Faravahar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Faravahar adalah salah satu simbol paling terkenal dari Zoroastrianisme, agama negara Iran kuno. Simbol agama-budaya ini diadaptasi oleh dinasti Pahlevi untuk mewakili bangsa Iran.

Piringan bersayap memiliki sejarah panjang dalam seni dan budaya Timur Dekat dan Timur Tengah. Secara historis, simbol dipengaruhi oleh "matahari bersayap" tulisan rahasia muncul di Zaman Perunggu segel kerajaan (Luwian SOL SUUS, melambangkan kekuasaan raja khususnya)[rujukan?]. Di masa Neo-Asyur, dada manusia ditambahkan pada lingkaran, "bulu-pemanah berjubah " ditafsirkan sebagai melambangkan Ashur.

Sementara simbol saat ini dianggap mewakili fravashi (kira-kira malaikat pelindung) dan dari mana ia mendapatkan namanya (lihat di bawah), sebagai apa yang mewakili dalam benak mereka yang diadaptasi dari Mesopotamia awal dan relief Mesir yang belum jelas. Karena simbol yang pertama muncul pada prasasti kerajaan, juga dianggap mewakili 'Kerajaan Kemenangan Ilahi' (Khvarenah), atau raja fravashi, atau mewakili mandat ilahi yang merupakan dasar dari otoritas raja.

Hubungan antara nama simbol dan kelas entitas ilahi yang diwakilinya, mencerminkan keyakinan saat ini bahwa simbol tersebut merupakan fravashi. Namun, tidak ada deskripsi fisik Fravashis di Avesta, teks-teks suci Zoroastrianisme, dan di enittas Avestan yang gramatikal feminin.

Pada masa Zoroastrianisme kini, faravahar dikatakan menjadi pengingat tujuan seseorang dalam hidup, yaitu hidup sedemikian rupa bahwa jiwa berkembang menuju frasho-kereti, atau penyatuan dengan Ahura Mazda, keilahian tertinggi dalam Zoroastrianisme. Meskipun ada sejumlah interpretasi dari elemen individual dari simbol, tidak satupun dari mereka yang lebih tua dari abad ke-20.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam kata Persia Baru فروهر dibaca sebagai forouhar atau faravahar (itu diucapkan sebagai furōhar di Persia Klasik). Bentuk Persia Tengah menyebut frawahr (Buku Pahlavi: PLW ʾ hl, Manichaean: prwhr), frōhar (dicatat dalam Pazend sebagai 𐬟𐬭𐬋𐬵𐬀𐬭, yang merupakan bentuk akhir dari bentuk sebelumnya), dan fraward (Buku Pahlavi: plwlt ', Manichaean: frwrd), yang langsung dari bahasa Persia Tua *fravarti-.[1][2] bentuk dari bahasa Avesta adalah fravaṣ̌i 𐬟𐬭𐬀𐬎𐬎𐬀𐬴𐬌.

Dalam kultur Iran[sunting | sunting sumber]

Simbol Faravah dalam kuil api di Yazd

Bahkan setelah penaklukan Islam di Iran, Zoroastrianisme terus menjadi bagian dari budaya Iran. Sepanjang tahun, perayaan dirayakan seperti Tahun Baru atau Iran Newroz, Mehregan, dan ChaharShanbe Souri. Ini adalah sisa-sisa tradisi Zoroaster. Dari awal abad ke-20, ikon Farvahar menampilkan dirinya di tempat umum dan menjadi icon yang dikenal di antara semua orang Iran.

The Shahname oleh Ferdowsi adalah lambang epik nasional Iran dan berisi cerita (sebagian sejarah dan sebagian mitos) dari zaman Zoroastrian pra-Islam. Makam Ferdowsi yang dikunjungi oleh banyak orang Iran setiap tahun, juga berisi ikon Faravahar.

Setelah Revolusi Islam 1979, Singa dan Matahari, yang merupakan bagian dari original bendera nasional Iran, dilarang oleh pemerintah dari tempat-tempat umum untuk mencegah orang dari yang mengingatkan kehidupan sebelum revolusi. Namun demikian, ikon Farvahar tidak dihapus. Akibatnya, ikon Farvahar menjadi simbol nasional ditengah-tengah masyarakat, dan itu menjadi agak ditoleransi oleh pemerintah yang bertentangan dengan Singa dan Matahari. The Farvahar adalah liontin yang paling banyak dipakai antara orang Iran dan telah menjadi simbol nasional, bukan ikon agama, meskipun berasal akar Zoroaster yang tentunya tidak diabaikan. Itu adalah simbol dari agama negara Kekaisaran Persia: Zoroastrianisme. Saat ini, Farvahar adalah simbol umum dari kedua negara Iran modern dan kuno (Persia). Meskipun Zoroastrianisme tidak lagi menjadi wilayah agama negara Iran, itu adalah simbol penting, adat dan tradisional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boyce, Mary (15 December 2000). "FRAVAŠI". Encyclopædia Iranica. Diakses 12 February 2014. 
  2. ^ MacKenzie, David Neil (1986). A Concise Pahlavi Dictionary. London: Oxford University Press. ISBN 0-19-713559-5.