Angra Mainyu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Angra Mainyu(Avestan:𐬀𐬢𐬭𐬀⸱𐬨𐬀𐬌𐬥𐬌𐬌𐬎 Aŋra Mainiiu) adalah sosok "roh perusak" pada ajaran Zoroastrianisme.

Kata Angra Mainyu berasal dari Avesta yang merupakan nama hypostasis Zoroaster dari "roh perusak/jahat" dan musuh utama dalam Zoroastrianisme baik dari Spenta Mainyu, "roh/mentalitas suci/pencipta", atau langsung dari Ahura Mazda, dewa tertinggi Zoroastrianisme.

Dalam Bahasa Persia Pertengahan, Angra Mainyu dikenal juga sebagai Ahriman 𐭠𐭧𐭫𐭬𐭭𐭩.

Dalam Avesta[sunting | sunting sumber]

Pengungkapan Zoroaster[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya Angra Mainyu merupakan konsep asli yang diungkapkan oleh Zoroaster."[1] Dalam Gatha, salah satu kitab Zorastrianisme tertua yang ditulis oleh Nabi Zoroaster sendiri, Angra Mainyu belumlah menjadi nama.[n 1] Dalam suatu kutipan dua istilah ini disebutkan bersamaan yaitu mainyu ("pikiran", "mentalitas", "jiwa", "roh", dll.)[n 2] sedangkan angra ("destruktif", "merintangi", "jahat" dll.). Dalam kutipan Yasna 45.2— menyatakan bahwa Angra Mainyu adalah "antitesis absolut".[1] Secara sederhana dan harfiah bermakna "roh jahat" atau "roh perusak".

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nama-nama jarang disebutkan di Gatha. Dalam naskah ini bahkan Ahura Mazda dan Amesha Spenta bukanlah dianggap sebagai nama.
  2. ^ Terjemahan kini mainyu adalah "roh" atau "jiwa". Akar kata mainyu adalah "manusia", "pikiran", dan "jiwa" artinya bermakna sama dengan 'pikiran'.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Duchesne-Guillemin, Jacques (1982), "Ahriman", Encyclopaedia Iranica, 1, New York: Routledge & Kegan Paul, hlm. 670–673