Itik ekor-peniti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Itik ekor-peniti
Anas acuta

Male and female (left-right)
Call
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22680301
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoAnseriformes
FamiliAnatidae
GenusAnas
SpesiesAnas acuta
Linnaeus, 1758
Tipe taksonomiAnas
Tata nama
Sinonim taksonDafila acuta
Distribusi

Range of A. acuta      Breeding      Passage      Non-breeding      Vagrant (seasonality uncertain)
Anas acuta

Itik ekor-peniti atau itik utara ( Anas acuta ) merupakan spesies bebek dengan sebaran geografis luas yang berkembang biak di wilayah utara Eropa dan melintasi Palearktik dan Amerika Utara. Ia bermigrasi dan musim dingin di selatan tempat berkembang biaknya hingga ke khatulistiwa .

Ini adalah bebek besar, dan bulu ekor tengah jantan yang panjang menjadi asal muasal nama spesies tersebut dalam bahasa Indonesia dan ilmiah. Kedua jenis kelamin memiliki paruh berwarna biru keabu-abuan dan tungkai serta kaki berwarna abu-abu. Pejantan lebih mencolok, memiliki garis putih tipis mulai dari bagian belakang kepala berwarna coklat hingga ke leher hingga bagian bawah yang sebagian besar berwarna putih. Pejantan juga memiliki pola abu-abu, coklat, dan hitam yang menarik di punggung dan sampingnya. Bulu itik betina lebih halus dan lembut, dengan bulu berwarna coklat kusam mirip dengan bulu bebek betina lainnya. Itik betina mengeluarkan suara kwek yang kasar dan pejantan bersiul seperti seruling.

Itik ekor-peniti utara adalah burung lahan basah terbuka yang bersarang di tanah, seringkali agak jauh dari air. Ia mencari makan dengan mencoba makanan nabati dan menambahkan invertebrata kecil ke dalam makanannya selama musim bersarang . Bebek ini sangat suka berteman ketika tidak berkembang biak, membentuk kelompok besar campuran dengan spesies bebek lainnya. Populasi bebek ini dipengaruhi oleh predator, parasit dan penyakit burung. Aktivitas manusia, seperti pertanian, perburuan, dan penangkapan ikan, juga mempunyai dampak yang signifikan terhadap jumlah hewan. Namun demikian, karena populasi spesies ini yang sangat besar dan luas, spesies ini tidak terancam secara global.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Itik ekor-peniti adalah bebek yang cukup besar dengan taji sayap 236–282 cm (93–111 in) dan lebar sayap 80–95 cm (31–37 in) . Pejantan berukuran sekitar 59–76 cm (23–30 in) panjangnya dan beratnya 450–1.360 g (0,99–3,00 pon), dan karena itu jauh lebih besar daripada betina, yaitu 51–64 cm (20–25 in) panjang dan berat 454–1.135 g (1,001–2,502 pon) . Itik ekor-peniti memiliki ukuran yang sama dengan itik melewar yang tersebar luas, tetapi lebih ramping, memanjang dan anggun, dengan leher yang relatif lebih panjang dan (pada jantan) ekor yang lebih panjang. Jantan yang bulunya sedang berkembang biak memiliki kepala berwarna coklat kecokelatan dan dada berwarna putih dengan garis putih memanjang di sisi leher. Bagian atas dan sampingnya berwarna abu-abu, tetapi bulu abu-abu memanjang dengan garis tengah hitam menutupi punggung dari area bahu. Daerah lubang angin berwarna kuning kontras dengan bagian bawah ekor yang berwarna hitam, yang mempunyai bulu bagian tengah memanjang hingga 10 cm (3,9 in). Paruhnya berwarna kebiruan dan kakinya berwarna biru keabu-abuan.

Betina dewasa sebagian besar bergigi dan berbintik-bintik coklat muda dengan kepala abu-abu kecokelatan yang lebih seragam, dan ekor runcingnya lebih pendek daripada jantan; masih mudah dikenali dari bentuknya, lehernya yang panjang, dan paruhnya yang panjang berwarna abu-abu. Pada bulu non-kawin , itik ekor-peniti jantan terlihat mirip dengan betina, tetapi tetap mempertahankan pola sayap atas jantan dan bulu bahu panjang berwarna abu-abu. Burung remaja menyerupai betina, tetapi bergigi kurang rapi dan memiliki spekulum berwarna coklat kusam dengan tepi belakang yang lebih sempit.

Itik ekor-peniti berjalan dengan baik di darat dan berenang dengan baik. Di dalam air, postur berenang adalah condong ke depan, dengan pangkal leher hampir rata dengan air. Ia mempunyai penerbangan yang sangat cepat, dengan sayapnya sedikit menyapu ke belakang, tidak langsung keluar dari tubuhnya seperti bebek lainnya. Saat terbang, spekulum jantan memperlihatkan spekulum berwarna hitam dengan pinggiran putih di bagian belakang dan warna kemerahan pucat di bagian depan, sedangkan spekulum betina berwarna coklat tua dengan pinggiran putih, sempit di tepi depan tetapi sangat menonjol di bagian belakang, terlihat dari jarak beberapa meter. 1.600 m (0,99 mi) .

Jantan mengeluarkan suara seperti peluit proop-proop yang lembut, mirip dengan suara itik sayap-hijau, sedangkan itik betina memiliki suara dukun menurun seperti itik melewar, dan suara parau rendah saat memerah.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Bebek air ini berkembang biak di wilayah utara Palearktik di selatan hingga sekitar Polandia dan Mongolia, dan di Kanada, Alaska, dan Amerika Serikat Bagian Barat Tengah . Hewan ini umumnya mengalami musim dingin di selatan daerah perkembangbiakannya, mencapai hampir ke garis khatulistiwa di Panama, Afrika sub-Sahara bagian utara, dan Asia Selatan yang tropis. Sejumlah kecil burung bermigrasi ke kepulauan Pasifik, khususnya Hawaii, tempat beberapa ratus burung musim dingin di pulau-pulau utama di lahan basah dangkal dan membanjiri habitat pertanian. Perjalanan lintas samudera juga terjadi: seekor itik ekor-peniti yang ditangkap dan dilingkari di Labrador, Kanada, ditembak oleh pemburu di Inggris sembilan hari kemudian, dan burung bercincin Jepang telah ditemukan dari enam negara bagian AS di timur hingga Utah dan Mississippi . Di beberapa bagian wilayah tersebut, seperti Inggris Raya dan Amerika Serikat bagian barat laut, pintail mungkin ada sepanjang tahun.

Habitat perkembangbiakan pintail utara adalah lahan basah terbuka tanpa hutan, seperti padang rumput basah, tepi danau, atau tundra. Di musim dingin, mereka akan memanfaatkan habitat terbuka yang lebih luas, seperti muara yang terlindung, rawa payau, dan laguna pesisir. Bebek ini sangat suka berteman di luar musim kawin dan membentuk kelompok campuran yang sangat besar dengan bebek lainnya.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Kedua jenis kelamin mencapai kematangan seksual pada usia satu tahun. Jantan kawin dengan betina dengan cara berenang di dekatnya dengan kepala menunduk dan ekor terangkat, sambil terus bersiul. Jika ada sekelompok itik jantan, mereka akan mengejar itik betina yang sedang terbang hingga hanya tersisa satu itik. Betina bersiap untuk sanggama, yang dilakukan di dalam air, dengan menurunkan tubuhnya; sang jantan kemudian menjulurkan kepalanya ke atas dan ke bawah dan menaiki sang betina, memasukkan bulu-bulu di belakang kepalanya ke dalam mulutnya. Setelah kawin, dia mengangkat kepala dan punggungnya serta bersiul.

Di antara spesies paling awal yang berkembang biak di musim semi, pintail utara biasanya berpasangan selama migrasi, atau bahkan saat masih berada di musim dingin.[2] [3] Perkembangbiakan terjadi antara bulan April dan Juni, dengan sarang dibuat di atas tanah dan disembunyikan di antara tumbuh-tumbuhan di lokasi yang kering, seringkali agak jauh dari air. Ini adalah goresan dangkal di tanah yang dilapisi bahan tanaman dan turun. Betina bertelur tujuh hingga sembilan telur berwarna krem dengan kecepatan satu telur per hari; telurnya 55 mm × 38 mm (2,2 in × 1,5 in) dalam ukuran dan berat 45 g (1,6 oz), dimana 7% diantaranya adalah cangkang. Jika predator menghancurkan sarang pertama, betina dapat menghasilkan sarang pengganti paling lambat akhir bulan Juli. Itik betina sendiri mengerami telurnya selama 22 hingga 24 hari sebelum menetas. Anak itik ekor-peniti berbulu halus sebelum dewasa kemudian dibawa oleh betina ke perairan terdekat, di mana mereka memakan serangga mati di permukaan air. Anakan ini pun menjadi dewasa dalam 46 hingga 47 hari setelah menetas, tetapi tetap bersama betina sampai dia selesai berganti kulit .

Sekitar tiga perempat anak itik ekor-peniti hidup cukup lama untuk menjadi dewasa, namun tidak lebih dari setengahnya bertahan cukup lama untuk bereproduksi. Usia maksimum yang tercatat adalah 27 tahun 5 bulan untuk burung Belanda .

Makanan[sunting | sunting sumber]

Betina dan jantan sedang mencelupkan diri ke air untuk mencari makan.

Itik ekor-peniti makan dengan cara menepuk-nepuk permukaan air dan berenang di perairan dangkal untuk mencari makanan nabati terutama di sore atau malam hari, dan oleh karena itu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beristirahat. Lehernya yang panjang memungkinkannya mengambil makanan dari dasar perairan hingga 30 cm (12 in), yang berada di luar jangkauan bebek lain yang seperti itik melewar.

Makanan musim dingin sebagian besar berupa bahan tanaman termasuk biji-bijian dan rimpang tanaman air, namun pintail terkadang memakan akar, biji-bijian, dan biji-bijian lainnya di ladang, meskipun lebih jarang dibandingkan bebek Anas lainnya. Selama musim bersarang, burung ini terutama memakan hewan invertebrata, termasuk serangga air, moluska, dan krustasea .

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Sarang itik ekor-peniti rentan dimangsa oleh mamalia, seperti rubah dan musang, serta burung seperti burung camar, gagak, dan kucica . Itik ekor-peniti dewasa dapat terbang untuk menghindari predator darat, namun betina yang bersarang mungkin akan terkejut dengan kehadiran karnivora besar seperti kucing hutan . Burung pemangsa berukuran besar, seperti elang-alap utara, akan mengambil dan merenggut itik ekor-peniti dari tanah, dan beberapa elang, termasuk alap-Lap, memiliki kecepatan dan kekuatan untuk menangkap burung yang terbang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2019). "Anas acuta". 2019: e.T22680301A153882797. doi:10.2305/IUCN.UK.2019-3.RLTS.T22680301A153882797.en. 
  2. ^ "Northern Pintail". Audubon (dalam bahasa Inggris). 2014-11-13. Diakses tanggal 2022-03-31. 
  3. ^ "Northern Pintail". The National Wildlife Federation. Diakses tanggal 31 March 2022.