Pegas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Pegas
Pegas kompresi menyimpan energi bila di tekan
Busur panah longbow inggris – pegas sederhana tetapi sangat kuat yang dibuat dari yew, berukuran panjang 2 m (6 ft 6 in) , dengan kukuatan tarik 470 N (105 lbf)
Pegas yang dibentuk dari permesinan / fabrikasi.
alat tembak Jebakan militer menembakan dari Uni Sovyet (biasanya terhubung dengan kawatsandung) menunjukan pin tembak berisi pegas

Pegas adalah benda elastis yang digunakan untuk menyimpan energi mekanis. Pegas biasanya terbuat dari baja. Ada beberapa rancangan pegas. dalam pemakaian sehari-hari, istilah ini mengacu pada coil springs.Pegas juga ditemukan di sistem suspensi mobil. Pada mobil, pegas memiliki fungsi menyerap kejut dari jalan dan getaran roda agar tidak diteruskan ke bodi kendaraan secara langsung. Selain itu, pegas juga berguna untuk menambah daya cengkeram ban terhadap permukaan jalan.

Bila pegas konvensional, tanpa fitur variabilitas kekakuan, ditekan atau ditarik dari posisi bebasnya, akan menggunakan gaya yang berlawanan kira-kira sebanding dengan perubahan panjangnya (perkiraan ini akan bebeda pada defleksi yang lebih besar). Laju pegas atau konstanta pegas adalah perubahan gaya yang diberikannya, dibagi dengan perubahan defleksi pegas. Artinya, ini adalah gradien gaya versus kurva defleksi. Tingkat peregangan ataupun tingkat kompresi pegas dinyatakan dalam satuan gaya yang dibagi dengan jarak, misalnya N/m atau (dalam sistem satuan imperial) lbf/in. Sebuah pegas torsi adalah pegas yang bekerja pada putaran; saat diputar di sekitar porosnya dengan sudut tertentu, ia akan menghasilkan torsi yang sebanding dengan sudut. Tingkat pegas torsi adalah dalam satuan torsi dibagi dengan sudut, seperti N·m/rad atau N·m/derajat atau ft·lbf/derajat. Kebalikan dari tingkat kompresi pegas adalah kompliansi, yaitu: jika pegas memiliki tingkat 10 N / mm, ia memiliki kompliansi 0,1 mm / N. Kekakuan (atau tingkat) pegas secara paralel adalah aditif, seperti kompliansi pegas secara seri.

Tipe[sunting | sunting sumber]

Tipe pegas adalah :

  1. pegas tensi (menjadi lebih panjang jika tidak bebas)
  2. pegas kompresi (menjadi lebih pendek jika tidak bebas)
  3. pegas torsi (bahasa Inggris: torsion spring). Pegas jenis ini dibentuk dari batang baja yang elastis terhadap torsi (puntiran)
  4. pegas konstan
  5. pegas variabel

Berdasarkan bentuk, pegas dibagi dalam :

  1. Pegas ulir yang dibuat dari batang baja dan memiliki bentuk spiral.
  2. Pegas daun dibuat dari bilah baja yang bengkok dan lentur.
  3. Pegas yang dibentuk dengan mesin (Machined spring)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]