Gyeongmun dari Silla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gyeongmun dari Silla
Hangeul경문왕
Hanja景文王
Alih Aksara yang DisempurnakanGyeongmun wang
McCune–ReischauerKyŏngmun wang
Nama lahir
Hangeul김응렴
Hanja金膺廉, also 金凝廉
Alih Aksara yang DisempurnakanGim Eung-ryeom
McCune–ReischauerKim Ŭng-ryŏm

Gyeongmun dari Silla (845?–875) (bertakhta 861–875) merupakan raja ke-48 Silla.[1] Ia adalah cucu Raja Huigang, dan putra Achan Kim Gye-myeong. Ibundanya adalah Nyonya Gwanghwa, putri Raja Sinmu. Gyeongmun menikahi Ratu Munui, yang adalah putri Raja Heonan.

Masa pemerintahan Gyeongmun menghadapi masalah dalam negeri yang intensif dan juga pemberontakan. Ia mencari upaya untuk menguatkan kerajaan, tetapi tidak berhasil. Bencana kelaparan tersebar di mana-mana. Pada tahun 869, ia mengirim Putra Mahkota (yang akan menjadi Raja Heongang) ke Dinasti Tang bersama dengan Kim Yun.

Di dalam babad Samguk Yusa menyatakan bahwa Gyeongmun menjadi seorang Hwarang selama 18 tahun.[1]

Di dalam riwayat tersebut juga dicatat sebuah kisah yang mirip dengan telinga raja midas. Pembuat mahkota kerajaan yang muncul dan bukan seorang tukang cukur. Pembuat mahkota tersebut meneriakkan sebuah rahasia di hutan bambu. Setelah pembuat mahkota itu meninggal, raja merasa bahwa ketika angin bertiup, rahasianya menggema dari hutan. Ia merasa tidak senang dan kemudian menghancurkan hutan bambu tersebut dan menanam dogwood. Namun hal tersebut tidak berhenti.

Putrinya, Jinseong nantinya akan menjadi raja ke-51 dan ratu terakhir yang memerintah pada tahun 887.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Il-yeon: Samguk Yusa: Legends and History of the Three Kingdoms of Ancient Korea, translated by Tae-Hung Ha and Grafton K. Mintz. Book Two, page 104. Silk Pagoda (2006). ISBN 1-59654-348-5
Gyeongmun dari Silla
Lahir: 841 Wafat: 875
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Heonan
Raja Korea
Silla Bersatu
861–875
Diteruskan oleh:
Heongang