Irani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Iranis adalah komunitas etno-religius di Asia Selatan, mereka adalah para Zoroastrian yang beremigrasi dari Iran ke Asia Selatan dari abad 16 hingga abad ke-18 [1] Mereka mencakup budaya, bahasa dan sosial berbeda dari orang Parsis, yang - meskipun juga sesama Zoroastrian -. Tiba di benua itu lebih dari 1.200 tahun yang lalu dari wilayah Pars di Persia.[2]

Perbedaan dari Parsis[sunting | sunting sumber]

Parsis dan Iranis juga dapat dianggap sebagai dua komunitas dengan hukum yang berbeda. Hal ini didasarkan sebagian pada obiter diktum 1909, di antara banyak isu-isu lain yang berkaitan dengan Zoroaster India, juga mengamati bahwa Iranis (dari sekarang yang ditutup Bombay Presidency) tidak diwajibkan untuk menegakkan keputusan peraturan Parsi Panchayat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun istilah 'Irani' pertama kali dibuktikan sudah ada selama era Mughal, kebanyakan Iranis adalah imigran yang tiba di benua itu selama abad 19 dan awal abad 20, yaitu ketika Iran diperintah oleh Qajars dan ketika penganiayaan agama non-Muslim merajalela. Para keturunan imigran dari mereka membawa tetap budaya dan bahasa yang lebih dekat dengan Zoroaster Iran, khususnya untuk Zoroastrian dari Yazd dan Kerman. Akibatnya, bahasa Dari dialek Zoroastrian dari provinsi-provinsi itu juga dapat didengar oleh Iranis.

Di India, sebagian Iranis tinggal di dalam dan sekitar kota-kota Mumbai dan Ahmedabad. Banyak Iranis India memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan kota Ahmedabad.[3] Sementara di Pakistan mereka hidup di kota-kota Karachi dan Lahore.

Iranis terkemuka[sunting | sunting sumber]

Anggota penting dari komunitas Irani meliputi:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Masashi, Haneda,. "Emigration of Iranian Elites to India during the 16-18th centuries". Diakses tanggal 2013-12-17. 
  2. ^ "Irani or Parsi, what's the difference?". DNA. Mar 20, 2009. Diakses tanggal 2013-12-17. 
  3. ^ http://www.iranconsulatehyd.org/cultural.htm