Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara
Lambang Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara
SingkatanIMSU
Tanggal pendirian24 Maret 2023; 12 bulan lalu (2023-03-24)
TipeOrganisasi Kemahasiswaan
Kantor pusatDaerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
Bahasa resmi
Indonesia (resmi)
Batak (dominan)
Batak Angkola
Batak Karo
Batak Mandailing
Batak Pakpak
Batak Simalungun
Batak Toba
Jawa
Melayu
Melayu Baba
Melayu Deli
Nias
Minangkabau
Aceh
Arab
Hakka
Hokkien
Hokkien Medan
Tamil
Tionghoa
Ketua Umum
Lingga Pangayumi Nasution
Sekretaris Jenderal
Ganda Anugrah Larosa
Bendahara Umum
Teofilus Mian Parluhutan Tampubolon

Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara (IMSU) adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang berpusat di Indonesia dan didirikan dengan tujuan utama menjadi wadah bagi mahasiswa asal dan keturunan orang Sumatera Utara yang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Organisasi ini memiliki visi dan misi dalam pengembangan sumber daya manusia serta berkontribusi dalam memajukan pendidikan dan masyarakat di Provinsi Sumatera Utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

IMSU lahir dari kesadaran sekelompok mahasiswa yang merasa penting untuk memiliki sebuah wadah di mana mereka dapat berdiskusi, belajar, dan berbagi pengetahuan serta pengalaman. Pendiri IMSU berkomitmen untuk membangun solidaritas dan meningkatkan kualitas mahasiswa asal Sumatera Utara dalam berbagai aspek kehidupan. Sebelum terbentuknya IMSU, mahasiswa asal Sumatera Utara yang menuntut ilmu di luar daerah telah membentuk berbagai organisasi mahasiswa dengan berbagai bentuk, nama, sifat, dan tujuan masing-masing. Namun, dengan terbentuknya IMSU, organisasi mahasiswa daerah Sumatera Utara dapat terpusat dan memiliki wadah yang lebih terstruktur.

IMSU secara resmi didirikan di Jakarta pada Jumat, 24 Maret 2023, yang bertepatan dengan tanggal 2 Ramadhan 1444 H dan Tahun Baru Saka 1945. Sejak itu, IMSU berusaha menjadi penghubung antara mahasiswa asal Sumatera Utara di seluruh Indonesia, memfasilitasi kolaborasi, diskusi, dan kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat identitas serta mengembangkan potensi mahasiswa Sumatera Utara.

Peran dalam Pembangunan dan Perubahan Sosial[sunting | sunting sumber]

Sebagai organisasi kemahasiswaan, IMSU telah berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial, pendidikan, lingkungan, dan ekonomi di Sumatera Utara. Melalui berbagai program dan proyek, IMSU berupaya memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat Sumatera Utara dan memajukan daerah asal mereka. IMSU berkomitmen untuk menjadi agen perubahan yang berdampak positif bagi Sumatera Utara, dengan semangat persatuan, solidaritas, dan dedikasi dalam membangun hubungan yang kuat antara mahasiswa Sumatera Utara, mengembangkan diri secara akademik dan kepemimpinan, serta bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kesejahteraan daerah dan mengatasi tantangan yang dihadapi.

Nilai-Nilai IMSU[sunting | sunting sumber]

Sebagai organisasi kemahasiswaan, IMSU mengedepankan beberapa nilai inti yang menjadi panduan dalam setiap tindakan dan keputusan, yaitu:

  1. Integritas: Menjunjung tinggi etika dan moralitas dalam setiap tindakan dan keputusan.
  2. Kekeluargaan: Membangun hubungan yang harmonis dan saling mendukung antar anggota IMSU.
  3. Kreativitas: Mendorong inovasi, kreativitas, dan pemikiran yang terbuka untuk mencapai tujuan bersama.
  4. Kolaborasi: Membangun kerja sama yang solid dengan pihak terkait dalam mencapai visi dan misi IMSU.
  5. Kepemimpinan: Mengembangkan kepemimpinan yang berintegritas, visioner, dan mampu menginspirasi anggota IMSU.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

"M Nuh Ajak Mahasiswa Perantauan Peduli Kondisi Sumut". Sumut Pos co. 2023-06-21. 

Ramli, Moh (2023-07-27). "Kukuhkan PB IMSU, Gubernur Sumut: Jadilah Promotor Sumatera Utara Bermartabat". Times Indonesia. 

Simarmata, Sasli P (2023-07-27). "Dipimpin Lingga Pangayumi Nasution, Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara Dikukuhkan di Jakarta". Medan Bisnis Daily.