Ibnu Ajurrum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Ibnu Ajurrum (1273-1323) adalah seorang ahli tata bahasa Arab yang berasal dari Fez, Maroko. Salah satu karyanya, al-Muqaddimah al-Ajurrumiyyah fi Mabadi’ Ilm al-Arabiyyah sangat terkenal di seluruh dunia. Di dunia pesantren Indonesia, karya tersebut dikenal dengan nama Jurrumiyyah yang dipergunakan hampir di seluruh pesantren tradisional di Indonesia sebagai buku pengantar gramatika (nahwu) Bahasa Arab.

Ibnu Ajurrum bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Muhammad bin Ajurrum as-Shanhaji. Kata Ajurrum sendiri berasal dari bahasa Barbar yang berarti seorang fakir dan zuhud. Sedangkan kata as-Shanhaji merupakan gelar karena dia berasal dari Kabilah ash-Shanhajah. Ia lahir di kota Fez, negeri Maroko, pada tahun 682 H. Ada juga yang berpendapat dia lahir pada tahun 672 H. Dia wafat di Fez pada tahun 723 H/1323 M.

Selain dikenal sebagai seorang ahli tata bahasa Arab, Ibnu Ajurrum juga dikenal sebagai seorang ahli dalam berbagai bidang, yaitu ilmu faraidh, ilmu hisab, ilmu sastra Bahasa Arab dan ilmu qiraat. Dalam bidang qiraat, dia pun melahirkan beberapa karya. Dalam tata bahasa Arab sendiri, dia dianggap mengikuti aliran Kufah.