Itik sayap-hijau eurasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Itik sayap-hijau eurasia
Anas crecca

Wintering male from Mangaon, Maharashtra, India
Calls of Eurasian teals
Distribution
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22680321
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoAnseriformes
FamiliAnatidae
GenusAnas
SpesiesAnas crecca
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim taksonAnas crecca crecca Linnaeus, 1758
Anas crecca nimia Friedmann, 1948
Distribusi

EndemikTaman Nasional Keoladeo, Ranthambore National Park (en), Taman Nasional Kaziranga, Thol Lake (en), Asan Conservation Reserve (en), Buxa Tiger Reserve (en), Suaka Margasatwa Gunung Kyongnosla, Pani Dihing Wildlife Sanctuary (en) dan Namdapha National Park (en)

Anas crecca atau itik sayap-hijau Erasia adalah sebuah bebek umum dan tersebar luas yang berkembang biak di Eurosiberia beriklim dan bermigrasi ke selatan di musim dingin. Teal Eurasia sering disebut hanya teal karena menjadi satu-satunya bebek berkecimpung kecil di sebagian besar jangkauannya. Burung memberi namanya warna biru-hijau.

Ini adalah bebek yang sangat suka berteman di luar musim kawin dan dapat membentuk kawanan besar. Biasanya ditemukan di lahan basah terlindung dan memakan biji dan invertebrata air.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Anas crecca jantan memiliki kepala coklat dengan corak pita lebar berwarna hijau tua, dari bagian loral hingga tengkuk. Anas crecca betina memiliki tubuh dan paruh berukuran kecil. Garis mata dan tengkuknya berwarna lebih gelap. Begitu pula dengan bulu sayap atas yang berwarna gelap dengan ujung berwarna keputihan pada bulu yang lebih besar.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Anas crecca". Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ Robson, Craig (2020-02-06). Field Guide to the Birds of South-East Asia (dalam bahasa Inggris). Bloomsbury Publishing. hlm. 42. ISBN 978-1-4729-8139-4.