Mahabharat (seri televisi 2013): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
←Membuat halaman berisi '{{Infobox television | show_name = Mahabharat | image =280px | caption = Layar judul | show_n...'
 
Baris 124: Baris 124:
* Raj Shah sebagai [[Dursasana]] muda
* Raj Shah sebagai [[Dursasana]] muda
* Devesh Ahuja sebagai [[Nakula]] muda
* Devesh Ahuja sebagai [[Nakula]] muda
* Rudraksh Jaiswal sebagai [[Sadewa muda]]
* Rudraksh Jaiswal sebagai [[Sadewa]] muda
* [[Ashnoor Kaur]] sebagai [[Dursala]] muda
* [[Ashnoor Kaur]] sebagai [[Dursala]] muda
* Gananay Shukla sebagai [[Karna]] muda
* Gananay Shukla sebagai [[Karna]] muda

Revisi per 2 April 2014 23.05

Mahabharat
Layar judul
GenreDrama mitologi
PembuatSiddharth Kumar Tewary
BerdasarkanMahabharata
Ditulis olehSharmin Joseph, Radhika Anand, Anand Vardhan, Mihir Bhuta dan Siddharth Kumar Tewary
SutradaraSiddharth Anand Kumar, Amarprith G, S Chawda, Kamal Monga dan Loknath Pandey
PemeranSaurabh Raj Jain
Shaheer Sheikh
Pooja Sharma
Arav Chowdhary
Shafaq Naaz
Penggubah lagu temaIsmail Darbar
Lagu pembukaHai Katha Sangram Ki
Penata musikAjay-Atul
Ismail Darbar
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Tamil
Telugu
Bengali
Marathi
Malayalam
Produksi
ProduserSiddharth Kumar Tewary, Gayatri Gil Tiwari and Rahul Kumar Tewary
Durasi20 menit[1]
Rumah produksiSwastik Pictures
Rilis asli
JaringanStar Plus
Format gambar576i (SDTV) 1080i (HDTV)
Rilis16 September 2013 (2013-09-16) –
sekarang

Mahabharat adalah sebuah serial drama televisi mitologi berbahasa Hindi dari India berdasarkan susastra Mahabharata.[2][3][4][5][6] Serial ini mulai ditayangkan di STAR Plus sejak 16 September 2013.[7] Di Indonesia, serial ini ditayangkan oleh antv.[8]

Serial ini diproduksi oleh Swastik Productions Pvt. Ltd dan dibintangi oleh Saurabh Raj Jain sebagai Kresna, Shaheer Sheikh sebagai Arjuna, Pooja Sharma sebagai Dropadi dan Arav Chowdhary sebagai Bisma.[9][10]

Ringkasan cerita

Mahabharat menyajikan kisah tahta Hastinapura, suatu kerajaan yang diperintah oleh keluarga Kuru. Para Kurawa dan Pandawa saling bersaing untuk menduduki tahta tersebut. Meski ayah dari para Kurawa lebih tua daripada ayah para Pandawa, Duryodana sebagai Kurawa tertua lebih muda usianya daripada Yudistira sebagai Pandawa tertua. Baik Duryodana maupun Yudistira mengklaim diri mereka sebagai pewaris terdepan tahta Hastinapura.[11]

Ketika Bisma meminta Gandari untuk menerima lamaran keponakannya yang buta Dretarastra, saudara Gandari yaitu Sangkuni menjadi marah. Meskipun kemudian ia menyetujui lamaran tersebut, Sangkuni bersumpah bahwa ia akan menghancurkan keluarga Kuru. Sangkuni menabur benih pertempuran klimaks Kurusetra mulai dari masa remaja para Kurawa dan Pandawa dengan meracuni pikiran Duryodana terhadap para Pandawa. Gesekan ini mencapai puncaknya dalam Perang di Kurukshetra. Pertempuran tersebut menghasilkan konflik antar kerabat dan sahabat, juga menjadikan kesetiaan keluarga dan darma lebih didahulukan daripada keadilan.

Pemeran

Versi sulih suara

Tayangan ini telah disulihsuarakan dalam bahasa lainnya di India termasuk Bahasa Bengali, sebagai Mahabharat, Bahasa Malayalam sebagai Mahabharatham, Bahasa Telugu sebagai Mahabharatham (Maa TV), Bahasa Tamil sebagai Mahabharatham dan Bahasa Marathi language sebagai Mahabharat.[15] Versi Bengali tayangan ini disiarkan di saluran Star Jalsha, versi Malayalam disiarkan saluran Asianet, versi Tamil disiarkan saluran Star Vijay dan versi Marathi disiarkan saluran Star Pravah.

Produksi dan promosi

Star menghabiskan 100 crore (US$14 juta) di proyek serial ini dan menghabiskan juga 20 crore (US$2,8 juta) untuk pemasarannya, menjadikan serial ini sebagai serial TV termahal di India.[16]

Tim produser terdiri dari penulis naskah Bollywood Salim Khan, penulis dan ahli mitologi Devdutt Pattanaik, perancang kostum Bhanu Athaiya, musisi Ajay-Atul dan Ismail Darbar, sutradara laga Ram Shetty dan desainer lokasi Omang Kumar. Kasting serial ini dilakukan oleh Sahil Ansari, Mahesh Chandra Bhatt dan Arun Mitra.

Penerimaan

Menulis untuk Rediff, Nishi Tiwari mengatakan bahwa serial ini "mendapatkan rinciannya -- leksikon, musik latar, dan set" tepat dalam perbandingan dengan versi 2008 serial ini yang dibuat Ekta Kapoor, namun aktor-aktornya tidak bisa dibandingkan dengan serial versi BR Chopra yang mengudara pada 1980an. Tiwari menulis bahwa "Jika serial ini menjaga kualitas penulisannya dan aktor yang bisa memerankan karakter kunci, kita mungkin memiliki sebuah pemenang lain diantara kita ".[17] DNA memuji kostum, pemandangan, tema seruling Krishna, dan kebanyakan dari efek khusus CGI, namun mengatakan bahwa langkah ceritanya terlalu cepat.[18]

Serial ini meraih sekitar 8,4 juta orang di episode debutnya pada 6 September 2013.[19] Serial ini telah menjadi serial fiksi bukan akhir pekan dengan ranting tertinggi dalam tiga tahun terakhir di televisi India.[20]

Pada 1 December 2013, serial ini ada di urutan ke-7 serial fiksi dengan jumlah pemirsa 6,8 juta.[21] Di Minggu selanjutnya serial ini ada di urutan ke-6 dengan pemirsa 7,1 juta.[22]

Referensi

  1. ^ "Mahabharat (2013 TV series) Technical specifications". IMDb. Diakses tanggal 6 November 2013. 
  2. ^ TNN 15 Sep 2013, 10.27AM IST (2013-09-15). "Mahabharat launced for the youth of the nation! - Times Of India". Articles.timesofindia.indiatimes.com. Diakses tanggal 2013-10-20. 
  3. ^ Shakuni's role in Mahabharat once in a lifetime: Praneet Bhatt - Times Of India
  4. ^ Is Shafaq Naaz miffed with Mahabharat makers? - Times Of India
  5. ^ Shaheer Sheikh and Rohit Bhardwaj’s Buddy Diwali! - Times Of India
  6. ^ Riding high on 'Mahabharat' ratings, Star Plus tops the chart : Featured, News - India Today
  7. ^ Deepanjana Pal. "The new Mahabharat is an epic fail". Firstpost. Diakses tanggal 2014-01-25. 
  8. ^ Mahabarata ANTV, Film Lama yang Dibuat dengan Versi Baru
  9. ^ Actors take on Mahabharat - Times Of India
  10. ^ Paranormal activity on the sets of Mahabharat - Times Of India
  11. ^ Indian Television> News Headline >Mahabharat Redux on Star Plus
  12. ^ Neha Maheswri (27 October 2013). "Pallavi to play Krishna's Rukmini". Times of India. Diakses tanggal 18 December 2013. 
  13. ^ Ankita R. Kanabar (27 February 2014). "Rohit Shetty adds humour to Khatron Ke Khiladi". The Indian Express. Diakses tanggal 18 March 2014. 
  14. ^ "Raj Premi roped in to essay Kalyavan in Star Plus' Mahabharat". Tellychakkar. 30 September 2013. Diakses tanggal 18 December 2013. 
  15. ^ Star India to air Mahabharat, Mahadev in Marathi | Rapid TV News
  16. ^ Ajita Shashidhar. "Broadcasters betting big money on the small screen with Rs.100 crore shows". India Today. Diakses tanggal 12 September 2013. 
  17. ^ Nishi Tiwari. "Review: Mahabharat, so far so good". Rediff. Diakses tanggal 17 September 2013. 
  18. ^ Chaya Unnikrishnan. "Show review: 'Mahabharat'". DNA. Diakses tanggal 28 September 2013. 
  19. ^ Debashish Mukerji. "Riding high on 'Mahabharat' ratings, Star Plus tops the chart". India Today. Diakses tanggal 27 September 2013. 
  20. ^ Priyanka Srivastava. "Major networks in epic ratings battle sebagai mythological shows like Mahabarat take on reality TV for nation's viewers". Dailymail.co.uk. Diakses tanggal 26 September 2013. 
  21. ^ "Rise in the ratings of TV shows this week - Times Of India". Articles.timesofindia.indiatimes.com. 2013-12-01. Diakses tanggal 2014-01-25. 
  22. ^ "Reality shows see a drop in ratings this week - Times Of India". Articles.timesofindia.indiatimes.com. 2013-12-08. Diakses tanggal 2014-01-25. 

Pranala luar