LCR Team

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Team LCR)
LCR Team
Berkas:LCR logo 2021.png
Nama resmiMotoGP:
Castrol Honda LCR
Idemitsu Honda LCR
MotoE:
LCR E-Team
Kantor pusatMonako Monte Carlo, Monako
Pimpinan timLucio Cecchinello
RiderMotoGP:
Prancis 5. Johann Zarco
Jepang 30. Takaaki Nakagami
Jepang 45. Tetsuta Nagashima (pembalap pengganti)
MotoE:
Italia 40. Mattia Casadei
Brasil 51. Eric Granado
Sepeda motorMotoGP:
Honda RC213V
MotoE:
Ducati V21L
BanMotoGP:
Michelin
MotoE:
Michelin
Juara rider-
Situs webhttps://www.lcr.mc

Team LCR (singkatan dari Team Lucio Cecchinello Racing) merupakan sebuah tim balap motor yang berpartisipasi dalam kejuaraan dunia MotoGP. Sejarah tim LCR Honda tak bisa dilepaskan dari nama Lucio Cecchinello. Pasalnya, LCR Honda didirikan pertama kali oleh (mantan) pembalap Italia itu pada tahun 2006.

Perkembangan tim[sunting | sunting sumber]

LCR didirikan Cecchinello unituk berlaga di kelas 125 cc. Mengusung motor yang disuplai Honda, LCR sukses memetik sejumlah hasil yang cukup baik pada tahun 1996-1998. Salah satunya adalah kemenangan di GP Madrid di sirkuit Jarama tahun 1998.

Pada tahun 2001, LCR beralih ke motor Aprilia. Setahun berikutnya, LCR berlaga di dua kelas, 125 cc dan 250 cc. Cecchinello dan Alex de Angelis membalap di kelas terbawah, sementara Casey Stoner dan Eron Markuz menggeber motor kelas 250 cc.

Tahun 2005, LCR kembali hanya turun di satu kelas, yakni 250 cc. LCR kemudian naik kelas dengan berlaga di nomor MotoGP pada tahun 2006. Mereka berbekal motor Honda RC211V yang ditunggangi Stoner.

Tahun 2007, LCR masih memakai satu pembalap saja, yakni Carlos Checa. Keadaan yang sama berlangsung pada tahun 2008, di mana Randy de Puniet menjadi satu-satunya penggeber motor LCR di MotoGP.

Pada tahun 2010, de Puniet menyelesaikan musim di posisi kesembilan dengan menggeber RC212V Honda, dengan hasil terbaik di posisi keempat di Grand Prix Catalunya.

Tahun 2011, LCR masih memakai satu pembalap dengan mengandalkan Toni Elias yang menjadi juara dunia Moto2.

Akibat prestasi yang buruk pada tahun 2011, Toni Elias harus rela hengkang dari Tim LCR. Stefan Bradl bergabung dengan LCR untuk musim 2012 menggantikan Toni Elias. Pada 17 November 2012 LCR mengumumkan perpanjangan kontrak dengan Bradl hingga akhir 2014.[1]

Tahun 2015, LCR mengumumkan ekspansi menjadi tim satelit dengan dua pembalap, dengan pembalap Inggris Cal Crutchlow mengendarai spesifikasi pabrikan dari motor RC213V dan rookie dari Australia Jack Miller mengendarai RC213V-RS spesifikasi terbuka. Namun, ekspansi itu hanya bertahan semusim setelah Miller pindah ke Estrella Galicia 0,0 Marc VDS dan meninggalkan Crutchlow menjadi pembalap tunggal LCR selama dua musim hingga 2017.

Pada musim 2018, LCR kembali memakai dua pembalap setelah merekrut Takaaki Nakagami dan juga mempertahankan Crutchlow. Tim pun memakai dua livery dengan dua sponsor berbeda untuk kedua pembalap, Castrol untuk Crutchlow dan Idemitsu untuk Nakagami.

Sebagai tim satelit di MotoGP, LCR diundang dua kali memasuki musim perdana MotoE dan melakukannya dengan Niccolò Canepa dan mantan pembalap LCR dikelas 250cc dan MotoGP Randy de Puniet. Pada tahun 2020, de Puniet digantikan di tim MotoE oleh pemain Belgia Xavier Siméon.

Musim 2023 adalah musim terbaik LCR karena dengan bergabungnya Alex Rins dari Suzuki ke LCR sukses mempersembahkan kemenangan perdana mereka di GP Amerika, dengan kemenangan ini Alex Rins adalah orang kedua yang meraih kemenangan dengan menunggangi Honda RC213 bersama team satelit LCR Honda Castrol.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "LCR Honda sign Bradl on two-year deal". MotoGP.com. Dorna Sports. 17 November 2012. Diakses tanggal 13 January 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]