Gyeongsun dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gyeongsun dari Silla
Gyeongsun dari Silla
Hangul
경순왕
Hanja
敬順王
Alih AksaraGyeongsun wang
McCune–ReischauerKyŏngsun wang
Nama lahir
Hangul
김부
Hanja
金傅
Alih AksaraGim Bu
McCune–ReischauerKim Pu


Gyeongsun dari Silla (meninggal 978) (bertahkta 927–935) merupakan raja ke-56 dan yang terakhir memerintah di Kerajaan Silla. Keturunan generasi ke-6 Raja Munseong, ia merupakan putra Hyojong dengan Putri Gyea, yang adalah putri Raja Heongang. Istrinya adalah Nyonya Jukbang (죽방부인) Park, putranya yang tertua, Putra Mahkota Ma-ui, dan putranya yang termuda Beomgong.

Gyeongsun dilantik menjadi raja oleh raja Hubaekje, Gyeon Hwon setelah pasukan Hubaekje memporakporandakan Gyeongju pada tahun 927. Kerajaan tersebut sudah dalam keadaan sangat lemah, jadi Gyeongsun memerintah atas sisa dari wilayah bekas Silla sampai akhirnya di abdikasikan kepada Taejo dari Goryeo pada tahun 935. Abdikasinya melengkapi penyatuan Taejo atas Korea. Ia menikahi putri Taejo, Putri Nangrang (낙랑공주) dan ditunjuk sebagai sasim-gwan (사심관, jenderal inspektur) dari Gyeongju, menjadi sasim-gwan Goryeo yang pertama di dalam sistem. Ia menghabiskan sisa hidupnya di dekat ibu kota Goryeo (yang sekarang Kaesong).

Ia meninggal pada tahun 978 dan makamnya berlokasi di Jangdan-myeon, Yeoncheon, Gyeonggi, Korea Selatan.

Menurut babad Samguk Sagi, putra Gyeongsun, Pangeran Ma-Ui menolak penyerahan ayahandanya kepada Goryeo dan menjadi seorang pertapa di Gunung Kŭmgangsan.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Gyeongsun dari Silla
Wafat: 978
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Gyeongae
Raja Korea
Silla Bersatu
927–935
Diteruskan oleh:
Taejo dari Goryeo