Sangdaedeung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sangdaedeung (상대등, 上大等, Ranking Satu Luarbiasa) merupakan sebuah kantor di negara Silla. Sangdaedeung dipilih di antara pria dengan “tulang sejati” dari garis keturunan (jingeol) di dalam tatanan sosial aristokrasi yang ketat di Silla. Ia memimpin Dewan Hwabaek (화백, 和白), seorang penasehat dan komite pembuat keputusan dan anggota dari aristokrat beranking tinggi yang memegang sebuah kantor Daedeung (대등, 大等). Tugas utama dari Dewan terletak dalam memberikan keputusan mengenai masalah-masalah negara-negara yang penting, seperti suksesi takhta dan sebuah deklarasi perang.[1]Keberadaannya muncul semenjak awal negara Silla dan mencerminkan asal usul etnis. Sepanjang sejarah Silla Dewan Hwabaek dipimpin oleh Sangdaedeung yang menjabat sebagai pengawas otoritas raja.

Selama periode pertengahan Silla, diikuti dengan unifikasi negara itu di semenanjung, fokus pemerintah bergeser wewenang dari Dewan Hwabaek dan Sangdaedeung ke kantor Kanselir (Jipsabu, 집사부, 執事部) dan Ketua Menterinya (Sijung, 시중, 侍中, atau alternatifnya Jungsi, 中侍), sebuah kantor dilembagakan di Silla pada tahun 651 sebagai organ tertinggi pejabat pemerintah pusat. Hal ini mencerminkan upaya monarki untuk mengontrol kekuatan bangsawan independen yang mengandalkan Cina terinspirasi Jipsabu daripada Dewan Hwabaek, yang keberadaannya didasarkan pada hak-hak istimewa kaum bangsawan berusia tua. Setelah beberapa tantangan atas otoritasnya, Raja Sinmun bahkan berani untuk mengeksekusi Sangdaedeung Gungwan pada tahun 681 untuk keterlibatannya di dalam pemberontakan Kim Heumdol (김흠돌, 金欽突).

Dibalik berbagai usaha untuk membatasi kekuasaan, kantor Sangdaedeung tetap tinggal sebagai yang tertinggi di Silla dan yang paling bergengsi yang dapat dicapai dengan singkat dari tahta itu sendiri. Pada akhir periode Silla, di mana tahta terus menerus diperebutkan, beberapa monarki muncul dari kantor Sangdaedeung.

Sangdaedeung juga disebutkan sebagai Sangsin (상신, 上臣).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Ki–baik. A New History of Korea (translated by Edward W. Wagner with Edward J. Shultz). (Cambridge, MA:Harvard University Press, 1984), p. 53.