariasi[sunting | sunting sumber]

Jam lentera Eropa seperti ini adalah titik awal untuk desain jam Jepang.

Berawal pada tahun 1844 kalender direvisi untuk memberikan durasi jam yang berbeda untuk bagian tahun yang berbeda. Jam Jepang menggunakan berbagai mekanisme untuk menampilkan perubahan jam temporal. Cara yang paling praktis adalah dengan jam pilar, dengan jam menunjukkan waktu bukan pada tampilan jam, tetapi pada indikator yang terpasang pada berat yang turun dalam trek. Indikator waktu yang dapat bergerak beroperasi di sepanjang trek berat dan indikator yang terpasang. Indikator-indikator ini dapat disesuaikan dengan musim untuk menunjukkan waktu siang dan malam hari. Ketika jam berputar, indikator memindahkan kembali trek ke penanda yang sesuai. Pengaturan ini memiliki keuntungan karena tidak bergantung pada kecepatan jam itu sendiri.

Penggunaan tampilan jam merupakan bagian dari teknologi Eropa yang diterima di Jepang, dan sejumlah pengaturan dibuat untuk menampilkan jam Jepang pada tampilan jam. Beberapa jam memiliki jam yang dapat bergerak di sekitar tepi dari putaran 24-jam. Jam lainnya memiliki beberapa tampilan jam yang dapat berubah dengan musim. Untuk membuat jam bendenting yang menunjukkan waktu Jepang, pembuat jam menggunakan sistem yang menjalankan dua keseimbangan, satu lambat dan satu cepat. Escapement yang sesuai diubah secara otomatis seiring waktu berpindah dari siang ke malam. Jam segudang tahun yang dirancang pada tahun 1850 oleh Tanaka Hisashige menggunakan mekanisme ini.

Untuk kerumitan jam temporal pada beberapa jam tangan, Masahiro Kikuno menggunakan serangkaian jarum jam yang terhubung dengan setiap jam. Jarum jam ini terhubung ke cam tunggal dengan alur memotong di dalamnya sesuai dengan garis lintang dari masing-masing pembeli jam tangan. Pergerakan cam selama satu tahun mengubah posisi waktu pada tampilan jam.

Pada tahun 1873 pemerintah Jepang mengadopsi praktik penunjuk waktu gaya Barat, termasuk waktu setara yang tidak berbeda dengan musim, dan kalender Gregorian.

Gallery[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Yokota, Yasuhiro. "A Historical Overview of Japanese Clocks and Karakuri." International Symposium on History of Machines and Mechanisms (2008), 176.
  2. ^ a b c d e Yokota, Yasuhiro. "A Historical Overview of Japanese Clocks and Karakuri". International Symposium on History of Machines and Mechanisms (2008), 177.
  3. ^ "History of the Japanese Horological Industry." History of the Japanese Horological Industry. N.p., n.d. Web. 02 April 2013. Section 1.
  4. ^ Pacey, Arnold. Technology in World Civilization: A Thousand-year History. Cambridge, MA: MIT, 1990. Page 88.
  5. ^ Fernandez, M. P., and P. C. Fernandez. 1996. "Precision Timekeepers of Tokugawa Japan and the Evolution of the Japanese Domestic Clock". Technology and Culture. 37 (2), 223.
  6. ^ Fernandez, M. P., and P. C. Fernandez. 1996. "Precision Timekeepers of Tokugawa Japan and the Evolution of the Japanese Domestic Clock". TECHNOLOGY AND CULTURE. 37 (2), 224.
  7. ^ a b c Yokota, Yasuhiro. "A Historical Overview of Japanese Clocks and Karakuri". International Symposium on History of Machines and Mechanisms' (2008), 179.
  8. ^ Fernandez, M. P., and P. C. Fernandez. 1996. "Precision Timekeepers of Tokugawa Japan and the Evolution of the Japanese Domestic Clock". TECHNOLOGY AND CULTURE. 37 (2), 225.
  9. ^ Yokota, Yasuhiro. "A Historical Overview of Japanese Clocks and Karakuri". International Symposium on History of Machines and Mechanisms (2008), 180.
  10. ^ a b "Toshiba : Press Releases 8 March, 2005". Toshiba: Press Releases 8 March 2005. N.p., n.d. Web. 06 Apr. 2013.
  11. ^ "History of the Japanese Horological Industry". History of the Japanese Horological Industry. N.p., n.d. Web. 2 April 2013. Section 3.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]