Bai Juyi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bai Juyi
Gambar Bai Juyi karya Chen Hongshou
Gambar Bai Juyi karya Chen Hongshou
Lahir772
Taiyuan, Shanxi, Tiongkok
Meninggal846
Kuil Xiangshan, Longmen (Luoyang), Henan, Tiongkok
PekerjaanPenyair, Pejabat pemerintah
AnakBai Acui (putra)
KerabatBai Huang (kakek)
Bai Jigeng
Bai Juyi

Bai Juyi (Chinese characters).svg

"Bai Juyi" dalam karakter Han
Nama Tionghoa
Hanzi: 白居易
Letian
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
Nama Jepang
Kanji: 白居易
Hiragana: はく きょい
Nama Korea
Hangul: 백거이
Hanja: 白居易

Bai Juyi (sering juga ditulis Bo Juyi atau Po Chü-i; Hanzi: 白居易; 772–846), nama kehormatan Letian (Hanzi: 樂天), adalah penyair terkenal dan pejabat pemerintah pada masa Dinasti Tang. Banyak puisi-puisinya bercerita mengenai kariernya termasuk semasa menjabat sebagai gubernur di tiga provinsi berbeda atau pengamatannya tentang kehidupan sehari-hari. Dia mencapai ketenarannya sebagai penulis syair dengan gaya bahasa sederhana dan vernakular yang populer di seluruh Tiongkok, Korea dan Jepang.[1]

Bai juga berpengaruh dalam sejarah perkembangan sastra Jepang, yang lebih dikenal dengan nama kehormatannya dalam on'yomi, Haku Rakuten (shinjitai: 白楽天).[2] Adik laki-lakinya, Bai Xingjian adalah seorang penulis cerita pendek.

Di antara karyanya yang paling terkenal adalah puisi naratif panjang "Chang hen ge" ("Lagu Penyesalan Abadi"), yang menceritakan kisah Yang Guifei, dan "Pipa xing" (sering diterjemahkan menjadi "Lagu Pipa" atau "Balada Pipa").

Galat skrip: tidak ada modul tersebut "wide image".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Norwich, John Julius (1985–1993). Oxford illustrated encyclopedia. Judge, Harry George., Toyne, Anthony. Oxford [England]: Oxford University Press. hlm. 29. ISBN 0-19-869129-7. OCLC 11814265. 
  2. ^ Arntzen, S (2008) A Shared Heritage of Sensibility?: The Reception of Bai Juyi's Poetry in Japan. Paper presented at the conference Japan-China Cultural Relations at the University of Victoria, 25th Jan. [1] Diarsipkan 2014-01-12 di Wayback Machine.