Heloderma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Heloderma
Rentang fosil: Miosen Awal sampai Sekarang
Monster gila, Heloderma suspectum
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Infraordo:
(tanpa takson):
Famili:
Helodermatidae

Gray, 1837
Genus:
Heloderma

Wiegmann, 1829
Spesies


Genus Heloderma, memiliki 5 anggota, Monster gila dan 4 kadal manik-manik, Monster gila berukuran besar, gempal, kebanyakan reptil yang bergerak lambat dan menyukai gurun yang gersang. Kadal manik-manik terlihat lebih gesit dan lebih menyukai lingkungan yang lebih lembab.[1][2][3] Ekornya digunakan sebagai organ penyimpan lemak. Sisik kepala, punggung, dan ekornya tampak seperti manik-manik, mengandung osteodermata untuk perlindungan yang lebih baik. Sisik di sisi perut bebas dari osteodermata. Sebagian besar spesies berwarna gelap, dengan tanda kekuningan atau merah muda.[4][5] Heloderma adalah satu-satunya genus yang hidup dari famili Helodermatidae.

Semua 5 kadal dalam genus ini berbisa.[6] Kelenjar racun mereka terletak di ujung rahang bawah, tidak seperti kelenjar racun ular yang terletak di belakang mata mereka. Juga, tidak seperti ular, kadal manik-manik memiliki lebih sedikit otot untuk menginjeksi bisa. Kadal-kadal dari genus ini harus mengunyah bisa ke daging mangsa. Bisa Heloderma digunakan hanya untuk pertahanan. Kelenjar racun diyakini telah berevolusi di awal garis keturunan yang mengarah ke helodermatidae modern, karena keberadaannya ditunjukkan bahkan pada fosil genus Paraderma yang berusia 65 juta tahun.[5][7]

Helodermatid adalah karnivor, memangsa hewan pengerat dan mamalia kecil lainnya, serta memakan telur burung dan reptil. Mereka ovipar,

Monster gila di kandang bertelur sebanyak 6 telur, kadal manik-manik bisa sampai 18 telur.[5] Dengan membandingkan spesies yang berbeda, semua telur memiliki ukuran yang sama, dan hal yang sama berlaku untuk tukiknya.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Cladogram of the heloderma species
Cladogram of the heloderma species
Explanation of the numbers
1 Eosen akhir (sekitar 35 juta tahun)
2 Miosen akhir (sekitar 10 juta tahun)
3 Pliosen (sekitar 4,4 juta tahun)
4 Pliosen (sekitar 3 juta tahun)

Family Helodermatidae

Anggota genus Heloderma memiliki banyak kerabat yang punah di Helodermatidae yang sejarah evolusinya dapat ditelusuri kembali ke periode Kapur, seperti Estesia. Genus Heloderma telah ada sejak Miosen, ketika H. texana hidup, dan fragmen osteodermata dari monster Gila telah ditemukan di endapan Pleistosen akhir (8.000-10.000 tahun lalu) dekat Las Vegas, Nevada. Karena helodermatid relatif tidak berubah secara morfologis, mereka kadang-kadang dianggap sebagai fosil hidup.[8] Meskipun kadal manik-manik dan monster Gila tampak berkerabat dekat dengan biawak (varanidae) Afrika, Asia, dan Australia, pemisahan geografis yang luas dan fitur unik yang tidak ditemukan pada varanid menunjukkan bahwa mereka lebih baik ditempatkan dalam satu famili terpisah.[9]

Kerangka kadal manik-manik Meksiko ( Museum Osteologi )

Spesies tipenya adalah Heloderma horridum, yang pertama kali dideskripsikan pada tahun 1829 oleh Arend Wiegmann. Meskipun awalnya ia menetapkan nama generik Trachyderma, ia mengubahnya menjadi Heloderma enam bulan kemudian, yang berarti "kulit bertabur", dari kata Yunani Kuno hêlos (ηλος) —kepala paku atau tiang — dan derma (δερμα), artinya kulit.[10]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Bisa[sunting | sunting sumber]

Produksi bisa di antara kadal telah lama dianggap unik untuk genus ini, tetapi para peneliti yang mempelajari produksi bisa telah mengusulkan banyak lainnya juga menghasilkan beberapa bisa, semua ditempatkan di klad Toxicofera, yang mencakup semua ular dan 13 famili kadal lainnya.[11] Tetapi, kecuali ular, helodermatidae, dan kemungkinan varanidae, envenomasi tidak dianggap signifikan secara medis bagi manusia.

Heloderma suspectum skull with dentitio
Heloderma suspectum tengkorak dengan gigi geligi, Foto oleh A. Laube

Di penangkaran[sunting | sunting sumber]

Hatchling sizes of H. exasperatum and H. suspectum (taxidermy)
Ukuran bayi yang baru menetas H. exasperatum (atas) dan H. suspectum (taksidermi)

H. horridum, H. exasperatum, dan H. suspectum sering ditemukan di penangkaran dan terwakili dengan baik di kebun binatang di sebagian besar dunia. Dua spesies Heloderma lainnya, H. alvarezi dan H. charlesbogerti, sangat langka, dan hanya sedikit spesimen penangkaran yang diketahui.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Heloderma Skin
Kulit Heloderma

Referensi[sunting | sunting sumber]

Captured Gila monster
Menangkap monster Gila
  1. ^ C. M. Bogert, R. M. Del Campo (1956). "The Gila Monster and its Allies. The relationships, habits, and behavior of the lizards of the family Helodermatidae". Bulletin of the American Museum of Natural History. 109: 1–238. 
  2. ^ Beck, D. D. (2005). Biology of Gila Monsters and Beaded Lizards. University Press of California. 
  3. ^ Gila Monster and Mexican Beaded Lizard: Helodermatidae - Physical Characteristics
  4. ^ Schwandt, Hans-Joachim (2019). The Gila Monster Heloderma suspectum. Frankfurt/Main: Edition Chimaira. ISBN 978-3-89973-441-6. 
  5. ^ a b c Bauer, Aaron M. (1998). Cogger, H.G.; Zweifel, R.G., ed. Encyclopedia of Reptiles and Amphibians. San Diego: Academic Press. hlm. 156. ISBN 0-12-178560-2. 
  6. ^ http://herpetology.com/helobite.txt
  7. ^ Richard L. Cifelli, Randall L. Nydam. 1995. Primitive, helodermatid-like platynotans from the Early cretaceous of Utah. Herpetologica. 51(3):286-291.
  8. ^ King, Ruth Allen; Pianka, Eric R.; King, Dennis (2004). Varanoid Lizards of the World. Bloomington: Indiana University Press. ISBN 0-253-34366-6. 
  9. ^ Mattison, Chris (1998). Lizards of the WorldPerlu mendaftar (gratis). London: Blandford. ISBN 0-7137-2357-2. 
  10. ^ Wiegmann, A.F.A. (1829). "Über die Gesetzlichkeit in der geographischen Verbreitung der Saurier". Isis. Oken. 22 (3–4): 418–428. 
  11. ^ . Fry, B.; et al. (February 2006). "Early evolution of the venom system in lizards and snakes". Nature. 439 (7076): 584–588. doi:10.1038/nature04328. PMID 16292255. 
Berkas:Heloderma alvarezi2.jpg
Seekor kadal manik Chiapan di penangkaran.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Heloderma exasperatum near Los Alamos
Heloderma exasperatum dekat Los Alamos

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Schwandt, Hans- Joachim www.heloderma.net 2006 dalam 6 bahasa

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • C. M. Bogert, R. M. Del Campo (1956). The Gila Monster and its Allies. The relationships, habits, and behavior of the lizards of the family Helodermatidae. 109. Bulletin of the American Museum of Natural History. hlm. 1–238. 
  • Beck, D. D. (2005). Biology of Gila Monsters and Beaded Lizards. London: University Press of California. 
  • Schwandt, Hans-Joachim (2019). The Gila Monster Heloderma suspectum. Frankfurt/Main: Edition Chimaira. ISBN 978-3-89973-441-6. 
Wikispecies memiliki informasi yang berkaitan dengan Heloderma suspectum