Hyegong dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hyegong dari Silla (756-780, bertakhta 765-780) adalah raja ke-36 kerajaan Silla. Ia adalah putra Raja Gyeongdeok dan Nyonya Manwol. Hyegong merupakan keturunan terakhir Raja Muyeol yang naik takhta. Karena itu, pemerintahannya kerap dianggap sebagai akhir dari periode pertengahan negara Silla.

Hyegong dari Silla
Hangeul혜공왕
Hanja惠恭王
Alih Aksara yang DisempurnakanHyegong Wang
McCune–ReischauerHyegong Wang
Nama lahir
Hangeul김건운
Hanja金乾運
Alih Aksara yang DisempurnakanGim Geon-un
McCune–ReischauerKim Kŏnun

Hyegong menjadi raja pada usia 8 tahun, ia tidak beradaptasi dengan baik di dalam perannya. Menurut babad Samguk Sagi, sebagai seorang pemuda, kehidupan moral Hyegong membuat istana menjadi berantakan. Ia menghadapi pemberontakan yang dipimpin oleh para pejabat tinggi pada tahun 768, 770 dan 775. Pada tahun 780 menghadapi pemberontakan lainnya, oleh ichannya Kim Ji-jeong, raja menempatkan sangdaedeung Kim Yang-sang untuk meredakan pemberontakan tersebut. Namun, pasukan pemberontak menyerbu istana dan membunuh raja beserta ratunya. Kim Yang-sang, yang merupakan generasi ke-11 keturunan dari Raja Naemul, kemudian naik takhta sebagai Raja Seondeok.

Hyegong dianggap bersifat seperti seorang wanita, karena tingkah lakunya seperti seorang gadis, dan para sejarawan menggambarkannya berpenampilan seorang pria namun bersifat seorang wanita, ia akhirnya tewas terbunuh pada bulan April tahun 780 ketika para pemberontak menyerbu masuk ke dalam istana (karena bawahannya tidak bisa menerima sifat 'kewanitaannya'.)[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.utopia-asia.com/korlife2.htm Korean Gay and Lesbian History

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Hyegong dari Silla
Lahir: 758 Meninggal: 780
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Gyeongdeok
Raja Korea
Silla Bersatu
765–780
Diteruskan oleh:
Seondeok