Dewa Cawu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dewa cawu (meninggal April atau Mei 1673) adalah seorang pangeran di Pulau Bali, yang mungkin memerintah sebagai raja untuk sementara waktu di 1650-an . Ia memiiki sebuah dinasti yang mengklaim keturunan dari Hindu-Jawa Majapahit, dan istananya (puri) di Gelgel dekat pantai selatan Bali. Menurut historiografi Bali, ditulis jauh kemudian, ia adalah salah satu dari empat belas anak-anak raja Dalem Seganing, dan lahir dari istri rekan-(penawing)[1] . Ia tampaknya telah memegang posisi tinggi selama pemerintahan saudaranya Di dalem. Dibuat (1623 -1642 ??). Sumber-sumber Belanda dari 1630-an menyebutkan seorang saudara dari penguasa saat ini disebut 'T'jouw' atau 'Tchau' yang dinegosiasikan dengan Perusahaan Hindia Belanda atas nama penguasa[2]. Menurut sebuah entri tahunan di Bali Pawawatekan teks yang Gelgel Kerajaan runtuh pada tahun 1651, pada saat yang sama seperti Dewa cawu itu bertahta sebagai raja. Pecahnya pertempuran internal yang di Bali pada tahun 1651 adalah juga disebutkan dalam sumber-sumber Belanda. Dewa cawu tidak disebutkan sebagai penguasa di kanan sendiri di kemudian historiografi Bali. Juga, waktu sebagai penguasa atau pura-pura-penguasa tampaknya pendek dan terhambat oleh perang internal yang sedang berlangsung. Dengan 1665 menteri utama kerajaan lama, Anglurah Agung, memiliki kekuatan merebut, yang ia ditahan sampai kematiannya pada 1686. Sebuah entri menyatakan bahwa Dewa cawu annal meninggal di Guliang di Kabupaten Bangli ini, pada tahun 1673 . The abad ke-18 babad Babad Dalem juga berbicara tentang seorang penguasa yang meninggal di pengasingan di Guliang, meskipun penguasa ini diidentifikasi dengan saudara tuanya Dalem di Made[3]. kondisi dinasti di Bali saat ini karena itu sebagian jelas, dengan sumber sebagian besar kontradiktif.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ I Wayan Warna et al. (tr.), Babad Dalem; Teks dan Terjemahan. Denpasar: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Tengkat I Bali 1986, p. 94.
  2. ^ H.T. Colenbrander, Dagh-Register, gehouden int Casteel Batavia. 's-Gravenhage: Departement van Koloniën 1898, p. 177-82.
  3. ^ H. Hägerdal, 'Bali in the Sixteenth and Seventeenth Centuries; Suggestions for a Chronology of the Gelgel Period', Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 151 1995, p. 119-20.
  4. ^ H. Creese, 'Balinese Babad as Historical Sources; A Reinterpretation of the Fall of Gelgel', Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 147 1991.