Tampilan jam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jam dinding menunjukkan pukul 10:09.
Jam dinding di ruang radio kapal menggunakan sistem telegraf nirkabel menunjukkan pukul 10:09 menit:36 detik. Warna hijau dan merah menunjukkan periode 3 menit untuk menjaga keheningan radio supaya bisa mendengarkan dengan jelas jika ada panggilan mara bahaya pada gelombang 2182 kHz dan 500 kHz.

Tampilan jam atau muka jam (dalam bahasa Inggris disebut dial atau clock face) adalah bagian dari jam analog atau jam tangan yang menunjukkan waktu pada cakra angkanya. Bentuk yang paling dasar dan sudah dikenal di seluruh dunia adalah pinggiran cakra angka dinomori dari 1 hingga 12 yang menunjukkan siklus sistem 12-jam. Jarum pendek jam berputar dua kali putaran untuk periode sehari semalam. Jarum panjang menit bergerak satu putaran setiap jamnya. Muka jam juga banyak yang menampilkan jarum detik yang bergerak satu putaran per menitnya. Istilah ini lebih jarang digunakan untuk tampilan jam pada jam digital.

Tipe kedua tampilan jam adalah jam analog sistem 24-jam yang banyak digunakan di militer dan organisasi lain yang menggunakan sistem 24-jam. Tampilan jam ini menggunakan cakra angka 1-24 dan jarum pendek jam hanya bergerak satu putaran per sehari semalam. Beberapa timer khusus seperti timer dalam ajang olahraga dirancang untuk mengukur waktu yang kurang dari satu jam.

Pada awalnya, angka yang digunakan umumnya adalah angka Romawi termasuk untuk jam lantai besar dan angka Hindu-Arab, tetapi karena sudah sangat familier dengan posisi angka yang ada pada cakra angka, belakangan ini angka-angka tersebut sering diganti dengan gambar berbagai macam benda. Cakra angka untuk jam yang menggunakan angka Arab pertama kali mulai muncul pada pertengahan abad ke-18.[butuh rujukan]

Kata clock dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin abad pertengahan clogga yang berarti "bel" dan memiliki kata kerabat dalam banyak bahasa Eropa. Clock menyebar ke Inggris dari negara-negara Dataran Rendah,[1] jadi kata clock dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Jerman Tengah Rendah dan bahasa Belanda Tengah yaitu klocke.[2]

Jam kuarsa modern dengan muka jam sistem 24-jam.
Jam desimal Prancis dengan sistem 24-jam, angka I-XII di lingkaran pertama ditulis dua kali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wedgwood, Hensleigh (1859). A Dictionary of English Etymology: A - D, Vol. 1. London: Trübner and Co. hlm. 354. 
  2. ^ Stevenson, Angus; Waite, Maurice (2011). Concise Oxford English Dictionary: Luxury Edition. Oxford University. hlm. 269–270. ISBN 9780199601110.