Gusti Hasan Aman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gusti Hasan Aman
Gubernur Kalimantan Selatan ke-9
Masa jabatan
1995 – 2000
Didahului oleh Muhammad Said
Digantikan oleh Sjachriel Darham
Informasi pribadi
Lahir 16 Juli 26
Banjarmasin
Agama Islam

Drs. H. Gusti Hasan Aman (lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 26 Juli 1938; umur 79 tahun) adalah mantan Gubernur Kepala Daerah Kalimantan Selatan periode 1995-2000. Sebelum menjabat sebagai Gubernur ia pernah menjabat sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada tahun 1999. Gusti Hasan Aman merupakan Tokoh Politik dari Provinsi Kalimantan Selatan. Dia anak dari pasangan Gusti Aman yang merupakan keturunan ke 10 dari Sultan Banjar Sultan Suriansyah dan Gusti Mastora keduanya telah meninggal dunia.

Pendidikan formal terakhir Sarjana Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 1965. Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di selesaikan di Banjarmasin. SMA dan Peguruan Tinggi, dia selesaikan di Yogyakarta. Sedangkan pendidikan dan pelatihan jabatan banyak yang telah di ikuti baik dalam dan luar negeri. Diantaranya Policy Analisys di USA tahun 1989, dan pengelolaan lingkungan di jerman 1993.

Adapun riwayat pekerjaan dan jabatan dimulai sebagai staf ahli Perpelda tahun 1966 di Kodam VI/Tanjungpura . Selanjutnya Kepala bagian distribusi Pemda Kalimantan Selatan , dan sebelum 1969 dia menjabat Kepala Bagian Perdangangan Pemda, kemudian Kepala Bidang Perekonomian Bapeda 1973, Kepala Biro Perekonomian Pemda 1977. Jabatan lainnya, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Pemda 1981. Tahun 1987 Dia menjabat Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat I Kalimantan Selatan Tahun 1992 Dia menjabat Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 1995 Dia menjabat Gubernur Kalimantan Selatan

Beberapa organisasi yang pernah di geluti HMI yogyakarta, SKDN Banjarmasin, Ketua KAGAMA Kalsel, Ketua IPHI Kalsel, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golongan Karya Kalimantan Selatan

H.Gusti Hasan Aman menyunting Hajjah Siti Farida. Dari Hasil Perkawinan tersebut mereka di karunia 4 orang anak terdiri dari 3 orang putra dan satu perempuan yaitu Gusti Farid Hasan Aman, Gusti Nata Hasan Aman, Gusti Rizal Hasan Aman dan Gusti Rizsa Hasan.

Didahului oleh:
Muhammad Said
Gubernur Kepala Daerah Kalimantan Selatan
1995—2000
Diteruskan oleh:
Sjachriel Darham