Lompat ke isi

Ismailisme Musta'li

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Isma'ilisme Musta'li (bahasa Arab: المستعلية, translit. al-Mustaʿliyya) adalah sebuah cabang dari Isma'ilisme yang dinamakan berdasarkan penerimaan mereka terhadap al-Musta'li sebagai khalifah Fatimiyah kesembilan belas yang sah dan penerus ayahnya, al-Mustansir Billah (m. 1036–1094/1095). Sebaliknya, cabang Nizari—cabang lain dari Isma'ilisme yang saat ini dipimpin oleh Aga Khan IV—percaya bahwa khalifah kesembilan belas adalah kakak al-Musta'li, Nizar.

Musta'li berawal di Mesir yang dikuasai Fatimiyah, kemudian memindahkan pusat keagamaannya ke Yaman, dan memperoleh pijakan di India Barat abad ke-11 melalui misionaris.

Tayyibi dan Hafizi[sunting | sunting sumber]

Secara historis, ada perbedaan antara Musta'li Tayyibi dan Hafizi, yang pertama mengakui at-Tayyib Abu'l-Qasim sebagai pewaris Imamat yang sah setelah al-Amir bi-Ahkam Allah dan yang kedua mengikuti al-Hafiz, yang naik takhta sebagai khalifah. Pandangan Hafizi kehilangan semua dukungan setelah jatuhnya Kekhalifahan Fatimiyah: Musta'li masa kini semuanya adalah Tayyibi.

Mayoritas Musta'li adalah Bohra, dan kelompok Bohra terbesar adalah Dawoodi Bohra, yang terutama ditemukan di India. Nama Bohra merupakan reinterpretasi dari kata Gujarati vahaurau yang berarti "berdagang".

Syedna Mohammed Burhanuddin adalah Da'i al-Mutlaq ke-52 dari komunitas Dawoodi Bohra. Setelah kematiannya pada tahun 2014, Syedna Mufaddal Saifuddin menggantikannya dan menjabat sebagai Da'i al-Mutlaq ke-53 dari komunitas Dawoodi Bohra.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut tradisi Musta'lī, setelah kematian al-Amir bi-Ahkam Allah, putranya yang masih bayi, At-Tayyib Abu'l-Qasim, yang berusia sekitar dua tahun, dilindungi oleh Arwa al-Sulayhi yang meninggal pada tahun 1138, istri kepala Da'i Fatimiyah di Yaman. Dia telah dipromosikan ke posisi Hujjat al-Islam jauh sebelum itu oleh al-Mustansir Billah ketika suaminya meninggal dan menjalankan dawah Fatimiyah dari Yaman atas nama Imam At-Tayyib Abu'l-Qasim. Selama kepemimpinannya At-Tayyib Abu'l-Qasim masuk ke dalam kegaiban sehingga dia mendirikan kantor Da'i al-Mutlaq. Zoeb bin Moosa adalah yang pertama diangkat ke jabatan ini dan garis Tayyibi Da'is yang dimulai pada tahun 1132 telah diteruskan dari satu Da'i ke Da'i berikutnya hingga saat ini. Arwa al-Sulayhi adalah Hujjah di Yaman sejak masa Imam Al-Mustansir Billah. Dia menunjuk Da'i di Yaman untuk menjalankan urusan agama. Misionaris Isma'ili Ahmed dan Abdullah (sekitar tahun 1067 M (460 H))[1][2] juga dikirim ke India pada waktu itu. Mereka mengirim Syedi Nuruddin ke Dongaon untuk mengurus bagian selatan dan Syedi Fakhruddin ke Rajasthan Timur, India.[3][4]

Cabang[sunting | sunting sumber]

  • Ada juga komunitas Sunni Bohra di India. Pada abad ke-15, terjadi perpecahan dalam komunitas Bohra di Patan, Gujarat, karena sejumlah besar beralih dari Musta'li Isma'ili Shia Islam ke Islam Sunni Hanafi arus utama. Pemimpin gerakan konversi ke Sunni ini adalah Syed Jafar Ahmad Shirazi yang juga mendapat dukungan dari gubernur Mughal di Gujarat.
  • Pada tahun 1592, perselisihan kepemimpinan menyebabkan perpecahan di kalangan Ismaili Ṭayyibi. Setelah kematian Da'i ke-26 pada tahun 1591 M, Sulayman bin Hassan, cucu dari Da'i ke-24, adalah wali di Yaman dan mengklaim suksesi, didukung oleh beberapa Bohra dari Yaman dan India. Namun, sebagian besar Bohra menolak klaim nass-nya, menyatakan bahwa dokumen pendukungnya palsu. Kedua faksi itu berpisah, dengan pengikut Suleman Bin Hasan menjadi Sulaymani yang dinamai menurut Sulayman ibn Hassan dan terutama berlokasi di Yaman dan Arab Saudi, dan pengikut Syedna Dawood Bin Qutubshah menjadi Dawoodi Bohra. Dawoodi Bohra, ditemukan sebagian besar di anak benua India.

Sebuah perpecahan pada tahun 1637 dari Dawoodi Bohra menghasilkan Alavi Bohra. Hebtiahs Bohra adalah cabang dari Musta'li Isma'ili Syiah Islam yang memisahkan diri dari Dawoodi Bohra arus utama setelah kematian Da'i al-Mutlaq ke-39 pada tahun 1754. Komunitas Atba-e-Malak adalah cabang dari Musta'ali Isma'ili Syiah Islam yang memisahkan diri dari Dawoodi Bohra arus utama setelah kematian Da'i al-Mutlaq ke-46, di bawah kepemimpinan Abdul Hussain Jivaji pada tahun 1840. Mereka lebih lanjut terpecah menjadi dua cabang:

Progressive Dawoodi Bohra adalah sekte reformis dalam Musta'li Isma'ili Syiah Islam yang memisahkan diri sekitar tahun 1977. Mereka tidak setuju dengan Dawoodi Bohra arus utama, yang dipimpin oleh Da'i al-Mutlaq, dalam masalah doktrinal, ekonomi, dan sosial. Pada tahun 2014, setelah wafatnya Mohammed Burhanuddin, terjadi perselisihan suksesi. Bohra Sultan Syedna Mufaddal Saifuddin ditetapkan sebagai Da'i al-Mutlaq ke-53 oleh ayahnya, Yang Mulia Syedna Mohammad Burhanuddin. Namun, cabang Qutbi Bohra memisahkan diri dari Dawoodi Bohra asli, secara keliru mengklaim suksesi sebagai milik mereka. Perselisihan ini dibawa ke pengadilan oleh Qutbi Bohra, yang menganggap klaim mereka sebagai palsu, menegaskan Syedna Mufaddal Saifuddin sebagai Da'i al-Mutlaq ke-53 yang sah. [[File of Shi'a Islam.png|800px|thumb|center|Catatan: Imam Hanafiyyah dari Kaysani adalah keturunan Ali dari istri Ali Khawlah]]

Imam Musta'li[sunting | sunting sumber]

Menurut kepercayaan Musta'li, garis keturunan Imam, keturunan dari Ali dan penerus pewaris Muhammad dalam perannya sebagai pemimpin sah komunitas Muslim, adalah sebagai berikut:[butuh rujukan]

  1. Hasan ibn Ali 625–670 (imam 660–670)
  2. Husayn ibn Ali 626–680 (imam 670–680 )
  3. Ali ibn Husayn Zayn al-Abidin 659–712 (imam 680–712)
  4. Muhammad al-Baqir 676–743 (imam 712–743)
  5. Ja'far al-Sadiq 702–765 (imam 743–765)
  6. Isma'il ibn Ja'far 719/722–775 (imam 765–775)
  7. Muhammad ibn Isma'il 740–813 (imam 775–813)
  8. Abadullah ibn Muhammad (Ahmad al-Wafi) 766–829 (imam 813–829)
  9. Ahmad ibn Abadullah (Muhammad at-Taqi) 790–840 (imam 829–840)
  10. Husayn ibn Ahmad (Radi Abdullah) (imam 840–909)
  11. Abdallah al-Mahdi Billah (imam 909–934)
  12. al-Qa'im bi-Amr Allah (imam 934–946)
  13. al-Mansur bi-Nasr Allah (imam 946–953)
  14. al-Mu'izz li-Din Allah (imam 953–975)
  15. al-Aziz Billah (imam 975–996)
  16. al-Hakim bi-Amr Allah (imam 996–1021)
  17. al-Zahir li-i'zaz Din Allah (imam 1021–1036)
  18. al-Mustansir Billah (imam 1036–1094)
  19. al-Musta'li Billah (imam 1094–1101)
  20. al-Amir bi-Ahkam Allah (imam 1101–1130)
  21. at-Tayyib Abu'l-Qasim (imam 1130–1132)

Imam 11–21 adalah khalifah yang memerintah Kekhalifahan Fatimiyah.[butuh rujukan]

Imam-imam dari Muhammad ibn Isma'il dan seterusnya dianggap dalam kegaiban oleh Musta'li; nama-nama mereka sebagaimana tercantum dalam buku-buku agama Dawoodi Bohra adalah sebagai berikut.[5]

Nenek moyang dan keturunan mereka menurut doktrin Imamah Ismā'īlī-Mustā'lī[sunting | sunting sumber]

Jāʿfar al-Sādiq
(Imamāh‘Shi'ā)
Fatima bint al-Hussain'l-Athram
bin al-Ḥasan bin Ali
Al-Aftāh
(Aftāhīyyah)
Ismā‘il
(Ismā‘il’īyyah)
MuhammadMuhammed
Al-Wafi
At-Tāqī
Ar-Rāḍī
Mahdi Billāh
Fatimids (Ismailism)
Al-Qā'im
Al-Mansur
Al-Mu'izz
Al-Aziz
Al-Hakim
Al-Zahir
Al-Mustansir
Nizār al-Muṣṭafá (Nizārīyyah)MuhammadAl-Mustā‘lī (Mustā‘līyyah)
Al-Āmīr
Alamut Castle (Hassasin)Al-Hāfiz (Ḥāfīzīyyah)Aṭ-Ṭāyyīb (Ṭāyyībīyyah)
Al-ZāfīrYūssuf{{{DAI}}}
Nizārī ImāmahAl-Fā'īzTayyibi Dā'ĩs
Al-'Āḍīd
Nizārī IsmāilismDawoodi Dā'ĩs

Da'i[sunting | sunting sumber]

Arwa al-Sulayhi adalah Hujjah sejak zaman Imam Mustansir. Dia menunjuk Da'i di Yaman untuk menjalankan urusan agama. Misionaris Ismaili Ahmed dan Abdullah (sekitar tahun 1067 M (460 H))[1][2] dikirim ke India pada waktu itu. Menurut tradisi Fatimiyah, setelah kematian Al-Amir bi-Ahkami'l-Lah, Arwa al-Sulayhi mendirikan Da'i al-Mutlaq sebagai pengganti Da'i untuk menjalankan dawah independen dari Yaman atas nama Imam Taiyab. Da'i diangkat satu demi satu dalam filosofi yang sama dengan nass (penunjukan oleh pendahulunya) seperti yang dilakukan oleh imam-imam sebelumnya. Diyakini bahwa perwakilan Tuhan tidak bisa mati sebelum menunjuk penerusnya yang sejati. Ini diikuti sejak zaman Imam ke-3 Ali ibn Husayn Zayn al-Abidin, pasukan kuat Yazid juga tidak berpikir untuk membunuhnya, meskipun mereka tidak menyayangkan seorang anak berusia enam bulan, Ali al-Asghar ibn Husayn.

Dengan keyakinan yang sama, Musta'li berpikir dan Da'i mereka mengklaim bahwa suatu hari pewaris Imam Tayyib akan muncul kembali sebagai Imam (seperti yang terjadi dengan Imam kesebelas, Abdallah al-Mahdi Billah, yang muncul setelah periode 150 tahun sejak Imam keenam).

Di bawah Imam kelima belas, Al-Aziz Billah, khalifah Fatimiyah kelima, toleransi beragama diberikan pentingan besar. Sebagai kelompok kecil Syiah yang memerintah mayoritas populasi Sunni dengan minoritas Kristen juga, khalifah Fatimiyah berhati-hati untuk menghormati sentimen orang-orang. Salah satu wazir Imam Aziz adalah seorang Kristen, dan jabatan tinggi dipegang oleh baik Syiah maupun Sunni. Kemajuan dalam jabatan negara Fatimiyah lebih berdasarkan prestasi daripada keturunan.[6]

Al-Aziz Billah membangun kembali Gereja Saint Mercurius di Koptik Kairo dekat Fustat dan mendorong debat teologis publik antara qadi Fatimiyah utama dan uskup-uskup Ortodoxi Oriental dalam kepentingan ekumenisme.[6]

Pernyataan Iman[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya mayoritas Syiah, Ismailiyah mengakhiri Shahada dengan ʿAliyun waliyu l-Lah ("Ali adalah penerus Tuhan"). Musta'li mengucapkan shahada berikut ini:

ʾašhadu ʾan lā ʾilāha ʾillā l-Lāh,
waʾašhadu ʾan Muḥammadun ʿabduhun warasūlu l-Lāh;
ʾanna mawlāna ʿAliyun waṣiyuhu wawazīruhu;
Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Tuhan,
dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Tuhan
dan Ali adalah penerus dan menterinya.[butuh rujukan]

Bagian pertama dari shahada ini umum untuk semua Muslim dan merupakan deklarasi fundamental tawhid. Kata-kata dari frasa terakhir ini khusus untuk Musta'li.

Frasa kedua menggambarkan prinsip Kenabian dalam Islam Syiah.

Frasa ketiga menggambarkan posisi teologis Musta'li tentang peran Ali.

  1. ^ a b Enthoven, R. E. (1922). The Tribes and Castes of Bombay. 1. Asian Educational Services. hlm. 199. ISBN 81-206-0630-2. 
  2. ^ a b The Bohras, By: Asgharali Engineer, Vikas Pub. House, p.109,101
  3. ^ [1], Mullahs on the Mainframe.., By Jonah Blank, p.139
  4. ^ The Isma'ilis: Their History and Doctrines By Farhad Daftary; p.299
  5. ^ http://www.ismaili.net/Source/0910.ht[pranala nonaktif permanen] Quarterly Journal of the AMERICAN UNIVERSITY OF BEIRUT Vol. XXI. Nos. 1 2 Edited by MAHMUD GHUL HIDDEN IMAMS OF THE ISMAILIS
  6. ^ a b Mullahs on the mainframe: Islam and modernity among the Daudi Bohras, page 29, By Jonah Blank