Hisyam Abdul Karim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

K.H. Hisyam Abdul Karim (8 Agustus 1909 – 12 Januari 1989) adalah seorang ulama berkebangsaan Indonesia.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Hisyam Abdul Karim dilahirkan pada 8 Agustus 1909 di Kabupaten Purbalingga, Hindia Belanda, sebagai putra dari Abdul Kariem, seorang Kepala Dusun Sukarawah yang berada di Desa Kalijaran.[1][2] Hisyam Abdul Karim bin Abdul Kariem bin Irsyad bin Abdul Rohman bin Singadipa.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kiai Hisyam pernah mengenyam pendidikan formal setingkat SD, Hollandsch-Inlandsche School (HIS) atau Europeesche Lagere School (ELS) yang masing-masing didirikan sejak 1914 dan 1917. Selain sekolah, beliau juga rajin ngaji kepada kiai di kampungnya. Kemudian beliau berguru kepada Kiai Dahlan di desa Kali Wangi Mrébét dan Kiai Zuhdi Di Pondok Leler Banyumas[3].

Kecintaan terhadap ilmu agama yang telah terpupuk sejak kecil mendorong beliau untuk pergi dari Purbalingga menuju Jampes, sebuah dusun di Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri Jawa Timur. Di tempat ini beliau berguru pada seorang ulama yang dikaruniai ilmu ladunni, yaitu Kiai Dahlan Jampes dan Kiai Ihsan al-Jampasi[4]. Selama delapan tahun di sana, keilmuan Kiai Hisyam semakin dalam terutama di bidang falak atau astronomi.

Merasa belum cukup menimba ilmu di Jampes, Kiai Hisyam melanjutkan pengembangan keilmuan agamanya dengan yantri di Pondok Pesantren Buntet Cirebon untuk mendalami ilmu qiroatul Qur'an kepada Kiai Yusuf. Selesai dari Ponpes Buntet, Kiai Hisyam melanjutkan pengembaraannya untuk memperdalam al Qur'an kepada Kiai Nuh Pager Aji Cilongok.

Ponpes Roudlotus Sholichin[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1927 Kiai Hisyam menikah dengan seorang gadis bernama Rumiyah putri dari seorang Carik Desa Kalijaran dan selang dua tahun berikutnya, atas restu guru-gurunya, pada 2 Februari 1929 atau Rabu kliwon, 22 Rajab 1347 Kiai Hisyam akhirnya mendirikan pondok pesantren Sukawarah yang juga dikenal dengan nama Pondok Pesantren Roudlotus Sholichin. Pada masa-masa inilah beliau mendalami Thoriqoh kepada Kiai Rifa'i Sokaraja.

Pada masa perjuangan merebut kemerdekaan, pondok pesantren Kalijaran atau Roudlotush Sholichin, bukan hanya menjadi tempat ngaji berbagai macam kitab karya ulama-ulama salaf, tapi juga jadi tempat untuk mengkonsolidasikan perjuangan merebut kemerdekaan sekaligus tempat pengkaderan para pejuang. Berbekal kanuragan serta kejadugan beliau, para kiai dan ribuan santri berada satu barisan dengan beliau di masa penjajahan. Namun di balik itu semua, beliau terkenal sebagai ulama yang murah senyum, lucu namun sangat dalam isi dakwahnya.

Kecintaan Kyai Hisyam terhadap bangsa, negara dan agama, juga beliau tunjukkan dalam dedikasinya di NU. Mbah Hisyam adalah Rois Syuriah pertama di PCNU Purbalingga dan tercatat sebagai Kiai yang “ngesuhi” organisasi Islam terbesar ini selama tiga periode, 1973-1975, 1975-1978, dan 1978-1983. Kiai Hisyam wafat pada Hari Kamis Kliwon 12 Januari 1989 Masehi atau 4 Jumadil Akhir 1409 Hijriyah dan mewariskan semangat perjuangan untuk agama dan bangsa yang terpatri di anak cucu dan menantu serta murid-murid beliau yang tercermin dengan hadirnya ribuan pelayat untuk memberikan penghormatan terakhir pada ayah, kakek, dan guru mereka.

Pondok pesantren Kalijaran atau Roudlotus Sholichin yang dirintis Kyai Hisyam, kini dikelola secara gotong royong oleh keturunan beliau, satu di antaranya adalah cucu beliau bernama Siti Atikoh, istri dari Ganjar Pranowo.

Karya[sunting | sunting sumber]

  1. Terjemah Hidayatus Shibyan (Nadzom Jawa)
  2. Irsyadul 'Awwam Fii Bayaani Diinil Islam - Jilid 1, 2 dan 3 (Nadzom Jawa)
  3. Terjemah Khoridatul Bahiyyah (Nadzom Jawa)
  4. Terjemah Qoshidah Burdah (Nadzom Jawa)
  5. Terjemah Syair Khashoishul 'Asyarah (Nadzom Jawa)
  6. Syair Tamba Ati

TAMBA ATI

Karya Mbah Hisyam 'abdulkarim

Tamba ati iku sanga ing wernane

Siji maca qur'an mikir ing maknane

Pindo aja wareg-wareg ing mangane

Telu nangis mbengi nobati dosane

Papat sregep shalat tahajud mbengine

Lima sregep ngadep para 'ulamane

Nenem ngudi halaling sandang pangane

Pitu aja kakehen omong lahane

Wolu aja kakehen rerubungane

Sanga aja nitik khabar awurane

Iki sanga lakoni sekabehane

Insya-a llaah lemes lan lembut atine

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Hisyam menikah dengan istri pertamanya, Rumiyah, asal Desa Kalijaran pada tahun 1927, dan dikaruniai lima orang anak.[1][5] Ia kemudian menikah untuk yang kedua kalinya dengan dan dikaruniai lima orang anak. Dengan istri pertama, ia mendirikan Pondok Pesantren Roudlotus Sholichin Sukawarah, Kalijaran Purbalinggan. Sementara dengan istri ke dua, ia mendirikan pondok pesantren Salafiyah Karangasem.[1][5] Ia merupakan kakek mertua dari Ganjar Pranowo melalui cucunya Siti Atiqoh Supriyanti.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c DIA, Yayasan (2021-01-27). "Biografi KH. Hisyam Abdul Karim Purbalingga". Biografi KH. Hisyam Abdul Karim Purbalingga (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-30. 
  2. ^ "Kiai Hisyam Abdul Karim, Ulama Pejuang dari Kalijaran Purbalingga". NU Online. Diakses tanggal 2023-09-30. 
  3. ^ "Mengenal KH Hisyam Zuhdi Penerus Pesantren Leler Banyumas". NU Online. Diakses tanggal 2023-11-03. 
  4. ^ "Ihsan al-Jampasi". Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. 2022-11-30. 
  5. ^ a b c Home; Terkini; News, Top; Terpopuler; Nusantara; Nasional; Tengah, Jawa; Peristiwa; Ekonomi (2023-04-23). "Keluarga besar istri Ganjar Pranowo pengasuh sejumlah ponpes". Antara Jateng. Diakses tanggal 2023-09-30.