Kaliwungu, Kendal: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
k Suntingan 61.94.170.210 (Bicara) dikembalikan ke versi terakhir oleh IvanLanin
Baris 1: Baris 1:
'''Kaliwungu''' adalah sebuah [[kecamatan]] yang berbatasan langsung dengan [[Kota Semarang|Semarang]], tepatnya di sebelah barat Kota Semarang, [[Indonesia]].
'''Kaliwungu''' adalah sebuah [[kecamatan]] yang berbatasan langsung dengan [[Kota Semarang|Semarang]], tepatnya di sebelah barat Kota Semarang, [[Indonesia]].


Kaliwungu terkenal dengan sebutan [[kota santri]] dikarenakan di kecamatan tersebut terdapat puluhan pondok [[pesantren]]. Pemberian nama Kaliwungu diambil dari peristiwa seorang guru (Sunan Katong) dan muridnya (Pakuwojo) yang berkelahi di dekat sungai karena perbedaan prinsip. Dari pertengkaran itu terjadi pertumpahan darah yang menurut cerita, Sunan Katong berdarah biru dan Pakuwojo berdarah merah, keduanya wafat dalam perkelahian itu dan darahnya mengalir di sungai sehingga berubah menjadi ungu,yg emudian makam sunan katong dan pakuwojo dimakamkan disebuah jabal dan tiap bulan syawal rame dikunjungi orang utuk berziarah yg dikenal dg tradisi syawalan ,Kaliwungu adalah tempat dimana banyak orang-orang belajar ilmu agama mendalami Alqur'an,kitab-kitab yg sangat berguna utk kehidupan bermayarakat dan bernegara
Kaliwungu terkenal dengan sebutan [[kota santri]] dikarenakan di kecamatan tersebut terdapat puluhan pondok [[pesantren]]. Pemberian nama Kaliwungu diambil dari peristiwa seorang guru (Sunan Katong) dan muridnya (Pakuwojo) yang berkelahi di dekat sungai karena perbedaan prinsip. Dari pertengkaran itu terjadi pertumpahan darah yang menurut cerita, Sunan Katong berdarah biru dan Pakuwojo berdarah merah, keduanya wafat dalam perkelahian itu dan darahnya mengalir di sungai sehingga berubah menjadi ungu.


{{Kabupaten Kendal}}
{{Kabupaten Kendal}}

Revisi per 11 Juni 2006 17.13

Kaliwungu adalah sebuah kecamatan yang berbatasan langsung dengan Semarang, tepatnya di sebelah barat Kota Semarang, Indonesia.

Kaliwungu terkenal dengan sebutan kota santri dikarenakan di kecamatan tersebut terdapat puluhan pondok pesantren. Pemberian nama Kaliwungu diambil dari peristiwa seorang guru (Sunan Katong) dan muridnya (Pakuwojo) yang berkelahi di dekat sungai karena perbedaan prinsip. Dari pertengkaran itu terjadi pertumpahan darah yang menurut cerita, Sunan Katong berdarah biru dan Pakuwojo berdarah merah, keduanya wafat dalam perkelahian itu dan darahnya mengalir di sungai sehingga berubah menjadi ungu.