Heondeok dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Heondeok dari Silla
Hangul
헌덕왕
Hanja
憲德王
Alih AksaraHeondeok wang
McCune–ReischauerHŏndŏk wang
Nama lahir
Hangul
김언승
Hanja
金彦昇
Alih AksaraGim Eon-seung
McCune–ReischauerKim Ŏnsŭng


Heondeok dari Silla (meninggal 826) bertakhta 809–826) merupakan raja ke-41 Silla. Ia merupakan adik laki-laki Raja Soseong, dan berperan sebagai pemangku takhta raja pada masa pemerintahan Aejang.

Pada tahun 790, Heondeok pergi ke Dinasti Tang di mana dia menjadi terkenal dan mendapat posisi yang tinggi. Ia kembali ke Silla, menjadi pemangku tahkta raja setelah kematian kakandanya. Pada tahun 809, ia membunuh Aejang dan merebut tahkta tersebut untuk dirinya sendiri.

Pada tahun 810, Heondeok memperbaiki fasilitas irigasi di dalam negara. Ia juga mengirimkan putranya Kim Heon-jang ke Tang dengan gambar-gambar Buddha yang terbuat dari emas dan perak untuk mendoakan raja agar mendapatkan perdamaian abadi.

Masa akhir pemerintahan Heondeok menghadapi pemberontakan Kim Heon-chang pada tahun 822, dan dari putra Kim pada tahun berikutnya. Keduanya dapat diredakan. Pada tahun 824, kekacauan mengancam dari bagian utara, raja memerintahkan untuk membangun 300-ri- tembok yang panjang di dekat Sungai Taedong, yang kemudian merupakan perbatasan di bagian utara negara tersebut.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Heondeok dari Silla
Meninggal: 826
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Aejang
Raja Korea
Silla Bersatu
809–826
Diteruskan oleh:
Heungdeok