Halimah Agustina Kamil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Halimah Agustina Kamil
Lahir24 Maret 1961 (umur 60)
New York, Amerika Serikat
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
PekerjaanAktivis sosial, Ibu rumah tangga
Suami/istriBambang Trihatmodjo (1981-2007)
AnakGendis Siti Hatmanti
Panji Adhikumoro
Bambang Aditya Trihatmanto
Orang tuaAbdullah Kamil (ayah)
Achara (ibu)

Halimah Agustina Kamil atau lebih dikenal dengan nama Halimah Bambang Trihatmodjo adalah mantan istri dari pengusaha Bambang Trihatmodjo, yang juga dikenal sebagai putra mantan Presiden RI, Soeharto. Halimah menikah dengan Bambang pada tanggal 24 Oktober 1981. Pernikahan mereka itu telah dikaruniai tiga orang anak, yaitu Gendis Siti Hatmanti, Panji Adhikumoro dan Bambang Aditya Trihatmanto. Panji Adhikumoro sendiri saat ini adalah bos besar dari perusahaan otomotif Hyundai di Indonesia. Ia pernah menjadi Anggota MPR RI periode 1997-1999 mewakili Partai Golongan Karya untuk daerah Sumatra Barat.[1]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Akan tetapi, setelah hidup bersama selama kurang lebih 26 tahun, rumah tangga mereka menghadapi persoalan serius dan akhirnya memasuki masa persidangan untuk proses perceraian. Pemicu perceraian mereka adalah adanya pihak ketiga, yaitu Mayangsari, seorang penyanyi yang secara diam-diam dinikahi oleh Bambang. Pernikahan yang berlangsung secara siri di sekitar bulan Juli 2000 itu, akhirnya memberikan seorang bayi perempuan bernama Kirania Siti Hartinah kepada pasangan Bambang dan Mayangsari.

Halimah bersama anak-anaknya dengan rasa kecewa pernah melakukan tindakan penyerangan ke rumah istri muda Bambang, Mayang. Mereka menabrakkan mobil yang ditumpangi ke pagar rumah Mayang dan juga terjadi pemukulan oleh anak kedua mereka, Panji terhadap ayahnya, Bambang.

Dengan terjadinya perceraiannya itu, beberapa pihak menyebut Halimah merupakan salah satu janda terkaya di Indonesia. Halimah juga pernah aktif dalam berbagai kegiatan sosial, diantaranya sebagai Ketua Umum Gerakan Nasional Orangtua Asuh (GN-OTA).

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Halimah merupakan putri dari seorang diplomat Indonesia berdarah Minangkabau, Abdullah Kamil dengan seorang wanita asal Thailand, Achara.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rakyat, Indonesia Dewan Perwakilan (1997). Nama anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Majelis Permusyawaratan Rakyat yang terpilih dan yang diangkat masa bakti tahun 1997-2002. Direktorat Publikasi, Ditjen Pembinaan Pers & Grafika, Departemen Penerangan RI.