Weru, Sukoharjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Weru
Peta lokasi Kecamatan Weru
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenSukoharjo
Pemerintahan
 • CamatPandiyanto S.T., M.M.
Populasi
 • Total55,091 jiwa
Kode pos
57562
Kode Kemendagri33.11.01
Kode BPS3311010
Luas41,98 km²
Desa/kelurahan13 Desa

Koordinat: 7°45′34″S 110°45′36″E / 7.75944°S 110.76000°E / -7.75944; 110.76000 Weru (Hanacaraka: ꦮꦼꦫꦸ, Jawa: Weru) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Desa[sunting | sunting sumber]

WIlayah Kecamatan Weru terbagi menjadi desa-desa berikut:[2]

Letak Geografis[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Weru memiliki batas-batas sebagai berikut:

Utara Kecamatan Tawangsari
Timur laut Kecamatan Bulu
Timur Kecamatan Bulu dan
Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri
Tenggara Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri
Selatan Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan
Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Barat daya Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten
Barat Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten
Barat laut Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten

Wisata Weru[sunting | sunting sumber]

Salah satu potensi keindahan wisata Kabupaten Sukoharjo yang tersembunyi yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan adalah Curug Krajan dan Curug Banyu Tibo di Karangtengah. Tempatnya tersembunyi karena jarang tereksplore dan juga letaknya yang berada di sudut Selatan Sukoharjo. Diketahui bahwa potensi wisata di Sukoharjo sebenarnya banyak hanya belum tergali dan dikelola secara mendalam dengan melibatkan warga lokal agar lebih maju dan berkembang. Yang sebenarnya mempunyai pesona yang lumayan indah yang terletak tak begitu jauh dari perumahan warga.

Air terjun tersebut belum terlalu ramai oleh pengunjung. Yang datang kesini biasanya anak-anak remaja yang mencari tempat untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Saat weekend pun tempat ini juga tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok untuk mencari tempat refreshing yang sepi untuk melepas rasa penat atau rasa bosan.

Gunung Taruwongso[sunting | sunting sumber]

Gunung Taruwongso merupakan sebuah bukit kecil yang berada di wilayah desa Tawang, Weru, Sukoharjo dan sebagian berada di wilayah desa Watubonang Kecamatan Tawangsari. Gunung Taruwongso biasanya akan ramai ketika Hari Raya Idul Fitri. Saat Idul Fitri Gunung Taruwongso akan dipenuhi oleh para penjaja dagangan baik berupa makanan, minuman, barang kebutuhan sehari-hari dan mainan anak-anak. Di sana, saat lebaran tiba juga ada pertunjukkan musik dan budaya lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Air Terjun Curug Krajan[sunting | sunting sumber]

Curug Krajan, merupakan sebuah nama air terjun yang beraliran sungai kecil dari curug Krajan yang masih asri dan jernih. Lingkungan sekitarnya pun masih begitu alami dan bersih. Curug ini terletak di Desa Krajan, Weru, Sukoharjo.

Air Terjun Banyu Tibo[sunting | sunting sumber]

Curug Banyu Tibo, merupakan sebuah nama air terjun yang beraliran tinggi. Aliran air terjun ini lumayan tinggi kurang lebih 10–15 m. Terletak di Desa Karangtengah, Weru, Sukoharjo.

Grojogan Plered[sunting | sunting sumber]

Merupakan destinasi baru, yaitu objek wisata alam berupa air terjun bertingkat yang secara resmi diluncurkan oleh Pemerintah Desa Jatingarang, Weru, Sukoharjo, Minggu (7/1). Dengan sejumlah acara digelar untuk memeriahkan peluncuran tersebut.

Kepala Desa (Kades) Jatingarang Slamet Riyadi menjelaskan, objek wisata Grojogan Plered berada di Dukuh Kedungdowo RT 4/6. Animo masyarakat untuk datang sangat tinggi. Peluncuran tadi ditandai dengan pelepasan ikan lele sebanyak satu kuintal ke saluran air di bawah air terjun untuk diperebutkan masyarakat sekitar dan pengunjung.

“Animo masyarakat luar biasa. Ke depan, saya harap tingkat kunjungan masyarakat semakin meningkat,” ujarnya.

Makanan Khas Weru[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Penduduk Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015-2021
  2. ^ Nugroho, F. E., Fajar, M. K., dan Puspa P. (2023). Kecamatan Weru Dalam Angka 2023. BPS Kabupaten Sukoharjo. hlm. 5.