Anglurah Agung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari I Gusti Agung Maruti)
Anglurah Agung
Dewa Perang Kerajaan GelGel
SimbolTombak Bandrang
Pasangan9
AnakI Gusti Agung Bima Sakti (raja pertama kerajaan Mengwi)
KendaraanMacan selem

Anglurah Agung atau dikenal juga dengan nama Gusti Agung Di Made atau Kyayi Agung Dhimade atau I Gusti Agung Maruti (meninggal 31 Oktober 1686) adalah raja dari Kerajaan Gelgel yang berkuasa atas Bali. Ia memberontak pada tahun 1661 atas kekuasaan dari Dalem Di Made yang membuat kesatuan politik Bali mulai rusak. I Gusti Agung Maruti selanjutnya menjadi raja hingga tahun 1686 dengan patihnya yakni Gede Pasek Subratha (Ki Dukut Kertha), sebelum kemudian berhasil dikalahkan oleh keturunan Dalem Di Made yang memindahkan pusat kerajaan ke Klungkung dan bergelar I Dewa Agung Jambe. Proses ini menyebabkan pembagian permanen Bali menjadi beberapa kerajaan kecil pada abad ke-17.

Latar belakang dan kemunculan[sunting | sunting sumber]

Anglurah Agung termasuk dalam garis keturunan para menteri utama di Kerajaan Gelgel, keluarga Agung, yang mengklaim keturunan dari raja-raja kuno Kediri di Jawa. Dia adalah putra Gusti Agung Kalanganyar, dan diadopsi sebagai bayi oleh pamannya Gusti Agung Kedung, yang kemudian, setelah dewasa, digantikannya sebagai menteri. Ia juga dikenal dengan nama Gusti Agung Di Made atau Gusti Agung Maruti. Ia memerintah pada zaman raja Gelgel, Dalem Di Made.

Teks-teks Bali tertentu menunjukkan bahwa ia terlibat dalam perang di Lombok pada 1645; pulau ini menjadi rebutan antara Bali dan Kesultanan Gowa di Sulawesi Selatan.[1] Setelah kematian raja Bali pada tahun 1651, perang internal berkobar di Bali. Akhirnya Anglurah Agung merebut kekuasaan di Gelgel, dan didokumentasikan sebagai penguasa sejak 1665. Menurut sumber-sumber Bali, ia mengambil komando di suatu titik ketika raja tua itu kehilangan cengkeramannya dalam urusan negara dan ditinggalkan oleh para kakeknya; "Kyayi (Anglurah) statemanship Agung telah merebut hati banyak orang dengan suaranya yang manis dan kata-kata yang bagus".[2] Dia secara singkat menjalin kontak dengan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada tahun 1665-1667. Historiografi Bali memiliki pandangan negatif tentang Anglurah Agung dan menggambarkannya sebagai perampas yang haus kekuasaan.

Kematian dalam pertempuran[sunting | sunting sumber]

Tampaknya, dia tidak dapat mempertahankan otoritas atas seluruh Bali, karena kerajaan kecil lainnya muncul pada saat itu, terutama yang terbesar di antaranya, Kerajaan Buleleng. Pada tahun 1680-an sejumlah bangsawan yang setia pada Kerajaan Gelgel, termasuk Rakriyan Gusti Kubontubuh, Gusti Panji Sakti, Buleleng dan Gusti Jambe Pule dari Badung, menyerang Anglurah Agung. Menurut sumber-sumber Bali dan juga Belanda, ajalnya berakhir pada tahun 1686, ketika ia diserang oleh pasukan I Gusti Hyang Taluh, I Gusti Sukahet, Ki Dukuh Pemedilan dan De Rakriyan Gusti Kubontubuh menyerang Gelgel yang menyebabkan I Gusti Agung Maruti melarikan diri ke arah baratdaya dengan bertemu dengan Kyayi Nyoman Pemedilan perang tanding di Watuklotok. Dalam panasnya pertempuran, kedua kombatan jatuh.[3] Setelah kematiannya, keturunan dari garis Gelgel tua, Dewa Agung Jambe I (memerintah 1686-c. 1722), didirikan sebagai raja terpenting Bali di Klungkung, sebelah utara Gelgel. Namun, kerajaan Klungkung yang baru terbukti tidak mampu menguasai Bali dengan cara yang telah dilakukan pendahulunya di Gelgel.[4] Karena itu Bali tetap terbagi dalam beberapa kerajaan kecil (Karangasem, Kerajaan Buleleng, Kerajaan Badung, dll.). Salah satu dinasti dari kerajaan GelGel, yaitu Puri Keramas dan Puri Agung Mengwi, diklaim berasal dari Anglurah Agung dan keturunan dari kerajaan GelGel akan selalu dikenal lewat nama atau wangsa yang menempel pada nama depan mereka yaitu "I Gusti Agung" dan "I Gusti Ayu".[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ H. Hägerdal, 'From Batuparang to Ayudhya; Bali and the Outside World, 1636-1656', Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 154 1998, pp. 70-5.
  2. ^ P. Worsley, Babad Buleleng; A Balinese Dynastic Genealogy. The Hague: M. Nijhoff 1972, p. 169.
  3. ^ H.J. de Graaf, 'Goesti Pandji Sakti, vorst van Boeleleng', Tijdschrift voor Indische Taal-, Land- en Volkenkunde 83 1949; A. Vickers, Bali, A Paradise Created . Singapura: Periplus 1989, hlm. 56-8.
  4. ^ H. Creese, 'Sri Surawirya, Dewa Agung of Klungkung', Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 147 1991.
  5. ^ H. Creese, 'Balinese Babad as Historical Sources; A Reinterpretation of the Fall of Gelgel', Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 147 1991; H. Schulte Nordholt, The Spell of Power; A History of Balinese Politics 1650-1940. Leiden: KITLV Press 1996, pp. 19-22.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • C.C. Berg (1927), De middeljavaansche historische traditië. Santpoort: Mees.
  • Henk Schulte Nordholt (2010), The Spell of Power: A History of Balinese Politics, 1650-1940. Leiden: KITLV.
Didahului oleh:
Dewa Cawu
Raja Bali
c. 1665-1686
Diteruskan oleh:
I Dewa Agung Jambe