Gunung Lushan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gunung Lushan
Gunung Lushan saat matahari terbit

Gunung Lushan (庐山 Lúshān; secara harafiah: "Gunung Lu") adalah sebuah gunung di Republik Rakyat Tiongkok, tepatnya di sebelah selatan kota Jiujiang di provinsi Jiangxi, dekat Danau Poyang. Puncak tertingginya adalah "Puncak Dahanyang" memiliki ketinggian 1,5 km di atas permukaan laut. Kawasan gunung ini sangat menarik pengunjung terutama wisatawan domestik.

  • Kota wisata terkenal yang juga bernama Lushan berada di perbatasan taman nasional yang mengelilingi kawasan tersebut.
  • Tepat di bawah "Puncak Lima Orang tua" terdapat "Akademi Gua Rusa Putih" (nama diambil dari Li Bo yang memelihara rusa di tempat itu). Lokasi tersebut merupakan salah satu institut yang mempelajari Cina kuno tertua.
  • Di sebelah barat terdapat apa yang dinamakan "Jalur Bunga" yang menjadi sumber inspirasi dari Bai Juyi, sastrawan terkenal yang hidup pada masa Dinasti Tang.
Lukisan Lushan
  • Di tengah-tengahnya (di antara ketiga puncaknya) berada pada ketinggian 1 km di atas permukaan laut, terdapat kota "Guling".

Lushan dalam aspek lain[sunting | sunting sumber]

Lushan terkenal dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Cina terutama sastra. Banyak sekali karya-karya sastra yang ditulis diilhami oleh Lushan atau yang menceritakan tentang Lushan.

Salah satu yang terkenal adalah Lushan dalam peribahasa Cina, seperti:

  • Lushan zhen mian mu (廬山真面目), berarti harfiah wajah asli Lushan, menunjuk kepada sesuatu yang jarang kelihatan namun mengundang banyak perhatian. Ini didasarkan pada kenyataan bahwa puncak Gunung Lu ini sangat jarang kelihatan karena senantiasa diliputi oleh awan dan kabut tebal.